Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tutorial Cara Menulis Konten Blog SEO Friendly

    Bagi Anda yang ingin atau berada di bidang penulis konten atau copywriter di blog/website, pasti akrab dengan istilah SEO friendly. Terutama jika Anda seorang blogger yang berada di dunia Internet Marketing atau bisnis online, maka SEO adalah bagian integral dari kegiatan blogging Anda.

    Sebenarnya, SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau disebut sebagai teknik untuk mengoptimalkan mesin pencari Google. SEO ini secara luas diterapkan pada konten yang digunakan dalam bisnis online, terutama artikel. Itu sebabnya dalam artikel ini akan dibahas tentang cara menulis artikel ramah SEO (SEO friendly) baik dan benar.

    MENGAPA  ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN HARUS DITULIS BERDASARKAN ATURAN SEO?

    Alasan utama adalah untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari sehingga pengunjung ' lalu lintas meningkat. Apa gunanya memiliki desain web dengan dingin tapi tidak ada pengunjung yang membaca sama sekali?

    Jika kita ingin memenangkan persaingan SEO maka dibutuhkan komitmen untuk selalu hadir SEO friendly artikel, sehingga web Anda menjadi populer dan dapat menjadi otoritas di lapangan/ceruk yang Anda bahas.

    1. GUNAKAN KATA KUNCI YANG DICARI PENGUNJUNG

    Pertama-tama, Anda harus mencari kata kunci yang mungkin akan dicari oleh Web Anda, jangan lupa untuk menyesuaikan mereka dalam judul atau judul bagian dari situs Anda. Karena Google memberikan porsi besar dari peringkat situs web yang memiliki relevansi kata kunci dalam judul.

    Kata kunci tersebut kemudian akan diketik di mesin pencari Google oleh penonton, dan jika judul situs web Anda berisi kata kunci maka pembaca akan memiliki kesempatan untuk klik pada daftar pencarian Anda.

    Anda dapat menggunakan alat Ahrefs, KeywordTool.io, dan perencana kata kunci Google di AdWords, lalu masukkan kata kunci yang Anda inginkan dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan negara terlebih dahulu. Ingat, jangan lupa untuk menargetkan ekor panjang (bukan primer) kata kunci yang memiliki jumlah lalu lintas yang tinggi.

    2. GUNAKAN FOKUS KATA KUNCI DENGAN TEPAT

    Sementara Anda mengamati kata kunci yang membuat artikel peringkat teratas, itu tidak berarti Anda menggunakannya secara berlebihan. Untuk mengulang kata kunci ada aturan. Misalnya, untuk sebuah artikel yang 800 kata panjang, Anda harus mengulangi kata kunci 4 kali. Hal ini juga berlaku perkalian, sehingga 600 kata kemudian 2 kali, dan seterusnya.

    Juga, kata kunci yang Anda masukkan ke dalam artikel konten harus dibaca manusia yang baik. Karena itu akan membaca artikel nanti adalah penonton, bukan mesin pencari Google.

    TIPS TAMBAHAN:

    Kita juga harus menyertakan kata kunci lain yang mungkin relevan dengan kata kunci utama kita. Misalkan saya menjual USB, maka saya akan menyisipkan kata kunci thumb drive, flash disk, USB drive, dll.

    Contoh kedua: jika toko online saya menjual tikar Meja, maka saya dapat menggunakan kata kunci yang mirip dengan taplak meja, tikar, dll. Dengan demikian calon pembeli yang menggunakan istilah yang berbeda akan tetap mendapatkan produk yang sama yang Anda tawarkan. Gunakan alat kata kunci Google untuk mencari sinonim, atau LSIGraphcom untuk mencari kata LSI yang relevan dengan produk Anda.

    3. ARTIKEL HARUS LAYAK DIBACA

    Seperti disebutkan sebelumnya, artikel yang Anda buat harus layak dibaca. Jika Anda mencoba untuk membuat artikel acak apalagi isian kata kunci, maka tingkat bouncing situs Anda akan tinggi yang merupakan tanda pembaca tidak puas dengan kualitas konten Anda. Kemudian Google akan menurunkan peringkat situs Anda dari SERP.

    Bagaimana menulis artikel yang layak dibaca adalah untuk meneliti topik yang akan dibahas, kemudian melakukan pengeditan sendiri atau mengeditnya. Anda dapat melakukannya dengan istirahat 1 jam setelah menulis artikel.

    Jika Anda tidak memiliki waktu luang, Anda dapat meminta teman untuk memperbaiki artikel. Kemudian tanyakan bagaimana mereka berpikir tentang isi artikel, apakah itu dapat dimengerti atau tidak. Anda dapat menggunakan kritik teman untuk meningkatkan artikel yang sedang Anda buat.

    4. PASTIKAN ARTIKEL MENJAWAB PERTANYAAN PENGUNJUNG

    Sama seperti titik di atas, indikator yang menunjukkan artikel yang Anda buat dapat menjawab pertanyaan dari audiens ini yang ditentukan oleh Google berdasarkan:

    Lamanya waktu yang dihabiskan pembaca membaca artikel. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, menandakan pembaca puas dengan artikel Anda.

    Artikel yang dibaca pengunjung dibagikan atau tidak, seperti melalui media sosial. Untuk mendapatkan artikel Anda bersama, membuatnya selengkap mungkin. Jika kedua hal ini terpenuhi, maka Google akan memberikan poin tambahan untuk artikel Anda.

