Solusi Google Tidak Menampilkan Infromasi Deskripsi Halaman Situs

Saat halaman dari blog atau situs web Anda muncul di hasil pencarian Google oleh pengguna, pada umumnya halaman tersebut akan menampilkan judul dan cuplikan deskripsi blog atau konten postingan. Google menampilkan deskripsi blog anda pada hasil pencarian berdasarkan keyword domain dan menampilkan deskripsi konten postingan berdasarkan keyword judul konten postingan secara otomatis dengan jumlah karakter tertentu sesuai dengan ketentuan batas deskripsi oleh Google Search.

Namun saat ini saya sedang dihadapkan pada masalah dimana blog saya Blogger Knowledge ketika saya coba menelusuri menggunakan keyword domain serta pengecekan status index konten menggunakan URL konten postingan hasilnya tidak seperti biasanya dimana biasanya nama blog dan URL ditampilkan berikut deskripsi Blog dan begitupun konten postingan pada hasil penelusuran ditampilkan URL, Judul Konten Postingan berikut dengan cuplikan deskripsinya. Sementara untuk blog baru saya Blogger Knowledge hasil penelusurannya hanya ditampilkan URL domain saja tanpa tambahan informasi apapun.



Saya benar-benar bingung dengan masalah ini, bagaimana bisa seperti itu. Padahal saya tidak menerapkan pemblokiran tertentu pada robot.txt dan hal ini hanya terjadi pada Blogger Knowledge dan tidak pada blog saya lainnya pada hasil penelusuran Google.

Berdasarkan keterangan Google ada dua kemungkinan penyebab hal tersebut di atas mengapa blog saya tidak ada tampilan deskripsi pada hasil penelusuran. Yang pertama disebabkan karena Halaman diblokir oleh robots.txt sementara saya tidak mengaktifkan Robots.txt custom, saya menggunakannya secara defaut. Yang kedua Blog saya terindikasi penerbit pers di Eropa, bisa saja point kedua inilah penyebabnya dimana saya untuk pertama kalinya membeli dan menggunakan domain .US. Kemungkinan domain yang saya beli tersebut terdaftar sebagai penerbit pers di Eropa.

Sementara untuk mesin pencari selain Googgle seperti Yahoo atau Bing misalnya, hasil penelusuran yang terkait dengan blog saya dapat ditampilkan dengan baik muncul url domain, judul blog, dan deskripsi pada hasil penelusuran.

Untuk mengatasi hal ini saya mencoba menerapkan perbaikan mengikuti saran Google yaitu dengan mengizinkan Google membuat cuplikan hasil penelusuran untuk situs saya dengan menambahkan max-snippet.

Saya menemukan penjelasan berikut ini pada hasil penelusuran google:

  • Untuk mematuhi undang-undang hak cipta baru, pada akhir Oktober Google tidak akan lagi menampilkan konten pratinjau di Perancis untuk publikasi berita Eropa kecuali mereka mengindikasikan mereka ingin pratinjau ditampilkan. Mereka dapat menggunakan pengaturan baru untuk melakukan itu. Pelajari lebih lanjut .
  • Gunakan atribut HTML data-nosnippet untuk mengecualikan teks dari cuplikan
  • Anda dapat menambahkan atribut HTML data-nosnippet pada elemen span , div , dan section untuk mengecualikan teks agar tidak muncul di snippet dalam hasil Google Search.

Berikut ini kode max-snippet yang saya coba tambahkan ke dalam kode HTML penyusun tema:

<meta content='max-snippet:100, max-video-preview:10, max-image-preview:standard' name='robots'/>

Jumlah atau nominal angka pada kode snippet di atas bisa anda sesuaikan dengan kenginan, misalnya untuk max-snippet: 100 dapat anda rubah menjadi 250 untuk memunculkan jumlah karakter deskripsi yang lebih panjang.

  1. Masuk ke Blogger dan pilih blog Anda
  2. Klik Pengaturan di menu sebelah kiri
  3. Di sebelah tag header robot Kustom klik Edit
  4. Di sebelah Aktifkan tag header robot kustom? klik Ya
  5. Pilih nosnippet untuk halaman Beranda Anda , Arsip dan halaman pencarian, dan / atau Tulisan dan halaman. Perhatian: berhati-hatilah bahwa Anda tidak menyertakan tag yang dapat mencegah situs Anda muncul di hasil pencarian.
  6. Simpan perubahan

Saat ini berdasarkan hasil penelusuran cara di atas yang saya temukan untuk mengatasi masalah blog hanya tampil url domain tanpa adanya cuplikan informasi atau deskripsi blog. Harapan saya setelah Google mengindex ulang penambahan max-snippet blog saya dapat ditampilkan dengan informasi dan deskripsi pada penelusuran.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.