Cara Screenshot di Laptop All Laptop & Windows

Bagi Kalian pengguna Komputer dan Laptop, kegiatan Screenshot  atau tangkapan layar suatu proses atau hasil pekerjaan mungkin merupakan aktivitas yang sering dilakukan. Screenshot yang biasa diucapkan atau ditulis SS terkadang memang bisa menjadi bahan dokumentasi untuk suatu keperluan, dan juga dapat digunakan sebagai bukti suatu pekerjaan telah dikerjakan.

Secara default sebenarnya Fitur Screenshot sudah ada Windows di Komputer dan Laptop namun untuk proses editingnya sangatlah terbatas. Kita bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan Aplikasi Screenshot khusus yang dibekalai dengan fitur-fitur editing yang mudahkan kita dalam proses pengolahan hasil Screenshot.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara mudah sreenshot di Komputer dan Laptop menggunakan dan tanpa aplikasi Sreenshot yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara pengambilan Sreenshot di Komputer dan Laptop.

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi

Untuk pengambilan Screenshot di Laptop tanpa Aplikasi caranya sangatlah mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan Tampilan Layar Laptop yang ingin diScreenshot
  2. Tekan Tombol PS/PRT SCR/Prt SC SysRq
  3. Tempelkan hasil Screenshot ke Halaman Dokumen Microsoft Word/Photoshop/CorelDraw 
  4. Simpan file hasil Screenshot mengikuti prosedur save Aplikasi yang kalian gunakan dalam extensi JPG/PNG atau PDF
  5. Selesai

Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi

Ada banyak Aplikasi Screenshot yang dapat kita gunakan, namun salah satu Aplikasi yang menjadi Favorit saya karena sangat ringan, simple dan mudah penggunaannya adalah LightShot. Dengan LightShot kita dapat dengan mudah mengambil Sreenshot di Laptop dan memberikan tanda atau teks sesuai kebutuhan.  Berikut ini Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi Lightshot: 

  1. Siapkan Tampilan Layar Laptop yang ingin diSreenshot
  2. Tekan Tombol PS/PRT SCR/Prt SC SysRq di Keyboard atau Klick Icon Bulu Aplikasi Lighshot
  3. Ambil Area Tampilan di Layar Laptop yang ngin diambil Sreenshotnya
  4. Klick Icon SAVE dan tentukan dimana kalian ingin menyimpan hasil Sreenshot
  5. Selesai

Sebelum Klick SAVE hasil Sreenshot dengan Lighshot kalian juga bisa memberikan sedikit efek penanda, misalnya tanda kotak merah, coretan lingkaran, coren pensil sensor, dll.

Itulah 2 Cara Mudah Sreenshot di Laptop untuk semua Brand Merk dan Type Laptop serta System Operasi Windows menggunakan dan Tanpa Aplikasi Screenshoter yang bisa kalian coba praktikkan sendiri. Selamat mencoba, dan yakinlah kalian pasti bisa, karena ini mudah sekali!..


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.