    Misalkan Anda menulis sebuah artikel tentang bagaimana membuat uang dari sebuah blog tanpa modal dalam posting Anda, maka sebanyak mungkin menjawab pertanyaan dengan menyajikan artikel yang relevan dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana untuk mendapatkan uang dari internet. Misalnya, Anda dapat menjelaskan semua alternatif membuat uang secara online, seperti AdSense, afiliasi, iklan, berpartisipasi dalam ulasan, membuat toko online, dropship, kemudian membuat studi kasus, atau kisah sukses dari orang sukses lain dari internet pemasaran, dll. Semakin menarik semakin baik.

    Kemudian ketika artikel selesai Anda menulis, cobalah bertanya pada diri sendiri. Apakah tulisan saya sudah menjawab pertanyaan pembaca? Apakah pembaca akan puas dengan kualitas artikel saya?

    Ketika pembaca puas dengan artikel Anda maka kemungkinan bahwa Google juga akan menghargai situs Anda dengan posisi peringkat yang lebih tinggi.

    5. MANFAATKAN TAUTAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

    Fungsi kedua link ini adalah untuk melengkapi penjelasan konten artikel yang Anda belum terdaftar ke pembaca. Link internal mengacu pada artikel lain di blog Anda. Sementara link eksternal merujuk artikel di blog lain.

    Tujuannya adalah untuk mencantumkan tautan internal untuk meningkatkan lamanya waktu yang dihabiskan pembaca saat mengunjungi web Anda, membantu Google memahami topik web yang Anda Kelola. Sementara link eksternal memiliki tujuan utama meyakinkan pembaca hasil penelitian yang Anda lakukan.

    Dengan kedua link ini, pengetahuan tentang pembaca akan lebih luas dan peringkat web Anda meningkat.

    6. OPTIMASI GAMBAR

    Anda dapat memasukkan kata kunci di bagian Tag Alt dan judul gambar sehingga gambar berada di peringkat Google. Optimasi kedua adalah untuk meminimalkan ukuran gambar.

    Optimasi gambar ini bertujuan untuk mempercepat proses loading artikel di web Anda. Karena gambar yang memiliki ukuran besar (antara 1 MB dan lebih) dapat menghambat proses pemuatan, yang akan membuat penonton jenuh membuka blog Anda.

    Mengoptimalkan gambar dapat dilakukan dengan mengomkompres gambar sebelum menguploadnya di web. Dengan cara itu, Anda dapat meminimalkan ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitasnya.

    Untuk memudahkan pekerjaan ini, Anda dapat menggunakan situs layanan berikut: compressjpeg.com, kraken.io, dan mengetik, com

    7. GUNAKAN SUDUT PANDANG YANG UNIK

    Keunikan dari sudut pandang yang dituangkan dalam isi artikel membuat blog Anda terlihat lebih menonjol daripada blog lain. Sudut pandang unik ini, misalnya, berkaitan dengan pengalaman pribadi Anda tentang topik, menjaganya tetap konsisten dengan fokus kata kunci yang Anda gunakan. Jadi pembaca akan menikmati konten yang Anda berikan dan mungkin akan berbagi artikel Anda dengan media sosial di mana situs web Anda akan mendapatkan lalu lintas tambahan di masa depan.

    8. PASTIKAN PANJANG ARTIKEL OPTIMAL

    Berdasarkan penelitian, orbit media Study mengungkapkan bahwa jumlah rata kata yang digunakan dalam satu artikel adalah 1.142 kata. Namun, jika Anda hanya mampu menulis 500 kata juga tidak masalah, karena itu adalah jumlah minimum. Secara umum untuk bisa mendapatkan peringkat atas, biasanya, Google akan memilih artikel yang kata Countnya di atas 1000 kata. Tapi ingat ya, kuantitas harus disertai dengan kualitas juga.

    9. MANFAATKAN JUDUL DAN SUBPOS

    Artikel di Internet biasanya memiliki set cepat paragraf sesingkat mungkin agar tidak membuat pembaca jenuh dan mudah memahami artikel Anda. Paragraf pendek ini biasanya terdiri dari 3 sampai 4 baris, kemudian diselingi dengan judul atau subpos.

    Dengan judul atau subheading, Anda dapat membantu pembaca menemukan subjek artikel, pembaca tidak bosan, dan juga sehingga struktur artikel menjadi lebih tertib.

    Anda dapat menggunakan daftar isi plugin yang disediakan secara gratis oleh WordPress untuk memungkinkan judul dan subheading untuk secara otomatis dimasukkan ke dalam daftar isi.

    10. PROMOSIKAN ARTIKEL ANDA

    Bahkan, Bagian ini tidak termasuk dalam SEO friendly teknik menulis artikel. Tapi untuk mendapatkan lebih banyak jumlah pengunjung, Anda perlu mempromosikan artikel Anda baik melalui media sosial serta email pemasaran.

    Ketika lalu lintas pengunjung meningkat, peluang konten Anda mendapatkan pangsa, seperti, diindeks dengan cepat, atau mendapatkan backlink masa depan untuk meningkatkan. Yang dapat berdampak positif terhadap situs Anda SEO?

    Dengan demikian 10 cara yang harus Anda lakukan untuk menulis sebuah artikel SEO friendly adalah baik dan benar. Secara luas, selain untuk mengimplementasikan komponen SEO, Anda juga harus merakit kalimat sesuai dengan estetika penulisan artikel. Untuk kemudian membaca adalah manusia, bukan robot. Dan Anda juga harus memastikan bahwa artikel Anda menjawab pertanyaan pembaca.

    Kualitas, efektif dan menarik artikel sesuai dengan penilaian manusia akan membuat Google menempatkan konten Anda di halaman atas. Untuk melakukannya, membuat blog/website yang berbeda dari blog lain dan dapat memberikan informasi yang lengkap bagi pengunjung, sehingga pengunjung web yang lebih berpengaruh lalu lintas.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: