13 Langkah Percepat Performa Netbook Semua Windows

Netbook yang lambat atau lamban membuat kita semakin lama dalam mengertjakan pekerjaan, atau bekerja secara professional. Netbook lamban benar-benar membuat kesal, apa lagi saat sedang dikejar deadline pekerjaan.

Netbook yang lamban bisa ditangani dengan beragam langkah. Berikut saya akan membagi 13 langkah percepat performa netbook untuk semuanya windows. Baik Windows XP, 7,8 atau 10. Langkah ini bekerja kesemua windows yang dipakai.

1. Tambahkan Kemampuan Memori

Tambahkanlah kemampuan memori ram pada netbook/netbook Anda. Langkah ini dapat menambahkan cepat performa dari netbook. Karena Makin besar kasitas memori ram karena itu makin cepat juga proses dalam kerjakan tugas yang memakai netbook. Yakinkan tambah ram yang sesuai netbook, contoh di dalam netbook telah ada Memori DDR 3 2Gb,karena itu anda dapat tambah sejumlah 2Gb atau 4Gb.

2. Tambahkan Kemampuan Hardisk

Selainnya menambahkan memori, menambahkan kemampuan hardisk bisa juga percepat performa netbook. Tetapi, menambah hardisk seharusnya dilaksanakan saat hardisk pertama sudah penuh. Tetapi pada netbook, tidak dapat menambah hardisk, yang dapat ialah menukar hardisk lama sama yang baru.

3. Pisahkan Sistem dan Data

Dalam tingkatkan performa netbook bisa dilaksanakan dengan pisahkan di antara file sistem dan data. Pakailah partisi khusus untuk sistem dan partisi untuk data. Misalkan kasistas keseluruhan hardisk netbook sejumlah 500GB, karena itu partisi jadi 3. Yakni buat partisi sistem (drive C) dengan kemampuan 100Gb, dan data (drive D) dengan kemampuan 200Gb, dan Data1 (drive E) dengan kemampuan 200Gb. Pisahkan di antara file sistem dan data bisa mempermudah netbook dalam mengolah tiap perintah. hingga tidak mengusik di antara mekanisme dan data.

4. Lakukan Disk CleanUp Teratur

Kerjakanlan disk cleaup dengan teratur pada drive di netbook anda untuk hapus file temporary atau file sampah pada kotak recycle bin. Disk cleanup sendiri sebagai feature yang disiapkan oleh Windows. Feature ini benar-benar berguna untuk bersihkan file-file yang telah gunakan kembali.

Untuk memakai disk cleanup dapat click Start>>Program>>Accesories>>System Tool>>Disk Cleanup.

Akan ada penampilan yakni opsi Drive dari partisi harddisk yang berada di netbook. Tentukan Drive yang ingin di Disk Cleaner. Nantikan sampai ada opsi. Contreng saja semua opsi yang ada, selanjutnya pencet OK. Tunggu hingga proses pembersihan usai.

5. Instal Antivirus Terbaik

Netbook yang kerap dipakai bagus untuk searching, unduh atau mengalihkan data dapat mengakibatkan masuknya virus. Ini pasti benar-benar riskan pada gempuran virus yang bisa jadi membuat netbook kita lamban langkah kerjanya.

Karena itu perlu dilaksanakan instal antivirus yang bagus. Pakailah antivirus lokal dan internasioanl di netbook anda. Referensi tutorialservis ialah memakai Smadav dan AVG. Juga bisa memakai Avira, Kaspersky atau yang lain.

Tidak boleh memakai antivirus lebih dari 2, atau cukup satu bisa. Karena menggukan antivirus lebih dari 2 umumnya akan membuat netbook semakin bertambah berat kerjanya.

6. Instal Apikasi Pencuci

Untuk tingkatkan performa netbook juga bisa menambah program pencuci. Dapat memakai CCleaner atau AVG TuneUp. Tetapi referensi tutorialservis ialah memakai CCleaner.

CCleaner benar-benar menolong dalam tingkatkan performa netbook jadi cepat. Program ini dapat hapus file file temporary dalam netbook sampai bersih. Program ini bisa juga hapus cache pada browser yang anda pakai. Disamping itu bisa juga dipakai untuk memaksimalkan netbook/netbook dan bersihkan registry.

Meskipun ukuran program ini kecil, tetapi tidak menambahkan berat pada netbook. Program ini disiapkan gratis oleh perusahaan Piriform Ltd. Bisa bekerja pada mekanisme operasi Windows.

7. Hapus Handphone Pada Dekstop

Pada mekanisme operasi windows 7 telah ada handphone bawaan windows. Handphone ialah seperti program yang dipakai untuk percantik penampilan dari windows 7. Tetapi ternyaya makan konsumsi RAM, ini sudah pasti dapat membuat perform netbook jadi menyusut/turun.

