Tips Cara Menghindari dan Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam Lambung adalah sejenis cairan dalam sistem pencernaan yang terdapat dalam lambung dan terdiri dari asam klorida, kalium klorida, dan natrium klorida. Cairan tersebut berperan penting untuk pencernaan protein, dengan menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi rantai panjang asam amino. Wikipedia


Masalah gangguan asam lambung dalam ilmu kedokteran dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Asam Lambung Refluks dan Asam Lambung Gerd. Berikut ini pembahasannya:

Asam Lambung Refluks adalah ganggungan asam lambung yang diakibatkan oleh adanya aliran cairan asam lambung menuju kerongkongan akibat dari otot cincing lambung (sfingter) sebagai katup penahan asam lambung yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehinga dapat menimbulkan rasa terbakar di area dada dan tenggorokan.



Asam Lambung Gerd adalah gangguan asam lambung Refluks yang terjadi secara berkelanjutan dengan intensitas lebih dari Refluks. Sering terjadi beberapa kali dalam beberapa hari atau minggu disertai dengan rasa sakit dan nyeri di area dada, ulu hati, mulut terasa asam dan pahit, perut tidak nyaman serasa mulas dan kembung, akibat dari adanya asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Berikut ini beberapa Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita Asam Lambung:

  • Mulut tidak nyaman terasa asam
  • Tenggorokan terasa Sakit Panas Dalam
  • Rasa tidak nyaman di Kerongkongan
  • Perut terasa Mual, Kembung dan Muntah-Muntah
  • Ketika Makan sedikit sulit menelan makanan
  • Sering Batuk dan suara menjadi Serak
  • Lebih banyak mengeluarkan sendawa
  • Bagian belakang mulut terasa asam dan pahit
  • Rasa mual hingga muntah
  • Air Liur di Mulut yang Berlebih


Tips Menghindari Masalah Asam Lambung Berlebih


Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Salah satu cara untuk menghindari naiknya asam lambung ke kerongkongan andalah berhenti makan sebelum kenyang. Jangan makan dengan porsi berlebihan hingga terlalu kenyang karena dapat menyebabkan masalah asam lambung naik ke kerongkongan.

Makan Secara Teratur dan Jangan Sampai Telat Makan

Masalah asam lambung berlebih dapat dipicu oleh seringnya telat makan dan pada akhirnya berujung menimbulkan penyakit mag. Maka dari itu sebaiknya jangan sampai sering-sering telat makan terutama dipagi hari utamakan untuk selalu sarapan. Buat jadwal makan dalam satu hari minimal 3 kali dan lakukan sebagai rutinitas makan pada waktunya.

Tidak Berlebihan Minum Kopi

Terlalu sering minum kopi dengan intensitas yang tinggi dapat mengakibatkan masalah asam lambung. Sebagian orang ketika meminum kopi nafsu makan menjadi berkurang yang pada akhirnya menunda waktu makan. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus dan menjadi sebuah kebiasaan sangat beresiko terkena penyakit mag dan asam lambung serta gangguan pada usus.

Cara Mengatasi Masalah Asam Lambung Secara Alami

Mengkonsumsi Mentimun

Mengkonsumsi mentimun dipercaya dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah asam lambung. Mentimun baik dikonsumsi sebagai lalapan ketika sarapan, makan siang dan makan malam dapat disesuikan dengan menu makan. Baik juga digunakan sebagai makanan penutup cuci mulut.

Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang dipercaya dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah Asam Lambung yang berlebih. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang yang matang secara langsung atau mengolahnya menjadi makanan dalam kreasi lain seperti dibuat jus pisang atau bubur pisang.

Mengkonsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya selain dapat digunakan untuk mengobati masalah rambut rontok ternyata dipercaya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan asam lambung. Konsumsi lidah buaya dengan cara di Jus atau dibuat sebagai tambahan campuran manisan.

Mengkonsumsi Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau selain enak dan bergizi ternyata berkhasiat mengurangi kadar asam lambung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternative obat untuk menurunkan kadar asam lampung yang berlebih.

Mengkonsumsi Singkong Muda Mentah

Kandungan Sifat Basa singkong muda dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah asam lambung dan juga penyakit mag. Caranya adalah dengan mengkonsumsi singkong muda mentah yang telah dikupas secara langsung atau dapat juga diparut, diberi campuran air secukupnya kemudian diambil saripatinya dengan cara diperas lalu diminum.

Minum Baking soda

Kandungan sifat basa pada Baking soda dipercaya dapat membantu menetralisir dan mengurangi kada asam lambung. Minum baking soda dicampur air putih secukupnya setiap kali sesudah makan bagi penderita asam lambung.

Minum Jamu Kunyit

Kunyit yang biaanya digunakan sebagai bumbu masak, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat asam lambung yang berlebih. Caranya adanya dengan menumbuk atau memarut kunyit kemudian diambil saripatinya sebagai minuman jamu untuk mengatasi masalah asam lambung.

Baca Juga: Cara Menghindari dan Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Bayi

Demikianlah Uraian Singkat pengertian asam lambung, gejala gangguan asam lambung, tips menghindari masalah asam lambung berlebih dan cara mengatasi masalah ganguan asam lambung secara alami dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia di lingkungan sekitar.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.