Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • 3 Alternatif Pilihan Cara Efektif Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

    Cara Efektif Mengatasi Sakit Gigi Berlubang. Sakit gigi adalah suatu kondisi dimana muncul rasa nyeri di dalam mulut area sekitar gigi dan rahang dengan tingkat Intensitas nyeri yang ditimbulkan yang bervariasi mulai dari nyeri ringan hingga nyeri Berat yang menyakitkan. Nyeri sakit gigi bisa terjadi secara terus-menerus dan terkadang mereda dengan sendirinya kemudian dapat kambuh kembali sewaktu-waktu. Orang yang sedang mengalami sakit gigi biasanya gusinya bengkak dan bernanah yang mengakibatkan adanya benjolan pipi. Kadang juga tanpa disertai pembengkakan gusi namun gigi berlubang dan kropos lalu patah.



    Gigi berlubang adalah suatu kondisi adanya kerusakan pada area luar (email) dan atau area dalam (dentin) Gigi yang mengikis dan menimbulkan lubang pada Gigi yang disebabkan oleh adanya bakteri di dalam mulut akibat dari tidak menjaga kesehatan mulut dan kecenderungan mengonsumsi makanan masan dan manis. Gigi berlubang merupakan faktor utama penyebab timbulnya sakit gigi yang umum terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.


    Tips Cara Menghindari Terjadinya Masalah Sakit Gigi

    Mencegah terjadinya sakit gigi merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan dari pada harus beresiko menderita sakit gigi di kemudian hari. Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari masalah gigi berlubang dan sakit gigi:
    1. Rajin dan Rutin sikat gigi setiap hari, minimal 1 kali sebelum tidur dan akan lebih baik lagi apabila sehari 2 kali sikat gigi ketika bangun tidur.
    2. Menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang memenuhi standar Kesehatan atau memilih pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigi. Misanya gigi anda rawan nyeri, maka pasta gigi yang cocok adalah pasta gigi yang dikhususkan untuk penderita gigi nyeri.
    3. Menyikat gigi secara menyeluruh, diawali dari gigi susu bagian depan hingga gigi geraham di area rahang, usahakan sebersih mungkin terutama kotoran atau sisa-sisa makanan yang ada diarea sela-sela gigi.
    4. Menghindari atau mengurangi mengkonsumsi makanan asam dan manis.Contohnya permen, coklat, Ice Kream, buah mangga muda, cuka dan lain sebagainya.
    5. Menghindari atau mengurangi makan makanan dalam kondisi panas atau dingin yang berlebihan. Contohnya; Mie Instan yang enak dimakan ketika masih panas, roti bakar, jagung bakar, Ice Cream, dan lain sebagainya.
    6. Periksa gigi secara mandiri atau ke dokter gigi ketika merasa mulai ada gejala permasalahan gigi
    7. Tidak merokok, selain kadar nikotin dapat membuat gigi menjadi kuning dan bau mulut yang tidak sedap, kebiasaan merokok juga dapat merusak gigi.

    Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Obat Genetik Terbukti Cepat Reaksinya

    Berikut ini beberapa jenis obat generik yang dapat digunakan untuk mengatasi atau meredakan sakit gigi berlubang dengan cepat dan terbukti ampuh karena reaksinya yang cepat:

    Paracetamol

    Paracetamol merupakan obat generik yang tersedia di apotik, gerai alfamart dan indomart serta warung-warung yang termasuk golongan obat NSAID berfungsi membantu meredakan nyeri akibat peradangan, menurunkan demam, dan sakit kepala akibat efek dari sakit gigi. Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

    Naproxen

    Naproxen Xenifar merupakan obat generik yang tersedia di apotik termasuk dalam kategori obat pereda nyeri. Penggunaan obat Xenifar bagi penderita sakit gigi terkadang menimbulkan efek samping sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal memerah, serta penglihatan kabur.

    Hydrogen Peroxide

    Hidrogen peroksida merupakan obat generik antiseptik cair yang sering digunakan sebagai obat kumur membunuh bakteri-bakteri dalam mulut penyebab radang gusi. lARUTKAN hidrogen peroksida dalam air air secukupnya lalu gunakan untuk berkumur.

    Ibuprofen

    Ibuprofen merupakan obat generik jenis NSAID anti-inflamasi nonsteroid diyakini dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi dan peradangan mulut tersedia di apotik, gerai alfamart dan indomart serta warung-warung.