Seharusnya uninstal saja handphone bawaan windows ini. Selainnya kurang faedah, karena konsumsi ram.

8. Defrag File Pada Hardisk

Pakailah feature Defragment yang sudah ada pada windows. Defragment bermanfaat untuk menanta ulangi tatanan letak dari semua file yang ada di hardisk.

Maksudnya ialah supaya Windows lebih gampang mengolah data. Dengan lakukan defragment akan membuat windows fresh dan semakin fresh. Anda dapat melaukan defragment dengan ikuti beberapa langkah ini.

Click menu start>>Programs>>Accesories>>System Tool>>Disk manajemen. Lantas akan ada Optional pada Drive. Tentukan drive yang hendak di defrag, lalu click "disk defragment" tunggu hingga proses usai.

9. Instal Software Yang Diperlukan Saja

Memasang software atau program yang diperlukan saja benar-benar sangat menolong dalam tingkatkan performa netbook.

Saat Anda lakukan instal ulangi pada tempat service pasti ada banyak program yang memanglah tidak diperlukan. Program ini kadang tidak sesuai detail dari netbook anda.

Beberapa program yang makan ruang memori ialah CorelDraw X6, Adobe After Efek, dan lain-lain. Uninstal saja program yang kurang lebih tidak dipakai oleh anda, ini akan kurangi beban kerja dari netbook/netbook.

Beberapa langkah nya cukup click start>>control panel>>Add and remove programs>> lalu tentukan program mana yang hendak di uninstal, click kanan tentukan uninstal. Kerjakan pada program yang lain ingin dihapus/diuninstal.

10. Bersihkan Cache Tiap usai Searching

Bersihkan cahce atau history pada browser benar-benar menolong sekali dalam tingkatkan performa dari netbook/netbook.

Saat kita memakai browser baik itu firefox atau google krom, karena itu browser akan simpan tapak jejak kita di internet atau yang gampang disebutkan history. Karena itu ini makin lama jika tidak dihapus akan memberatkan kerja netbook.

Apa lagi bila anda kerap buka program media sosial seperti facebook, dan youtube. Pasti ini benar-benar membuat kerja netbook semakin bertambah berat, karena program ini makan kemampuan ram besar.

Karena itu perlu dilaksanakan penghilangan history dan cache. Triknya ialah Saat anda ingin akhiri aktivitas di internet, pada browser cukup pencet CTRL+Shift+Del pada keyboard netbook secara bertepatan.

Maka ada Kotak Cleal All History, Ganti Time to ranga jadi Everything, janganlah lupa mencontreng pada pilihan Cache, Active logins, off-line web data lalu click Clear Now. Nantikan sesaat, lalu click close.

11. Minimalkan Visual Efek di Windows

Visual Efek ialah feature yang membuat windows memikat buat dilihat. Karena banyak animasi saat jalankan atau buka program di windows.

Rupanya ini benar-benar punya pengaruh pada RAM, karena makan konsumsi ram pada netbook.

Lebih bagus meminimkan Visual Efek di Windows dengan lakukan langkah-langh di bawah ini.

Click Start>>klik kanan pada My Computer>>Properties>>Advanced>>Setting. Pada Sisi Performnce akan ada kotak "Performnce Options" pada tab visual efek tentukan pilihan "Adjust for best performnce" lalu click Apply.

12. Minimkan program Saat Booting Startup Windows

Saat netbook dihidupkan, maka lakukan starup untuk membooting windows. Beberapa program memang dibutuhkan untuk booting, seperti program di dalam mekanisme windows. Tetapi saja program yang memanglah tidak perlu digerakkan, karena program itu malah membuat booting semakin lama.

Karena itu anda dapat menonaktifkan beberapa program itu dengan beberapa langkah di bawah ini.

Pencet pada keyboard tombol Windows + R, lalu tuliskan msconfig pada kotak run lalu enter. Akan ada kotak Sistem Configuration, tentukan tab Startup. Non-aktifkan/disable beberapa program seperti Nero Home, Winamp Agent, Nero BackltUp dan yang lain dengan click kanan tentukan disable. Kemudian click apply.

13. Lakukan Kustom Pada Virtual Memori

Lakukan kustom pada Virtual Memori bisa tingkatkan performa netbook anda. Beberapa langkahnya ialah seperti berikut.

Click start>>Control Panel>>System and Security>>system. Akan ada kotak Sistem Properties, tentukan pada tab Advanced, tentukan Seting, click Seting pada performnce, tentukan Advanced, click Change pada Virtual Memori, Uncheck Automatically manage paging file size for all drives, tentukan Set lalu click OK.

Demikian 13 Langkah Percepat Performa Netbook Semua Windows, mudah-mudahan berguna dan menambahkan pengetahuan anda saat lakukan optimisasi pada netbook anda supaya performanya cepat.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.