Pengertian, Jenis dan Perbedaan Animasi 2D dan 3D

Salah satu hiburan Anak-anak yang sampai saat ini masih menjadi kebiasaan yang mengasyikkan adalah nonton Film kartun baik itu di Televisi ataupun melalui Youtube. Film-Film kartu atau anime yang sering kita lihat di Televisi ataupun Youtube merupakan hasil karya dari Animasi 2D dan atau Animasi 3D.

Animasi dibuat dari urutan kumpulan gambar, kemudian gambar-gambar tersebut ditampilkan satu per satu dengan kecepatan tertentu sehingga akan terlihat seperti bergerak dan hidup. Pada umumnya animasi 3d dibuat untuk membuat gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi.

Pengertian Animasi 2D

Animasi 2D adalah gabungan dari kumpulan gambar yang kemudian digabungkan menjadi satu dan ditampilkan secara berurutan satu persatu secara cepat sehingga menimbulkan motion atau gerakan tertentu yang hanya memiliki ukuran panjang (X-azis) dan (Y-axis), maka dari itu animasi 2D hanya dapat dilihat dari sudut pandang depannya saja.

Lalu apa yang dimaksud dengan Animasi 3D?

Pengertian Animasi 3D

Animasi 3D adalah suatu objek animasi yang terletak dalam ruang 3D yang tidak hanya memiliki tinggi dan lebar, melainkan juga memiliki volume atau kedalaman (height, widht, depth). Objek animasi dapat berputar dan bergerak layaknya objek aslinya tampil seolah-olah nyata dan hidup.

Jenis jenis Animasi 3D

Animasi 3D terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Animasi Puppet atau lebih dikenal dengan animasi boneka adalah jenis animasi 3D yang menggunakan bahan-bahan bersifat lentur sebagai objek atau karakternya. Contoh bahan yang banyak digunakan oleh nimator yaitu kayu yang mudah diukir, lilin, kertas, tanah lempung, dan lainnya. Contoh Animasi Puppet yaitu Film Animasi yang berjudul The Muppet Show, Sesame Streets, dan Wayang.
  2. Animasi Model merupakan Animasi yang menggunakan benda berbentuk abstrak, seperti seperti bola, kubus, balok, prisma, silinder, piramida, kerucut, dan lain-lain. Contohnya yaitu animasi molekul, senyawa, ataupun bola dunia.
  3. Animasi Pixilasi adalah Animasi 3-Dimensi yang menggunakan manusia sebagai objek atau karakter dalam animasinya.

Perbedaan Animasi 2D dan 3D

Ada dua perbedaan yang mendasar antara Animasi 2D dan Animasi 3D yaitu pada Proses Produksi dan Hasil Akhir yaitu sebagai berikut:

Proses Produksi

Pada proses Produksi Animasi 2D dibuat dengan cara Digambar pada sebuah permukaan datar, dibuat per frame dengan gambar tangan atau menggunakan software yang nantinya menghasilkan urutan gerak yang otomatis.

Sementara pada Proses PRoduksi Animasi 3D dibuat menggunakan Software sehingga untuk membuat Animasi 3D tidak hanya cukup dengan memiliki Skill menggambar saja akan tetapi harus dapat mengoprasikan software Animasi Maker di Komputer.

Hasil Akhir

Objek hasil akhir Animasi 2D hanya terdiri dari satuan Panjang atau Tinggi dan Lebar yaitu Koordinat X dimensi horizontal dan Koordinat Y dimensi vertical sehingga hasil gambar animasi tidak terlalu nyata atau kurang realistis dan dari segi warna kurang bervariasi.

Sedangkan Objek hasil akhir Animasi 3D memiliki terdiri dari koordinat X, Y, dan Z sehingga menghasilkan gambar animasi yang lebih nyata atau realistis dan juga dilengkapi dengan warna yang lebih bervariasi.

Jasa Animasi 3D

Ada banyak penyedia Jasa Animasi 2D dan 3D Murah salah satunya adalah Anymate Studio yang merupakan salah satu dari Studio Animasi Yogyakarta berlamatkan di Jl, Plataran No. 9 Sembungan, Desa Bangun Jiwo Kecamatan kasihan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anymate Studio didirikan pada tahun 2018 di Yogyakarta dengan fokus karya menceritakan kisah tanpa batas melalui karya seni digital dalam bentuk animasi apa pun dengan mengembangkan setiap imajinasi menjadi suatu cerita, yang dianimasikan untuk menempatkan jiwa dan kehidupan ke dalam karya seni digital dan cerita yang penuh dengan ide-ide cemerlang. Pada tahun 2021 Anymate Studio berhasil memperoleh penghargaan Pinasthika Award Craftmanship.

Bagi Anda yang membutuhkan Animasi Video 2D atau 3D dapat memesan langsung melalui anymatestudio.com yang berkomitment untuk terus mengikuti perkembangan tren visual dalam memenuhi kebutuhan iklan. Contoh hasil karya Anymate Studio diantaranya seperti MCD #BedaRodaSatuJalur, Toyota Lofi Drive Beats, dan video lirik Sinyal Tresna dari Ndarboy Genk by Indosat Ooredoo.

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai pengertian, Jenis dan Perbedaan antara Animasi 2D dengan Animasi 3D yang dapat kami sajikan, semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.