Cara Mengatasi No Bootable Device Tanpa Install Ulang

Ketika laptop berhasil menghidupkan yang muncul bukan penampilan Windows atau mengirimkan area kata sandi. Tapi itu hanya gelap dengan hanya kata-kata "No Bootable Device" tanpa bisa melakukan apa-apa. Melihat peristiwa seperti itu, tentu saja saya panik dan mencoba menemukan jawaban melalui Internet. Dengan keyword pencarian dalam bahasa Indonesia Ada beberapa artikel yang membahas kasus No Bootable Device pada komputer dan laptop.

Tetapi untuk kasus ketika menyalakan laptop yang saya alami tidak menemukan solusi. Jadi dengan dipaksa untuk mencari menggunakan kata kunci bahasa Inggris. Akhirnya saya dapat mengatasi kasus nomor No Bootable Device yang saya alami melalui forum komunitas.

Karena pengalaman itu sudah cukup untuk membuatku panik. Akhirnya saya berpikir untuk membuat artikel ini sehingga siapa pun yang mengalami hal yang sama akan dengan mudah mendapatkan solusi. Tentu saja harapan saya adalah siapa pun yang mengalami tidak lebih panik daripada yang saya alami.

Perlu tahu sebelumnya bahwa dalam hal ini saya menggunakan laptop Acer, jadi jika laptop dengan merek lain, saya tidak tahu apakah itu akan tetap bekerja atau tidak. Tetapi jika dilihat dalam hal sistem saya pikir itu tidak akan jauh berbeda selama sistem operasi yang digunakan adalah Windows.

No Bootable Device adalah kasus di mana komputer tidak mendeteksi hard drive yang dapat boot untuk memuat sistem operasi. Peristiwa ini biasanya disebabkan oleh perubahan pengaturan di BIOS atau UEFI. Untuk menanganinya, silakan ikuti langkah-langkah yang saya tulis di bawah ini:
  1. Jika ketika laptop menyalakan "No Bootable Device" muncul seperti yang ditunjukkan di bawah ini maka jangan panik, silakan tekan Ctrl + Alt + Del untuk me-restart laptop.
  2. Ketika laptop mulai restart, tolong segera untuk menekan tombol F2 pada keyboard sampai pengaturan konfigurasi BIOS muncul
  3. Gunakan tombol panah pada keyboard untuk pindah ke menu kiri dan kanan atas di bawah dan tombol Enter untuk mengaksesnya
  4. Navigasikan ke menu utama / kiri dengan panah kanan / kiri, lihat bagian sub menu dari menu boot F12 jika dinonaktifkan kemudian ubah ke "Diaktifkan" dengan menekan Enter Enabled kemudian Enter.
  5. Navigasikan ke menu boot dengan panah kanan / kiri, lihat sub menu booting mode jika "UEFI" lalu ubah menjadi "Legacy" dengan menekan Enter Ganti ke Legacy lalu Enter.
  6. Navigasi terakhir ke menu keluar dengan panah kanan / kiri, lalu masukkan sub menu keluar sub menu (tekan Ya atau dengan cara mudah tekan tombol F10 lalu masukkan Ya
  7. Harap tunggu proses restart sampai laptop menyala dan dapat digunakan lagi seperti biasa
Menurut pengalaman saya, jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan sesuai, maka kemungkinan laptop akan kembali dan dapat digunakan seperti biasa lagi. Jika laptop tiba-tiba menimbulkan pesan No Bootable Device saat pertama kali dihidupkan.

Jadi untuk mengatasinya cukup mudah dan sederhana, tidak perlu panik dan terburu-buru melakukan install ulang cukup dengan hanya mengikuti tutorial di atas.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.