Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Cara Menghindari dan Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Bayi

    Perut kembung adalah suatu kondisi dimana terjadinya volume gas atau udara yang cukup tinggi di dalam saluran pencernaan terutama lambung. Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit dan merasa gelisah.



    Pada umumnya masalah perut kembung dapat sembuh dengan sendirinya selama perut kembung tersebut bukan diakibatkan oleh adanya penyakit yang diterita seperti Mag atau masuk angin. Contoh masalah perut kembung yang dapat sembuh dengan sendirinya adalah terlalu banyak minum air atau terlalu lama menangis yang umumnya terjadi pada anak-anak dan balita.


    Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Perut Kembung

    Masalah perut kembung terutama pada anak-anak dan bayi dapat disebabkan oleh beberapa faktor atau sebab akibat sebagai berikut:

    1. Terlalu Banyak Minum Air

    Ada Sebagian orang yang tidak mampu secara ekonomi mengganti air susu asi dengan air putih bukan susu khusus untuk anak-anak dan balita. Hal seperti ini banyak terjadi di masyarakat pedesaan yang tinggal di pelosok pedalaman dimana Dot Bayi diisi dengan air teh atau air putih diberi sedikit gula, orang tua karena ketidak mampuan ekonomi berpatokan yang terpenting anak tidak rewel atau menangis.

    2. Terlalu Lama Menangis

    Menangis terlalu lama terutama menangis sejadi-jadinya yang tidak terkontrol seperti banyak yang terjadi pada anak-anak ketika apa yang menjadi keinginannya tidak dituruti lalu menangis sekeras-kerasnya sampai tersendak-sendak dapat menyebabkan perut kembung. Dimaka ketika menangis sembari tersendak-sendak akan menelan udara lebih banyak dari mulut.

    3. Masuk Angin

    Pada umumnya anak-anak atau balita bahkan orang dewasa ketika masuk angin banyak yang mengalami perut menjadi kembung dengan sendirinya. Susah buang angin dan baru bisa buang angin setelah masuk angin mereda dengan cara tradisional yaitu kerokan.

    4. Sakit Mag

    Masalah perut kembung akan lebih sering terjadi pada penderita penyakit mag, biasasanya hal ini terjadi karena memakan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita sakit mag seperti makan Nangka dan minum kopi.

    5. Makan Makanan Pemicu Perut Kembung

    Makan makan yang dapat memicu terjadinya perut kebung secara berlebihan meskipun tidak memiliki Riwayat penyakit mag seperti makan Nangka dipagi hari terlalu banyak dalam kondisi perut kosong belum terisi makanan lain terutama nasi sangat beresiko mengalami masalah perut kembung bahkan masuk angin.

    6. Minum Minuman Pemicu Perut Kembung

    Selain Makan, minum minuman yang dapat memicu terjadinya perut kebung secara berlebihan,  juga dapat menimbulkan masalah perut kembung. Meskipun tidak memiliki Riwayat penyakit dalam yang kaitannya Lambung dan Usus seperti minum kopi atau minuman bersoda terlalu banyak dalam kondisi perut kosong belum terisi makanan terutama nasi sangat beresiko mengalami masalah perut kembung bahkan masuk angin.


    Tips Cara Menghindari Terjadinya Masalah Perut Kembung

    1. Tidak Menunda Buang Air Besar

    Menunda buang air besar dapat menyebabkan masalah perut kembung. Biasanya ketika rasa mulas ingin buang air besar mulai terasa dan semakin kuat kemudian Anda menahannya untuk tidak melakukannya. Maka yang terjadi adalah rasa ingin buang air besar kadang hilang dan perut pun menjadi terasa kembung. Bukan hanya itu biasanya akan timbul masalah baru yaitu susah buang air besar selama beberapa hari, membuat anda tidak nyaman dan merasa tersiksa yang pada akhirnya harus mengkonsumsi obat-obat susah buang air besar seperti VEGETA Herbal.

    2. Menghindari banyak minum Air Ketika Makan

    Ada salah satu kebiasaan aneh dan ini sering terjadi pada anak-anak dimana ketika makan tidak bisa jauh dari air minum. Setiap makan satu suap atau dua suap selalu diiringi dengan minum, akibatnya lebih banyak minum dari pada makan makanan yang pada akhirnya membuat perut menjadi kembung karena kebanyakan air minum. Biasakan minum sebelum dan sesudah makan, kecuali tersendak dan harus minum untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

    3. Hindari Makan Sambil Bicara

    Makan sabil bicara atau ngobrol merupakan hal yang tidak baik, secara agama pun sebenarnya dilarang. Selain beresiko tersenak makanan, makan sambil bicara juga dapat menimbulkan resiko perut kembung, dimana ketika bicara dan makan dipadukan akan banyak udara yang ikut tertelan.

    4. Hindari Makanan Pemicu Masalah Perut Kembung

    Beberapa makanan apabila dimakan secara berlebihan, tidak pada kondisi yang tepat, atau makanan yang merupakan pantangan untuk dimakan khususnya bagi penderita sakit Mag dapat menyebabkan perut kembung seperti Daun Singkong dan Buah Nangka.

    5. Hindari Minuman Pemicu Masalah Perut Kembung

    Selain makanan ada juga minuman yang bisa mengakibatkan perut kembung apabila diminum secara berlebihan, terlalu sering, tidak pada kondisi yang tepat atau minuman yang merupakan pantangan untuk diminum bagi penderi penyakit lambung dan usus seperti Kopi dan minuman bersoda.

    6. Hindari Makan yang Berlebihan

    Makan merupakan kebutuhan hidup namun tidak seharusnya dan sepantasnya makan makanan sampai dengan berlebihan dan terlalu kenyang. Makan berlebihan hingga terlalu kenyang dapat membahayakan Kesehatan, dimana orang yang dalam keadaan kenyang teramat sangat akan cenderung usah bernafas, perut kembung dan terasa sakit. Efek dari terlalu sering makan kenyang akan membuat perut menjadi besar dan sangat sulit untuk dikembalikan ke kondisi semula.

    Cara Mengatasi Masalah Perut Kembung Herbal Alami

    Masalah perut kembung dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi obat yang diperuntukkan bagi penderita perut kembung baik itu obat generic atau obat herbal alami yang bisa diperoleh dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar diantaranya:

    1. Minum Obat

    Masalah perut kembung dapat diatasi dengan minum Obat Sakit Mag seperti Promag dan Milanta serta obat-obat sakit mag dan perut kembung lainnya.

    2. Minyak Angin CapLang 

    Masalah perut kembung dapat diatasi dengan mengoleskan minyak angin CapLang ke area perut, dimana kondisi perut akan menjadi hangat dan rasa tidak nyaman akibat perut kembung akan berangsur-angsur mereda hingga anda tidak sadar kapan terakhir perut kembung sudah tidak terasa lagi.

    3. Fresh Care

    Perut kembung juga dapat diatasi dengan mengoleskan Fresh Care diarea perut terutama area bagian atas pusar dengan Fresh Care yang dapat dengan mudah dibeli di Warung-warung, Apotik, atau Gerai Alfa Mart dan Indomart.

    4. Kerokan

    Salah satu cara pengobatan masuk angin dan perut kembung tradisional yang ampuh dan mujarab turun menurut dari jaman dahulu adalah dengan cara kerokan. Gunakan Minyak Tanah, Minyak Angin, Minyak Telon atau Balsem dan uang logam koin untuk mengerik perut terutama di area tas pusar.

    5. Balsem Lang

    Masalah perut kembung terutama karena masuk angin dapat diobati dengan mengoleskan Balsem Lang atau Balsem merk lain seperti Balsem Geliga diarea perut, apabila tidak kunjung mereda bisa ke tahap lebih lanjut yaitu dikerik dengan Balsem area perut terutama bagian atas pusar.

    6. Minum Teh Plus Jahe

    Minuman seduh jahe atau teh dicampur jahe dapat juga digunakan sebagai obat perut kembung. Dimana rasa hangat yang diciptakan dari minuman jahe dapat secara berangsur-angsur meredakan rasa kembung perut.

    7. Minum Sari Kunyit (Kunir)

    Perut kembung terutama bagi yang sedang mengalami sakit mencret dapat diobati dengan sari kunyit. Caranya parut kunyit secukupnya kemudian peras ambil sarinya campur dengan air hangat kemudian tambahkan sedikit garam dapur. Berdasarkan pengalaman saya sendiri minuman kunyit hangat + garam dapat sangat mujarab mengobati sakit mencret (diare) dan perut kembung bila dibandingkan dengan obat-obat mencret lain yang dijual di warung.

    8. Daun Sirih

    Khasiat Daun Sirih selain dari anti Bakterial dan Kuman juga dapat dimanfaatkan untuk menyembukan perut kembung yang umumnya dipraktikkan oleh ibu-ibu yang memiliki bayi. Caranya adalah dengan menggosok-gosok daun sirih dengan pelan menggunakan kedua telapak tangan sampai lemas, beri sedikit minyak kayu putih, kemudian tempelkan di perut yang kembung.

    9. Daun Jarak 

    Selain daun Sirih yang dapat digunakan untuk Obat Sakit Perut Kembung Daun Jarak juga dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah perut kembung terutama pada bayi. Caranya sama seperti Daun Sirih yaitu dengan menggosok-gosok daun siri secara pelan menggunakan kedua telapak tangan mirip orang membuat gulungan kertas, kemudian setelah daiun jarak lemas, berikan sedikit minyak kayu putih lalu tempelkan di perut bayi yang kembung.

    Demikianlah uraian pengertian, faktor penyebab, cara menghindari dan mengatasi masalah perut kembung yang bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja baik bayi, anak-anak, remaja dan orang dewasa sekalipun. Hindari faktor-faktor penyebab timbulnya masalah perut kembung dan mulailah belajar membiasakan diri makan dan minum yang baik dan tidak berlebihan serta pola hidup sehat agar anda selalui hidup sehat.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: