Cara Mengetahui Postingan Banyak Pembaca

Salah satu rutinitas sebagai seorang Blogger adalah menulis, karena pada dasarnya blog merupakan tempat berbagi wawasan dan pengetahuan serta apa pun itu dalam bentuk tulisan. Jika Anda berprofesi sebagai seorang blogger, sering menulis artikel atau postingan lalu mempublikasikannya ke publik melalui blog milik anda. Salah satu hal yang penting dan perlu dilakukan adalah melihat dan menganalisa apa yang telah anda kerjakan dan bagaimana hasilnya, apakah sesuai dengan harapan dan target anda menjadi seorang blogger.

Disini saya akan berbagi pengetahuan kepada teman-teman sesama blogger pemula bagaimana cara mengetahui konten postingan blog yang berhasil mendatangkan banyak pembaca atau lebih tepatnya postingan yang masuk di halaman page one hasil penelusuran Google oleh pengguna. Sehingga kita dapat mengukur persentase keberhasilan dalam membangun blog.

Apabila konten postingan yang telah anda publikasikan ternyata banyak yang menduduki halaman page one penelusuran google, berarti anda bisa dikatakan sukses dalam membangun sebuah blog dan membuat konten berkualitas yang dibutuhkan masyarakat publik internet. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi anda untuk lebih giat lagi dalam mengelola blog dan membuat konten berkualitas sehingga menjadi seorang blogger tidak hanya sekedar hoby, lebih dari itu nantinya dapat mendatangkan pendapatan/penghasilan berupa uang.

Namun sebaliknya apabila ternyata hanya beberapa biji saja yang bisa dihitung dengan jari atau bahkan tidak ada satu pun konten postingan yang anda publisikan dapat mendatangkan banyak pembaca (Tidak ada yang masuk page one) berarti anda perlu kerja lebih keras lagi. Bukan berarti anda sudah gagal, mungkin anda perlu kerja lebih ekstra dan memperbaiki cara pengelolaan blog yang selama ini anda praktekkan karna mungkin ada yang salah atau tidak tepat.

Bagaimana sie cara Check Konten Postingan Blog yang Mendatangkan Banyak Pembaca (Banyak Klick) dan Masuk Kategori Page One Google?

Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara memanfaatkan laporan hasil analisa kinerja blog pada Google Search Console atau juga dikenal dengan Google Webmaster Tools.



Pada Dasboar Google Search Console pilih properti domain blog yang ingin anda analisa apabila anda mempunyai banyak blog.


Pilih Menu Kinerja, pada tampilan Jendela Kinerja pilih Halaman. Sebelum anda beralih ke Tab Halaman secara default anda akan berada di posisi tab KUERI yang merupakan jendela informasi kumpulan keyword yang digunakan pengguna untuk menemukan konten anda yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.



Pada Tab Halaman anda bisa melihat judul konten postingan anda yang berhasil mendatangkan banyak pembaca. Murai dari konten dengan tingkat Klick dan Tayangan yang tertinggi hingga yang terendah.



Jika pada Tab KUERI muncul banyak kombinasi keyword yang mengarah ke judul dan isi postingan anda berarti salah satu konten anda sudah berhasil menduduki posisi page one hasil pencarian google, dan untuk detailnya seperti yang saya singgung di atas anda dapat melihat Judul Postingan beserta volume Klick dan Tayangan yang diperoleh dari masing-masing konten postingan yang anda publikasikan.




Anda juga dapat melihat Volume Klick dan Tayangan berdasarkan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Dari sini anda bisa menilai Blog anda di dominasi oleh perangkat Dekstop atau Mobile dan juga bisa anda jadikan reverensi atau bahan pertimbangan dalam menentukan jenis template apakah AMP atau Non-AMP yang cocok untuk diaplikasikan.

Selain cara di atas anda juga dapat memantau lalu lintas blog menggunakan Aplikasi Google Analytic Android. Dengan Google Analytic Android anda bisa melihat jumlah trafik pengunjung harian secara Real Time dan melihat konten postingan yang sedang dikunjungi visitor berdasarkan url postingan.

Demikianlah tutorial cara mudah mengetahui postingan blog yang masuk halaman page one hasil penelusuran google mendatangkan banyak pembaca. Bantu suport blog Berbagi Tutorial Online dengan cara Like Fanspage atau share Blog ke media sosial.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.