Cara Menghubungkan Camera Canon EOS dengan Komputer

Salah satu fitur menarik dari Camera DLSR Canon EOS adalah adanya fitur Sinkronisasi antara perangkat Camera Canon EOS dengan Komputer atau Pun Laptop melalui jaringan Wifi. Sehingga dengan filtur tersebut pengguna tidak perlu mencopot Memory Card dan menggunakan card reader untuk dihubungkan ke perangkat komputer guna mengambil foto hasil Jepretan Camera.

Dengan Aplikasi EOS Utility kita dapat dengan mudah mengakses file foto hasil jepretan Camera Canon EOS secara langsung melalui jaringan Wifi tanpa harus repot mencopot dan memasang Memory Card yang terpasang di camera Canon EOS.

Berikut ini langkah-langkah menghubungkan Camera Canon EOS dengan Komputer dan Laptop menggunakan Aplikasi EOS Utility 3.11.0:

Langkah Pertama silahkan Download Terlebih Dahulu Aplikasi EOS Utility 3.11.0

Setelah kalian download, langsung saja install aplikasi EOS Utility 3.11.0. Untuk cara Installnya sangatlah mudah kalian tinggal klick install dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.



Setelah selesai menginstall Aplikasi EOS Utility 3.11.0 di Komputer ataupun Laptop kalian, Jalankan Aplikasi EOS Utility Louncher, Shorcutnya ada di Dekstop

Kemudian mari kita beralih ke Camera Canon EOS, disini saya menggunakan Camera Canon EOS 200D, kita akan mengsinkronkan Camera EOS dengan komputer, berikut langkah-langkahnya:

Hidupkan Camera Canon EOS kalian, lalu tekan tombol MENU, cari dan temukan Opsi menu Wirless Comunication Settings.

Pilih Opsi Wi-Fi Settings

Posisi Wi-Fi secara defauld akan Disable, ubah menjadi Enable

Kemudian Beri Nama Camera Kalian, Konfirmasi OK

Kemudian akan muncul Opsi Transfer Imgs betwen cameras, pilih icon Komputer/Laptop

Pilih Opsi Menu Register a device for connection

Konfirmasi Switch Network

Scroll ke bawah cari dan temukan Jaringan Wifi di Tempat Kalian, kemudian hubungkan

Pilih Opsi Auto Setting untuk IP Adress Set

Konfirmasi OK untuk memulai konektivitas



Maka akan ditemukan Nama User ID perangkat Komputer Kalian, Pilih dan Konfirmasi OK

Kembali ke Aplikasi EOS Utility Louncher di Komputer, Klick Pairing Over Wi-Fi LAN

Klick Pada Camera Model yang terdeteksi pada Aplikasi EOS Utility Louncher, dan Klick Connect untuk menghubungkan.

Sampai disini kita sudah berhasil menghubungkan Camera DLSR Canon EOS dengan Komputer, silahkan pilih 2 menu baris atas, download file foto atau mengambil foto menggunakan komputer

Untuk download file foto secara manual (tidak keseluruhan) pilih Opsi Select and Download

Kemudian pilih dan berikan cheklist pada foto yang ingin di download, kemudian klick menu file dan pilih Download

Konfirmasi OK untuk mendownlaod file Foto dari Camera Canon EOS, kalian bisa mengubah defauld folder penyimpanan file foto dengan mengklick Opsi Destination Folder.

Hasilnya file foto dari Camera DLSR Canon EOS berhasil diambil dan masuk ke folder My Picture pada Komputer tanpa harus copot dan pasang Memory Card.

Untuk selanjutnya apabila kalian hendak mengambil foto dari camera DLSR Canon setelah melakukan pemotretan, kalian cukup menekan tombol disebelah Kiri atas belambangkan icon Wi-Fi, maka secara otomatis camera DLSR Canon EOS kalian akan terhubung dengan komputer dengan catatan kedua perangkat sama-sama terhubung dengan jaringan Wifi yang sama.

Oke...itulah cara mudah menghubungkan Camera Conon EOS dengan Komputer dan Laptop agar kita lebih mudah dalam mengakses file foto hasil jepretan camera tanpa harus repot mencopot Memory Card untuk dihubungkan dengan komputer menggunakan Card Reader.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.