    Benzocaine

    Benzocaine merupakan obat generik Anestesi lokal yang berfungsi untuk memblokir sinyal saraf di tubuh sehingga diyakini dapat mengurangi rasa nyeri yang amat sangat dan menyiksa pada saat sakit gigi. tersedia di apotik, gerai alfamart dan indomart serta warung-warung.

    Dekongestan

    Dekongestan merupakan obat generik semprotan hidung, tetes hidung, ada juga dalam bentuk tablet yang bekerja menusutkan sinus dengan cara membatasi aliran darah ke rongga hanya tersedia di toko obat dan apotik.

    Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat Kimia Secara Herbal Alami

    Penggunaan obat-obatan kimia seperti yang saya sebutkan di atas sudah pasti memiliki efek samping bagi penggunanya, terutama bagi penderita yang memiliki riwayat penyakit dalam. Penggunaan Obat Generik memang lebih cepat dirasakan efeksitasnya, namun terkadang dapat menimbulkan efek samping. Sebagai Alternatif pengganti untuk mengobati sakit gigi berlubang apat memanfaatkan bahan-bahan dari alam yang biasa disebut obat herbal diantaranya sebagai berikut:

    Es Batu

    Es batu dapat menjadi alternative pengobatan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya adalah dengan mengompreskan bagian pipi yang bengkak akibat sakit gigi dengan es batu yang telah dimasukkan plastic atau kain tipis. Dapat juga es batu secara langsung ditempelkan ke area gigi atau gusi yang sakit, untuk meredakan sakit nyeri secara berangsur-angsung.

    Cuka Dapur

    Cuka dapur atau cuka apel dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang, namun jangan sesekali menggunakan cuka murni untuk mengobati sakit gigi dengan cara berkumur, karena kandungan asam cuka yang tinggi justru dapat merusak lapisan gigi itu sendiri. Caranya adalah dengan melarutkan cuka dapur atau cuka asam ke dalam air hangat di gelas secukupnya kemudian gunakan untuk berkumur dan merendam gigi yang sakit selama beberapa menit. Selain untuk berkumur dapat juga digunakan dengan cara menetaskan beberapa tetes cuka ke kapas, kemudian menempelkan kapas yang sudah diberikan cuka ke gigi yang sakit.

    Garam Dapur

    Garam dapur mengandung Sodium tinggi yang dapat digunakan sebagai obat anti septic herbal alami mengatasi sakit gigi. Kandungan sodium yang tinggi diyakini dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya masukkan garam ke dalam segelas air hangat secukupnya, aduk hingga larut kemudian gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Dapat juga dengan memasukkan garam dapur halus ke area gigi berlubang yang menimbulkan sakit.

    Buah Lemon

    Kandungan Asam Buah lemon yang bersifat alkali dapat menyeimbangkan kadar pH mulut dan merupakan antibacterial yang cukup efektif membasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Caranya ambil sari buah lemon dengan cara diperas dicampur dengan air hangat secukupnya. Gunakan untuk berkumur-kumur selama beberapa menit secara berulang-ulang 2 – 3 kali sehari, boleh lebih karena tanpa efek samping.

    Jeruk Nipis

    Kandungan sari jeruk nipis yang dipercaya dapat mensterilkan dan menyegarkan nafas serta menghilangkan bau mulut dipercaya dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Caranya ambil sari buah jeruk dengan cara diperas dicampur dengan air hangat secukupnya. Gunakan untuk berkumur-kumur untuk merendam area gigi yang sakit selama beberapa menit.

    Buah Belimbing Wuluh

    Kandungan Asam Belimbing Wuluh diyakini dan dipercaya dapat berfunsi sebagai anti-bacterial penyebab bau mulut dan gigi berlubang dengan catatan tidak berlebihan dalam penggunaannya karena sifat asam sendiri sebenarnya juga cukup berbahaya bagi Kesehatan Gigi. Caranya tumbuk halus buah belimbing kemudian oleskan pada gigi yang sakit atau gigi yang berlubang.

    Daun Jambu Biji

    Kandunga sari Daun Jambu Biji dipercaya merupakan antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang cukup baik untuk mengobati radang sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami mengatasi masalah sakit gigi berlubang. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun jambu biji kemudian letakkan pada area gigi yang sakit, dapat juga dicampur air hangat kemudian digunakan untuk berkumur-kumur.

    Daun Sirih

    Daun sirih dikenal sebagai bahan anti septik yang ampuh menumbuh bakteri dan juga kuman penyebab bau mulut dan gigi berlubang yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau mulut dan sakit gigi berlubang. Caranya adalah dengan merendam daun sirih dengan air panas secukupnya kemudian gunakan air rendaman untuk berkumur-kumur.

