Cara Menghidupkan dan Menggunakan Kompor Portable

Kompor gas portable mempunyai penampilan yang nyaris serupa dengan kompor gas konservatif. Namun, ukuran kompor gas portable memang lebih minimalis untuk mempermudah pemakainya 

Secara umum, tipe kompor gas ini dipakai saat mendaki gunung atau lakukan beragam aktivitas di ruangan terbuka. Walau sejumlah rumah makan all you can eat (buffet) dengan ide self-cooking memakai kompor ini untuk ditempatkan di meja pengunjung.

Untuk Anda yang baru saja membeli kompor gas portable namun tetap kebingungan bagaimanakah cara memakainya, berikut ini langkah memakai kompor gas portable yang aman. Kami akan memberi beberapa tips supaya Anda dapat memakai kompor tipe ini lebih maksimal.

Langkah Memakai Kompor Gas Portable

Masih belum mengetahui langkah memakai kompor gas portable? Sebenarnya langkah memakai kompor ini sama dengan memakai kompor gas LPG konservatif. Namun sebagian orang berasa kesusahan untuk memasangkan gas pada kompor portable ini.

Berikut ini langkah memasangkan gas dan memakai kompor gas portable:

  1. Persiapkan kompor gas portable dan tabung gasnya
  2. Tempat untuk menempatkan gas sesuai mode kompor yang Anda pakai. Jika kompor gas portable Anda mempunyai katup untuk menempatkan tabung, membuka katup itu dan masukan tabung gas yang kalengnya telah terbuka.
  3. Apabila kompor gas portable yang dipakai mempunyai mode yang lebih kuno, bukalah tutup kaleng tabung gas, dan masukan ke lubang yang ada di samping kompor
  4. Jika pada kompor gas portable Anda ada keran gas untuk atur kecil-besarnya api, putar keran gas sampai kedengar suara gas
  5. Selanjutnya, teruskan dengan memutar atau tekan pemantik kompor. Jika pemantik bermasalah hingga tidak dapat meciptakan api karena itu Anda dapat memakai korek api menyalakan api pada kompor
  6. Pakai kompor sesuai keperluan Anda. Janganlah lupa untuk memutar kembali keran gas untuk mematikan aliran gas pada kompor portable

Langkah Bersihkan Kompor Gas Portable

Ingat kompor gas portable kerap dibawa pergi dan digunakan memasak secara intens, karena itu seharusnya Anda lakukan pembersihan pada kompor gas ini dengan teratur. Makin jarang-jarang Anda bersihkan kompor portable, kotoran dan minyak akan menempel di body kompor dan makin susah untuk dibersihkan.

Sesudah ketahui langkah memakai kompor gas portable yang yang baik dan benar, kami akan memberi tutorial langkah membersihkan kompor gas portable:

  1. Lepas tabung dari kompor lebih dulu dan yakinkan status pemantik kompor sedang pada kondisi tertutup
  2. Persiapkan sabun pembersih piring dan spons untuk bersihkan kompor gas portable yang disanggupi minyak
  3. Gosokkan spons yang telah direndam ke air sabun pembersih piring ke semua tubuh kompor (terkecuali burner-nya)
  4. Pakai handuk basah untuk hilangkan sisa sabun pada kompor
  5. Lepas pemantik kompor dan bersihkan dengan sabun pembersih piring sampai bersih

Bila Anda tidak mau memakai sabun pembersih piring saat bersihkan kompor, Anda dapat memakai cream pencuci serbaguna yang tidak memunculkan busa. Cukup berikan cream ini ke kompor, lalu gosokkan dengan handuk kering. Cream semacam ini akan hilangkan bintik makanan dan minyak pada kompor lebih efisien.

Membersihkan kompor gas portable tiap habis dibawa pergi. Jika Anda memakai kompor ini untuk keperuan mengolah setip hari, seharusnya selekasnya membersihkan kompor sesudah digunakan mengolah makanan.

Keunggulan Kompor Gas Portable

Apa Anda merencanakan untuk beli kompor gas portable dalam kurun waktu dekat? Sebelum meutuskan membeli kompor yang Anda harapkan, Anda perlu ketahui keunggulan dan kelemahan pada kompor itu supaya tidak menyesal di masa datang. Masih sangsi untuk beli kompor gas portable? Baca keunggulan kompor gas portable berikut:

1. Ringkas dan Gampang Dibawa ke Mana Saja

Berbeda dengan kompor gas konservatif, ukuran kompor gas portable ini benar-benar minimalis. Bahkan juga, ukuran kompor ini  lebih kecil dibandingkan kompor gas konservatif 1 tungku. Kompor tipe ini dibuat secara minimalis supaya lebih gampang dibawa kemana-mana.

2. Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan lain dari kompor gas portable ialah harga yang paling dapat dijangkau. Anda bisa beli kompor portable cukup dengan sediakan dana 100 ribu rupiah saja. Apa lagi bila Anda membeli secara patungan dengan rekan-rekan, sudah pasti ini semakin lebih irit untuk Anda.

3. Bahan Bakar Gampang Dapatkan

Perlu Anda ketahui walau langkah memakai kompor gas portable hampir serupa dengan kompor gas kovensional, tapi bahan bakar yang digunakan ke-2  tipe kompor ini berlainan.

Bila kompor konservatif memakai gas LPG, kompor portable memakai tabung gas mini yang ukuran sebesar kaleng minuman. Gas khusus kompor portable ini benar-benar gampang didapatkan karena banyak dijual di minimarket.

4. Cara Penggunaan yang Gampang

Anda tentu sepakat jika langkah memakai kompor gas portable benar-benar sangat gampang. Proses penempatan kaleng gas ke kompor itu lumayan mudah karena Anda perlu menempatkan gas dan pastikan jika gas itu telah tersambung dengan kompor.

5. Mengolah Maknan bisa lebih cepat

Apa Anda tidak mau menggunakan kompor gas portable dan condong pilih membuat api unggun saat melakukan kegiatan outdoor? Proses membuat api unggun tidak sekencang memasangkan gas pada kompor portable . Maka, seharusnya pilih kompor gas portable bila Anda ingin memasak bisa lebih cepat.

Panduan Memakai Kompor Gas Portable Secara Aman

Kompor gas portable menjadi teman dekat untuk memasak makanan di saat kita sedang melakukan aktivitas outdoor. Namun, kompor ini bisa juga jadi beresiko bila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Berikut panduan memakai kompor gas portable yang nyaman dan aman:

  1. Yakinkan tabung telah dipasang pada lubang gas. Jika Anda pengunci tabung, kuncilah tabung secara rapat untuk menghindar bocor gas. Jika tidak tercium berbau gas, karena itu kompor siap untuk digunakan.
  2. Gunakanlah api yang kecil saat mengolah dengan kompor gas portable. Masalahnya tabung gasnya yang kecil tidak dapat digunakan untuk mengolah dalam periode waktu panjang. 1 tabung gas portable cuman dapat digunakan untuk 3x mengolah nasi.
  3. Selalu kunci tuas yang ada di samping pemantik bila kompor sedang tidak digunakan. Jika memang perlu Anda dapat melepaskan tabung gasnya lebih dulu untuk menghindar bocor gas.
  4. Kompor gas portable cuman direferensikan untuk penggunaan di luar ruang. Pikirkan kembali bila Anda ingin menggunakan kompor ini dalam ruangan, khususnya ruang yang ber-AC.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.