Tips Cara Scan Dokumen F4 di Scanner A4

Pada kondisi tertentu misalnya kita sedang melengkapi pemberkasan dibutuhkan soft copy dokumen yang berupa hasil scan dokumen dalam format PDF dengan ketentuan dokumen yang discan tidak boleh terpotong. Lalu bagaimana apabila dokumen yang kita scan menggunakan kertas F4/Legal yang tentunya akan terpotong apabila discan menggunakan scanner A4. Sementara hampir mayoritas type scanner yang ada saat ini adalah berikuran A4, bagaimana cara mengatasinya? 

Pada postingan ini saya akan membagikan tips bagaimana cara scan dokumen yang berukuran F4 atau legal menggunakan scanner A4 dengan hasil full page tanpa terpotong. Langsung saja silahkan ikuti panduan berikut ini: 

Langkah Pertama, silahkan scan dokumen F4 sebagian, misalnya scan dahulu area atas kemudian setelah itu scan lagi setengah dari bagian bawah yang sebelumnya belum terscan. Gunakan Aplikasi Adobe Photoshop dalam proses scan agar nanti kita lebih mudah dalam proses editingnya. 

Langkah Kedua, setelah berhasil menscan 2 bagian (potongan) dokumen, selanjutnya gabungkan dua potongan tersebut dalam lembar kerja. Kalian bisa buat New Page kemudian seleksi area dokumen lalu drag ke lembar kerja New Page.

Langkah Ketiga, sambungkan ke-2 buah potongan, usahakan posisi potongan tersebut presisi dan menyambung secara tepat layaknya dokumen yang tidak terpotong. 

Langkah Keempat, simpan dokumen hasil editing dengan format JPG atau PDF. Untuk file yang nantinya dibutuhkan dalam ekstensi PDF dengan size kecil saya rekomendasikan untuk menyimpan file dokumen terlebih dahulu dalam format JPG, barulah nanti file JPG tersebut diconvert ke PDF menggunakan aplikasi converter online atau offline. 

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tutorial cara Scan Dokumen F4 di Scanner A4 dengan hasil full page tanpa terpotong menggunakan aplikasi Adobe Photoshop berikut ini: 

Demikianlah panduan tutorial cara mudah Scan Dokumen Size F4 di Scanner A4 hasil full page tidak ada halaman yang terpotong, selamat mencoba dan mempraktikkan tutorial ini.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.