    Bawang merah dan Bawang Putih

    Selain digunakan untuk bumbu masak, ternyata kandungan antiseptic dan antibiotik alami Bawang merah dan bawang putih diyakini efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut meredakan rasa nyeri akibat infeksi sakit gigi berlubang. Caranya tumbuk halus bawang merah atau bawang putih dapat juga dikombinasikan, beri sedikit garam kemudian tempelkan ke gigi berlubang penyebab sakit gigi.

    Asam Jawa

    Selain sebagai tambahan bumbu masak penyedap rasa, Asam Jawa juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cara disangrai kemudian tempelkan pada gigi sakit berlubang.

    Cengkeh

    Kandungan senyawa eugenol pada Minyak Cengkeh diyakini dapat digunakan sebagai obat anti septik alami untuk meredakan rasa nyeri pada sakit gigi berlubang. Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya penggunaannya dengan menumbuk halus biji cengkeh kemudian tempelkan pada gigi berlubang penyebab sakit gigi.

    Merica

    Merica selain digunakan untuk bumbu masakan ternya dapat juga digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Dengan kandungan antibacterial, anti inflamasi dan analgesic property pada merica diyakini dapat menjadi obat Pereda nyeri sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk merica dicampur garam, kemudian diberi sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta lalu tempelkan pada gigi berlubang penyebab sakit gigi

    Serai

    Serai umumnya digunakan sebagai bahan tambahan bumbu masak sebagai penyedap rasa. Ternyata banyak yang meyakini dapat juga digunakan untuk obat sakit gigi berlubang herbal alami. Caranya adalah dengan merebus daun serai dengan air secukupnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur setelah dingin.

    Jahe

    Jahe selain digunakan sebagai bumbu masak dan bahan minuman energi dan penghangat dapat juga digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya adalah dengan menumbuk jahe hingga halus kemudian tempelkan ke area gigi berlubang penyebab sakit gigi atau dapat juga dicampur air secukupnya untuk berkumur-kumur.

    Getah Jarak

    Kanduan Antiseptik, Antibiotik dan Antibakterial Getah jarak dipercaya dapat dijadikan obat sakit gigi berlubang dan membunuh bakteri penyebab bau busuk gigi. Ambil getah Jarak kemudian teteskan di gigi berlubang penyebab sakit gigi.

    Air Kelapa 

    Kandungan antiseptic alami Air Kelapa dipercaya dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang. Ambil air kelapa kemudian gunakan untuk berkumur-kumur secara rutin beberapa kali dalam sehari.

    Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat Hanya Dengan Pijatan
    Selain dengan menggunakan obat kimiawi dan bahan herbal alami seperti yang telah saya sebutkan di atas, ada cara lain untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang yaitu dengan cara dipijat. Teknik pengobatan sakit gigi dengan cara dipijat ini sudah lama dikenal di kalangan tabib china.

    Pijatan Area Ibu Jari Kaki

    Teknik pijat untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang yang pertama adalah dengan memijat area tengah dan atau area kebawah ibu jari kedua kaki dengan tekanan dari ibu jari dan jari telunjuk diyakini dapat meredakan rasa nyeri sakit gigi.

    Pijatan Area Tengah Kepala

    Teknik pijat untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang yang kedua adalah dengan memijat area tengah kepala yang murupakan area syaraf yang berhubungan langsung dengan syaraf gigi diyakini dapat meredakan rasa nyeri sakit gigi.

    Pijatan Area Ujung Rahang Atas dan Bawah

    Teknik pijat untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang yang ketiga adalah dengan memijat area pangkal rahang atas dan bawah bagian kanan dan kiri yang merupakan area syaraf yang berhubungan langsung dengan syaraf gigi sehingga diyakini dapat meredakan rasa nyeri sakit gigi.

    Pijatan Area Atas Telinga

    Teknik pijat untuk mengatasi masalah sakit gigi berlubang yang keempat adalah dengan memijat area telinga atas kanan dan kiri yang juga merupakan area syaraf yang berhubungan langsung dengan syaraf gigi sehingga diyakini dapat meredakan rasa nyeri sakit gigi

    Demikianlah uraian panjang lebar cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan obat generic dan obat herbal alami dan tanpa obat dengan Teknik pijatan area tertentu yang berhubungan langsung dengan syaraf gigi yang terbukti cepat dan ampuh diambil dari beberapa sumber media kesehatan online.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: