Panduan Cara Flash Upgrade MIUI 12 Xiaomi Redmi 5 Plus

Sudah cukup lama tersebar informasi dan tutorial Upgrade ROM Android Xiaomi Redmi 5 Plus MIUI 12 Beta, Namun tepatnya baru kemaren saya mencoba mencicipi MIUI 12 di Android saya Xiaomi Redmi 5 Plus. Sebelumnya saya menggunakan Custom ROM Pixel Experience dari pertama kali membeli Xiaomi Redmi 5 Plus langsung saya unlock dan gunakan ROM Pixel Experience.

Cukup lama sekali saya menggunakan ROM Pixel Experience, saya merasa sangat nyaman sebenarnya. Namun beberapa bulan ini Update ROM Pixel Experience untuk device Xiaomi Redmi 5 Plus dihentikan. Entah kenapa project Custom ROM Pixel Experience dihentikan, mungkin karena Produk Xiaomi Redmi 5 Plus sudah tidak diproduksi lagi dan semakin berkurang penggunanya.


Meskipun secara resmi MIUI 12 belum tesedia untuk Device Xiaomi Redmi 5 Plus, namun sudah tersedia Custom ROM (ROM Modifikasi) MIUI 12  suport Android Xiaomi Redmi 5 Plus yang merupakan hasil portingan (modifikasi) dari ROM MIUI 12 Xiaomi Mi 8.

Bagi Kalian pengguna Android Xiaomi Redmi 5 Plus yang juga ingin mencicipi MIUI 12 Beta, langsung saja Download MIUI 12 Beta Redmi 5 Plus. Sebelum mencoba tutorial ini ada baiknya kalian simak vidio berikut ini:

ROM MIUI 12 ini merupakan ROM Update OTA, Jadi untuk proses Flashnya harus melalui Custom Recovery tidak bisa diflash menggunakan MiFlash Tool. Untuk dapat memflash ROM MIUI 12 ini patikan Redmi 5 Plus kalian sudah Unlock Bootloader (UBL) dan juga sudah terpasang Custom Recovery.

Setelah kalian Download ROM MIUI 12, langsung saja salin ke SDCard atau ke Flashdisk OTG. Kemudian masuk ke Recovery dengan cara menekan secara bersamaan Tombol Power dan Volume UP secara bersamaan.


Sebelum melakukan Flash MIUI 12, sangat dianjurkan kalian melakukan Wipe Format Data. Pilih Menu Wipe kemudian Pilih FORMAT DATA lalu Swipe ke Kanan.


Muncul Jendela Konfirmasi Wipe Format Data ketik Yes


Setelah Ketik Yes, konfirmasi Wipe Format Data dengan Swipe ke Kanan. Perlu diketahui, dengan Format Data berarti kalian setuju semua data yang ada dinternal Android Redmi 5 Plus kalian akan dihapus. Jadi Backup terlebih dahulu apabila tidak ingin kehilangan data kalian.


Tunggu hingga proses Wipe Format Data selesai, apabila muncul notifikasi unable atau failed abaikan saja, itu tidak masalah.


Pilih Opsi BACK jangan REBOOT SYSTEM. Kemudian Pilih Menu Install dan pilih Device SdCard atau FlashDisk OTG yang kalian gunakan.


Pili file Zip dari ROM MIUI 12 Beta Redmi 5 Plus yang sudah di download sebelumnya, kemudian konfirmasi INSTALL.


Swepe ke Kanan untuk memulai Proses Flash MIUI 12 Beta di Redmi 5 Plus Kalian


Tunggu Proses Flash hingga selesai, biasanya memakan waktu antara 5 - 10 menit


Apabila layar redup dan sleep, tekan tombol power kemudian swipe untuk akses recovery







Proses Flash ROM MIUI 12 Beta di Redmi 5 Plus selesai dan Berhasil. Pilih Opsi CANCEL REBOOT


Apabila sebelumnya Redmi 5 Plus kalian sudah disinkronkan dengan Akun Mi, maka secara otomatis Redmi 5 Plus kalian akan terkunci Mi Akun.


Hubungkan dengan jaringan wifi, kemudian login (unlock Mi Akun) dengan pasword Mi Akun Kalian. Apabila ternyata kalian lupa dengan paswordnya, silahkan reset pasword melalui website Mi Cloud menggunakan Nomor HP yang dipakai untuk daftar Mi Akun.


Welcome to MIUI 12 Beta Redmi 5 Plus


Berikut ini fitur terbaru yang ada di MIUI 12 Beta Redmi 5 Plus


















Tampilan MIUI 12 Beta di Redmi 5 Plus, lumayan keren meskipun tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, dari jaman dulu beginilah ciri khas tampilan ROM MIUI.




ROM MIUI 12 Beta Xiaomi Redmi 5 Plus ini yang merupakan hasil portingan atau modifikasi dari ROM MIUI 12 Beta Xiaomi Mi 8 sudah auto Root. Jadi kalian akan menemukan Aplikasi Magisk dan juga Root Explorer yang tentunya Mantap Jiwa Mempesona.

Apabila kalian dalam proses install dan menjalankan Aplikasi tambahan dari Playstore mengalami kendala karena Aplikasi mendeteksi perangkat terRoot dan mencekal dirinya sendiri jangan panik. Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagimana cara menghide/menyembunyikan status Root Android di Aplikasi Android apapun.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.