Pembahasan Pengertian Long Tail Keyword

Optimasi Long Tail Keyword dalam strategi SEO menjadi  suatu hal yang penting. Google Searching Engine memiliki cara yang lebih cerdas untuk mengubah fokus di seluruh kueri penelusuran dan menguraikan maksud pengguna di balik kueri atau penelusuran di mesin telusur Google. Halaman yang memenuhi pencarian semantik yang lebih baik akan peringkat lebih tinggi.



JADI APA ITU LONG TAIL KEYWORD?

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan pengertian dari long tail keyword berikut contohnya berdasarkan pemahaman dan pendapat saya sendiri secara pribadi. Long Tai Keyword adalah kata kunci dengan masa aktif pencaringan yang panjang dan cenderung abadi. Contohnya seperti kata kunci pencarian atau penelusuran konten tutorial, konten kesehatan dan teknologi. Berbeda dengan kata kunci yang kaitannya dengan konten berita yang merupakan kata kunci dengan volume pencarian tinggi namun tidak dapat bertahan dalam jangka waktu lama atau kedepan. Karena orang lebih cenderung mencari berita dengan kata kunci yang sedang hangat atau viral pada masa tertentu.

MENGAPA LONG TAIL SEO KEYWORD SANGAT PENTING?

Pertama: Long Tail Keyword membuka peluang bagi Anda pada persaingan kata kunci pendek dan sempit. Sebagai ilustrasi Anda mencoba untuk menarik perhatian mesin pencari dari kata kunci populer seperti "Blogger" dan "Blogspot " atau "Blogger Themplate Responsive", bagaimana cara agar konten yang akan Anda buat  mendapatkan kesempatan untuk berada di halaman pertama dari hasil pencarian google oleh pengguna? Tentunya dengan kata kunci yang pendek dan sempit Anda akan mendapatkan kesempatan kecil sekali di hasi pencarian pengguna. Oleh karena itu penargetan long tail keyword yang lebih rinci dan deskriptif perlu diterapkan misalnya  "Blogger Template Responsive for Blogspot" akan memiliki peluang untuk muncul di hasil pencarian halaman pertama karena mungkin belum ada konten lain dengan judul tersebut.

Kedua: Kata kunci pendek dan populer dapat memberikan volume pencarian yang besar, tetapi kata kunci tersebut masih tidak menghasilkan tingkat konversi yang tinggi. Orang yang mencari dengan mengetikkan kata kunci "Blogger Template ", tentu saja belum merupakan gagasan yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan kebanyakan orang masih menikmati proses browsing dengan mencoba-coba kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya, orang yang mencari kata kunci "responsif Blogger Template for Bloggspot ", dengan kata kunci ini, orang tahu persis apa yang mereka butuhkan. Dengan kata lain, kata kunci yang lebih panjang akan membuatnya lebih mudah untuk mengkonversi lalu lintas blog Anda menjadi satu halaman Google pemimpin.

Ketiga: Apabila Anda menggunakan kampanye Adword untuk mempromosikan website anda dengan menggunakan kata kunci Long Tail maka Anda akan lebih hemat biaya. Sebuah PPC (pay per klik) bisa menjadi tinggi harganya untuk kata kunci populer sementara mereka tidak menjamin lalu lintas yang baik dari pengguna. Kata kunci yang panjang kurang kompetitif dan lebih sedikit anggaran biaya iklan Anda.

PILIH KATA KUNCI YANG TEPAT

Memilih kata kunci tidaklah mudah, perlu untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan trafik pengunjung website Anda. Kecuali Anda memiliki banyak uang, Anda dapat menggunakan layanan dari sebuah agensi SEO untuk pekerjaan itu. Berikut adalah beberapa sumber populer di mana Anda dapat mengandalkan alat berikut untuk menemukan kata kunci yang ideal untuk bisnis Anda.

ALAT PENCARIAN KATA KUNCI

Salah satu alat penelitian kata kunci yang paling handal adalah Google Keyword Planner. Bagi mereka yang sering bekerja dengan Google AdWords, saya pikir Anda sudah familiar dengan alat ini. Alat ini gratis dan ada pada akun Google AdWords Anda. Cukup memiliki email Gmail maka Anda dapat menggunakannya.

Trik lain yang bisa Anda dapatkan untuk ide kata kunci adalah menggunakan Google penelusuran. Setiap kali Anda mengetikkan kata kunci di bidang pencarian Google, kata kunci yang disarankan akan muncul secara mendadak dan Anda dapat memilih lebih banyak tentang kombinasi populer dari kata kunci tersebut. Saran terbaik adalah bahwa hal itu didasarkan pada pencarian.

Google juga menyarankan kata kunci yang terkait di akhir setiap halaman hasil untuk referensi Anda. Sangat disarankan agar Anda menggunakan kata kunci singkat Anda sebagai kata utama untuk membuat istilah lagi. Dan ingatlah untuk mengevaluasi saran ini dan membuat penilaian Anda sendiri sebelum menggunakan salah satu dari mereka.

KATA KUNCI YANG MENDORONG LALU LINTAS KE WEBSITE ANDA

Ini adalah salah satu sumber yang paling penting untuk dicatat. Tentu saja, ini hanya terjadi jika situs Anda sudah berjalan dalam beberapa bulan. Mengapa? Karena Anda memiliki beberapa nilai data dari Google Analytics dan Google Webmaster tools.

Baik alat Google Analytics maupun webmaster memberikan kata kunci utama dan kueri penelusuran yang dicari pengguna untuk situs Anda.

Untuk Google Analytics, cukup mengakses account Anda dan pergi ke dashboard Report, di bawah Aquitan, klik pada kata kunci pilih opsi organik. Kemudian akan muncul daftar kata kunci bersama dengan statistik yang berguna. Terkadang Google Analytics tidak memberikan daftar kata kunci, tetapi mereka memberi Anda petunjuk yang baik bahwa kami dapat menggali lebih dalam.

Webmaster Tools Keywords ini adalah di mana Webmaster Tools berguna. Webmaster Tools menyediakan daftar lengkap permintaan pencarian yang membawa lalu lintas ke situs Anda. Anda perlu fokus pada mereka yang sebenarnya membawa volume lalu lintas dan menarik sebagian besar klik ke situs Anda.

BELAJAR DARI KOMPETITOR

Belajar dari pesaing bukanlah hal yang buruk. Ini semua tentang memeriksa apa yang orang lain lakukan dengan kata kunci Long Tail, kata kunci yang mereka Targetkan, dan belajar dari itu. Entah Anda dapat menargetkan daftar kata kunci yang sama atau membuat rencana kata kunci Anda sendiri yang berbeda kurang persaingan dan hasil yang lebih bertarget.

Perbaikan pada kata kunci yang berpotensi mendatangkan trafik yang banyak adalah langkah pertama sebelum membuat sebuah konten.  Kata kunci dari hasil penelusuran baik mengunakan Keyword Tool atau Penelusuran Google dapat dijadikan judul dan kerangkan konten.

Di atas adalah penjelasan lengkap tentang kata kunci panjang atau Longtail Keyword. Mudah-mudahan, artikel di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang SEO. Selamat belajar.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.