Pengertian dan Cara Menggunakan Google Meet

Menyebarnya wabah COVID-19 ke penjuru dunia membuat beberapa kegiatan seperti usaha, tugas, dan pengajaran berpindah ke digital. Ini jadi suatu hal yang baru dengan memaksakan beberapa orang memakai internet dalam melakukan komunikasi. Peraturan WFH (Work from Home) sudah diputuskan pemerintahan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 namun tetap melaksanakan tugas dari rumah.

Layanan video konferensi seperti Google Meet, Zoom Meeting, Skype, Cisco Webex, dan yang lain menjadi opsi untuk selalu melaksanakan tatap muka secara online. Zoom Meeting menjadi satu diantara program meeting yang terbanyak dipakai sekarang ini. Bulan April 2020 lalu, Zoom Meeting memiliki pemakai harian sampai 300 juta. Argumen berikut yang membuat beberapa platform mengembangkan dan menambah feature meeting. Satu diantaranya Google yang serius dalam meningkatkan feature dan service Google Meet. Kombinasi feature di antara Google Hangouts dan Google Chat membuat Google Meet menjadi opsi ke-2 , selainnya Zoom Meeting

Pengertian Google Meet

Google Meet adalah sebuah aplikasi video conference atau juga bisa disebut sebagai meeting online. Google Meet sebagai salah satunya produk buatan Google sebagai service komunikasi video yang diperkembangkan oleh Google. Aplikasi Google Meet sebagai satu dari dua aplikasi dengan versi terkini yang mana versi awalnya ialah Google Chat dan Google Hangouts. Di bulan Oktober tahun 2019 lalu, pihak Google telah menghentikan versi classic dari Google Hangouts.

Pada Februari tahun 2017 Google Meet di-launching hanya untuk pemakai iOS yang sudah dilakukan secara diam - diam. Tetapi, di bulan selanjutnya pihak Google secara resmi mengeluarkan aplikasi Google Meet. Layanan komunikasi yang dipakai sebagai program pertemuan video bisa diikuti sampai 3o peserta. Google Meet diklaim menjadi versi yang semakin kuat dibanding dengan Google Hangout versi perintisnya, karena Google Meet bisa diakses Android dan iOS, dan bisa diakses menggunakan terapan web.

Cara Download Google Meet di Laptop

Cara download google meet menggunakan smarthphone benar-benar sangat mudah beda hal saat anda download google meet melalui laptop atau pc, beberapa orang yang ketidaktahuan saat mereka akan download google meet memakai netbook. Tetapi anda tak perlu khawatir karena kami akan menerangkan bagaimanakah cara download google meet pada laptop anda. Untuk memperjelasnya baca artikel ini sampai habis ya.

Ikuti cara Berikut ini supaya anda mengetahui langkah Cara Membuat Google Meet di  laptop.

1. Install Aplikasi Bluestack

Bila anda belum memiliki aplikasi ini pada laptop, anda harus memasangnya lebih dulu supaya mempermudah anda untuk download Google Meet.

2. Masuk Play Store

Setelah anda meng-install nya anda dapat buka aplikasi tersebut lalu pilih Google Play Store lalu cari aplikasi Google Meet

3. Pilih Aplikasi Google Meet

Buka Play Store dan pilih aplikasi Google Meet yang hendak anda download.

4. Install Aplikasi Google Meet

Click install untuk mendownload aplikasi dan tunggu hingga download selesai lalu anda dapat membukannya

5. Regitrasi Account Google Meet

Kemudian registrasi account Google Meet dan install, sesudah register selesai anda dapat menggunakan program Google Meet.

Cara Join Google Meet

1. Click Joint Now Atau Present

Untuk Anda sebagai host saat meeting karena itu dapat menekan tombol present. Maknanya, Anda dapat mengawali untuk lakukan meeting dan mengundang peserta yang lain. Bagi link selanjutnya sandi untuk joint meeting ke peserta rapat yang lain.

Menu joint now ialah cara menggunakan Google Meet di Laptop untuk bergabung dengan meeting yang sudah dibuat atau berjalan. Anda akan memperoleh link selanjutnya sandi untuk melakukan meeting. Saat tergabung Anda akan ada dalam room dan dapat lakukan pembicaraan langsung.

2. Beri link untuk gabung pada peserta lain

Bila Anda menjadi host dalam rapat karena itu dapat membagi link ke peserta yang lain. Secara langsung peserta akan masuk ke room yang dibuat dan perlu memasukkan sandi.

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

1. Search Google Meet di kolom penelusuran

Untuk memperoleh aplikasi ini, Anda harus cari Google Meet di penelusuran Google. Secara langsung Anda akan diantar ke situs itu. Di situ ada banyak menu yang dapat Anda pakai saat sebelum mengawali tatap muka.

2. Masuk account atau buat account

Cara menggunakan Google Meet di Laptop setelah Anda ada dalam beranda. Coba untuk masuk memakai account yang telah anda miliki di Google Meet. Bila Anda tidak pernah membuat account karena itu dapat memakai semua account yang tersambung ke Google.

3. Click gabung atau start meeting

Cara menggunakan Google Meet di Laptop saat sebelum melakukan meeting Click Gabung atau Start Meeting dalam menu. Di sini Anda dapat memperoleh meeting ID atau identitas untuk lakukan meeting. Secara langsung dapat memperoleh sandi selanjutnya linknya.

4. Tulis judul pada meeting

Anda dapat menambah judul pada meeting yang atau akan dilaksanakan. Secara langsung judul itu dapat dilihat oleh beberapa peserta meeting. Cara menggunakan Google Meet di Laptop ini untuk mempermudah siapa saja supaya mengetahui siapakah yang melakukan undangan meeting.

5. Beri akses untuk ijin mikrofon dan camera

Cara menggunakan Google Meet di Laptop yang selanjutnya adalah lakukan seting pada mikrofon dan camera. Anda dapat lakukan check pada camera atau mikrofon bila sudah sesuai settingan. Tanpa memberi ijin atau akses pada ke-2  bagian ini karena itu meeting tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Cara Membuat Link Google Meet di Laptop Tanpa Aplikasi

Ini kali kita akan membuat dan membagi link Google Meet tersebut melalui perangkat computer (PC), adapun untuk mobile atau ponsel android lebih kurang sama tutorialnya. Google Meet ini bisa kita pakai  dengan gratis sampai 25 orang peserta meeting virtual. Nach, untuk versus berbayarnya sanggup memuat anggota sampai 250 orang.

1. Buka browser Google Chrome atau yang lain di Laptop

2. Kemudian Kamu buka link https://apps.google.com/meet/

3. Pada halaman beranda Google Meet Kamu tekan tombol Mulai Rapat.

4. Allow Meet to use your kamera and microphone saat keluar pemberitahuan ini Kamu tentukan Izinkan (Allow) supaya camera di laptop dapat merekam kegiatan kita. Selainnya Camera untuk audionya akan turut terekam tapi Kamu bisa juga mematikannya.

5. Saat mulai merekam secara standar akan tersertakan notice semacam ini: Your meeting's ready. Tepat di bawahnya ada pilihan "Sharing this meeting link with others you want in the meeting" yang mana Kamu bisa membagi link Google Meet tersebut.

6. Adapun untuk sharing link Google Meet Kamu bisa menekan tombol Copy (Salin) tersebut.

7. Nach, untuk Cara sharing link Google Meet yang lain yakni Kamu bisa buka dropdown menu Meeting details. Kemudian Kamu buka pilihan Details lalu tekan Copy joining info.

8. Kamu bisa juga menyalin link itu langsung dari address bar browser. Saat ini Kamu dapat menyebarkan link Google Meet ke rekan sekolah atau kerja baik melalui Chat WhatsApp, Telegram, Facebook, Instagram, atau Youtube.

Cara Merekam di Google Meet

Cara Beberapa langkah merekam Google Meet di Computer dan Laptop:

  1. Pertama, buka Google Meet di Browser laptop / PC
  2. Pilih New meeting lalu pilih Start an instan meeting untuk mengawali rapat baru
  3. Sesudah masuk, click icon tiga titik vertikal di bagian bawah
  4. Selanjutnya tentukan Record meeting untuk merekam
  5. Di kotak diskusi yang ada, pilih Recording
  6. Seterusnya pilih Start recording, lalu pilih Start
  7. Nanti akan ada icon REC kotak merah di sudut atas kiri pertanda sedang merekam
  8. Apabila sudah selesai rapat, hanya click Stop recording pada jendela sisi kanan untuk stop merekam
  9. Atau dapat dengan click icon tiga titik vertikal di bawah lalu tentukan Stop recording
  10. Tentukan saja Stop recording pada pemberitahuan yang ada
  11. Automatis file hasil rekaman akan disimpan pada penyimpanan Google Drive di account Google yang digunakan untuk Google Meet
  12. Seterusnya tinggal membuka Google Drive, karena itu file rekaman ada berbentuk video dan umumnya disimpan di folder bernama Meet Recordings
  13. Selesai

Cara Merekam Google Meet di HP

Untuk merekam di Google Meet melalui HP, umumnya tidak tampil feature Record meeting . Maka kita perlu sedikit trick supaya bisa merekam rapat di Google Meet melalui HP Android kita dan tentunya harus tetap memakai account Google Workspace atau account belajar.id yang telah login masuk ke Google Meet.

  1. Beberapa langkah merekam Google Meet di HP:
  2. Pertama, buka Browser Google Chrome di HP
  3. Pilih icon tiga titik vertikal di pojok atas kanan
  4. Lalu cheklist pada pilihan Desktop site (Situs desktop)
  5. Selanjutnya buka situs Google Meet di Chrome
  6. Seterusnya tentukan New meeting lalu tentukan Start an instant pertemuan
  7. Pada tampilan meeting, tentukan icon tiga titik vertikal di bawah
  8. Setelah itu pilih Record meeting
  9. Di tampilan jendela Recording, pilih Start recording, lalu pilih Start
  10. Nanti ada icon REC di kotak merah pada sudut atas kiri pertanda sedang merekam
  11. Sesudah selesai merekam, dapat tentukan Stop recording
  12. Atau juga bisa pilih icon tiga titik vertikal di bawah dan pilih Stop recording
  13. Hasil rekaman disimpan automatis berbentuk file video pada penyimpanan Google Drive di account Google yang dipakai untuk masuk ke Google Meet
  14. Hasil rekaman umumnya disimpan di folder Meet Recordings pada Google Drive
  15. Selesai

Menampilkan PPT di Google Meet

Bila kita ingin mengajar online di Aplikasi Google Meet dengan memperlihatkan Presentasi di Microsoft PowerPoint, karena itu saat sharing screen slide di google meet, dan slide tersebut kita tampilkan (slideshow) maka tampilan slide akan menutupi semua layar monitor (full screen), hingga kita tidak dapat menyaksikan peserta rapat yang dengarkan presentasi kita.

Berikut langkah tampilkan Presentasi dengan PowerPoint di Google Meet Sambil Melihat Peserta Meeting:

  1. Buka Presentasi di PowerPoint, kemudian:
  2. Click Tab Slide Show
  3. Click Ikon Set Up Slide Show
  4. Pada kotak diskusi Setting Show, click Browsed by an individu (window)
  5. Click tombol OK
  6. Setelah setting slide show di PowerPoint, masuk ke tampilan Google Meet
  7. Click ikon share screen, click A window
  8. Tentukan Jendela PowerPoint
  9. Click Share
  10. Click Jendela Presentasi, kecilkan jendela PowerPoint, dan Click Slide Show
  11. Taraaa… Slide media pembelajaran tampil full screen, dan kita dapat mengawali presentasi sambil menyaksikan pelajar peserta meeting kita.

Cara Membuat Meeting di Google Meet

Untuk membuat Meeting di Google Meet masih dibilang lebih gampang dibanding dengan aplikasi penyedia Meeting lainnya, karena pemakai tidak memerlukan Aplikasi untuk membuat untuk di computer/netbook.

Langkah Membuat Meeting di Google Meet Melalui Laptop dan Computer

  1. Buka browser Google Chrome, tuliskan di kolom penelusuran ‘Google Meet'
  2. Login lebih dulu gunakan account Google Anda.
  3. Selanjutnya Tentukan Meeting Baru / New Meeting
  4. Langkah Membuat Meeting di Google Meet dengan Mudah
  5. Pilih Mulai Meeting Instant (bila langsung akan Meeting) atau buat Meeting untuk nanti.
  6. Copy link URL yang ada lalu bagikan ke peserta

Langkah Membuat Meeting di Google Meet Lewat iOS atau Android

Google Meet tersedia di handphone baik itu iOS dan Android yang bisa di download  dengan gratis. Berikut langkah membuat Meeting di Google Meet di iOS atau Android:

  1. Download lebih dulu Aplikasi Google Meet melalui Appstore atau Playstore
  2. Buka Aplikasi Google Meet sesudah di Unduh
  3. Masuk ke Account Google lebih dulu, dan yakinkan tidak keliru dalam mengisi data account
  4. Beri akses ijin untuk camera dan mikrofon lebih dulu supaya suara dan video bisa bekerja yang baik
  5. Apabila sudah masuk Aplikasi Google Meet pada handphone, tentukan menu Meeting baru.
  6. Selanjutnya Tentukan Meeting instant bila langsung ingin melangsungkan tatap muka.
  7. Lalu bagi code link url ke peserta Meeting agar masuk ruang Meeting yang serupa.
  8. Atau rencanakan di Google Kalender bila ingin mengatur untuk esok hari untuk membuat tatap muka Meeting.

Bila kita bukan sebagai pembuat acara Meeting, tanya lebih dulu ke pelaksana link url agar segera tergabung.

Cara Menampilkan Semua Peserta di Google Meet

Menggunakan Tiled View Google Meet

Untuk menampilkan semua peserta rapat sekaligus di layar Anda dalam format kisi, tentukan tampilan Tiled.

  1. Click menu More options (tiga titik vertikal) di kanan bawah layar.
  2. Tampilkan Semua Peserta di Google Meet
  3. Tentukan Change lay-out.
  4. Tampilkan Semua Peserta di Google Meet
  5. Tentukan gelembung dari sisi Tiled. Pakai penggeser untuk pilih jumlah kisi/ubin yang hendak disaksikan sekalian.
  6. Tutup kotak diskusi Change Lay-out dengan mengeklik X di pojok atas kanan (atau di luar kotak) untuk melihat semua peserta rapat di layar Anda dalam kisi.

Memakai Tampilan Sidebar View Google Meet

Lebih baik untuk rapat kecil, tampilan Sidebar menampilkan pembicara pada bagian khusus layar dan kotak kecil peserta yang tidak bicara di sidebar samping kanan.

  1. Click icon More options dan tentukan Change lay-out.
  2. Tampilkan Semua Peserta di Google Meet
  3. Tentukan Sidebar view dan tutup kotak untuk menyaksikan pembicara di bagian khusus dari monitor dan peserta lain di sidebar.
  4. Tampilkan Semua Peserta di Google Meet
  5. Bilah sisi muncul disebelah kanan jendela percakapan.

Cara Melihat History Google Meet

Aktivitas seperti belajar, bekerja, rapat berkreasi sekarang ini semua dapat dilaksanakan melalui cara online. Salah satunya Aprlikasi yang dipakai untuk rapat virtual ialah Google Meet. Banyak Pengguna yang mulai memakai Aprlikasi ini untuk rapat. Google Meet sebagai media video konferensi yang bisa diisikan oleh sampai 100 orang. Pengguna bisa juga manfaatkan langkah melihat history Google Meet untuk mencari seperti apakah kegiatan rapat. Berikut langkah untuk membaca info yang ada di history:

1. Login

Masuk pada Google Admin. Pengguna bisa log in bukan menggunakan account sekarang ini, tapi melalui account administrator. Pada halaman konsol admin, akses menu "Laporan". Seterusnya pada bagian namanya "Log Audit" tentukan "Google Meet". Log Audit ini sebagai tempat di mana data semua kegiatan rapat disimpan.

Supaya bisa sesuaikan sisi mana yang ingin disaksikan, click menu "Urus Kolom" yang dengan logo roda berputar-putar seperti Penataan secara umum. melalui penataan ini, Pengguna bisa mengatur mana kolom yang hendak disaksikan dan yang mana ingin diselinapkan saja. Sesudah usai mengendalikannya, tekan "Taruh".

2. Membaca ID Peserta

Lihat sisi yang bernama ID Peserta. Langkah melihat history Google Meet di menu ini ialah ketahui siapa yang ikuti rapat. Di sini ada info berbentuk nomor telephone, alamat surel, nama Pengguna, negara, daerah, dan e-mail dari pelaksana.

Info yang ada dapat diperlihatkan secara jelas alias dapat dibaca secara mudah, ada pula yang disamarkan alias tidak komplet, umumnya memakai lambang bintang sebagai usaha tutupi beberapa info. Ada pula yang serupa sekali tidak tampilkan infonya. Hal itu bergantung dengan penataan piranti dari setiap peserta yang ikuti rapat.

3. Membaca Nama Kegiatan

Tambahkanlah filter berbentuk "Nama Kegiatan". Di bagian ini, Pengguna bisa melihat kejadian yang terjadi sepanjang waktu rapat virtual berjalan. Ada banyak info yang ada. Rasio kemacetan tampilkan seberapa banyak prosentase saat jaringan alami masalah, misalnya jitter yang tidak konstan. Dalam menu kecepatan bit, infonya berbentuk jumlah dari suara dan video dalam perhitungan KBps (kilobit) setiap detiknya.

Sisi Bandwidth menerangkan mengenai bagaimana prediksi jaringan yang dibutuhkan untuk mengirimi dan terima data dari suara, presentasi, atau video. Hitungannya masih tetap memakai KBps. Selanjutnya ada laporan penyimpangan yang berisi info siapa peserta yang mengeluh ada penyalahgunaan. Administrator bisa juga mengetahui nomor atau e-mail yang disampaikan.

4. Waktu Data Tersedia

Ada kalanya data yang diberikan belum tampilkan data yang terbaru (real time). Ini lumrah, karena saat sebelum data direkap ada banyak saat yang dibutuhkan Google untuk menyiapkan laporan log audit untuk Administrator. Ada banyak data yang memerlukan semakin banyak waktu, namun rerata data yang ada memakan waktu minimum sehari dan optimal 3 hari untuk diperlihatkan dengan tepat.

5. Cari Data Lain

Jika data yang didapat belum juga mencukupi, Pengguna dapat terhubung info Google Meet yang lain dari https://dukungan.google.com/a/answer/9287249 yang bermanfaat untuk ketahui waktu dan ongkos panggilan. Pengguna dapat mengevaluasi kembali tipe kejadian yang terjadi dalam Google Meet melalui API khusus dari Google Workspace Admin di alamat https://developers.google.com/admin-sdk/reports/v1/appendix/activity/meet.

Baca Juga: Cara Install Google Meet di Laptop dan Komputer

Itulah info seputar cara melihat history Google Meet yang disebut dengan log audit. Administrator dapat manfaatkan data yang didapat dari log audit ini untuk menilai kembali jalannya rapat virtual. Ini akan berguna untuk membenahi tatap muka seterusnya, supaya jalannya rapat dapat berjalan dengan lebih baik.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.