Cara Mengatasi Laptop Acer Mode Automatic Repair

Cara mengatasi preparing automatic repair windows 10 laptop acer. Salah satu masalah yang sering datang tiba-tiba pada pengguna Laptop khususnya merk Acer adalah ketika dihidupkan Laptop langsung masuk jendela mode Automatic Repair. Biasanya hal seperti ini lebih sering terjadi pada pengguna Laptop yang aktif Online. Mengapa bisa demikian?

Ada 3 kemungkinan besar penyebab system windows laptop error dan masuk mode Automatic Repair ketika dinyalakan:

  • Laptop mengalami gagal instal update. Ketika laptop dengan fitur auto check update yang belum dinonaktifkan digunakan untuk mengakses jaringan internet secara otomatis system update windows berjalan dan mendownload update terbaru windows tanpa disadari oleh pengguna, kemudian biasanya ketika laptop hendak dimatikan muncul notifikasi instal update. Apabila file update terdownload secara sempurna, dan laptop dibiarkan mati dengan sendiri sampai dengan proses instal update windows selesai, maka laptop dipastikan baik-baik saja. Berbeda apabila file update belum terdonwload secara sempurna, sedangkan proses instal update berjalan dengan sendirinya ketika laptop di matikan, secara otomatis instal update akan gagal dan biasanya berakhir dengan crash system dan terjadilah error Automatic Repair Windows. 
  • Windows Laptop terinfeksi Virus kelas berat yang berbahaya, dan terjadi bentrok antara Firewall Windows atau Antivirus dengan file system yang sudah terinfeksi. Akibatnya system akan mengalami crash atau error, biasanya ditandai dengan notifikasi .... not found... atau error system windows lain yang muncul dilayar dekstop dan tidak bisa di close sehingga memaksa pengguna untuk mematikan laptop dengan jalan pintas melalui tombol power.
  • Laptop sering mati mendadak, baik karena batrai drop, dimatikan paksa melalui tombol power atau laptop yang secara langsung menggunakan daya dari  pengisi daya atau changer kemudian sering atau berkali-kali putus arus karena adanya pemadaman listrik yang mengakibatkan system windows errror. 




Disini saya akan berbagi pengalaman mengenai Laptop Acer Z476-31TB yang mengalami masalah error windows masuk ke mode Automatic Repair Windows ketika dinyalakan dengan tanda-tanda pada logo booting muncul notifikasi Diaognosing your PC.



Automatic Repair. Your PC did Not Start Corrently. Press "Restart" to restart PC, whic can sometimes fis the problem. You also press "Advanced Options" to try other options to repair your PC. 



Jika Anda mengalami masalah yang sama seperti diatas, pilih menu Advanced Option, kemudian pada halaman berikutnya pilih Troubleshoot (Reset your PC or See Advanced Options.



Pilih Opsi Advanced Options



Pada Jendela Advanced Options pilih System Image Recovery apabila anda memiliki Master Installer Windows  atau pilih Startup Repair untuk mencoba menggunakan fitur auto repair windows error.



Jika proses auto repair windows berhasil, maka laptop Anda akan kembali normal. Namun sebaliknya apabila ternyata setelah restart laptop kembali masuk jendela Startup Repair itu tandanya system windows benar-benar mengalami error yang cukup serius dan satu-satunya cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah dengan diinstal ulang.



Sebelum menginstal ulang windows jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu data Anda atau data user laptop yang mungkin ada data yang penting dan tersimpan di Drive System C.



Gunakan Master Bootable Repair Windows misalnya seperti DLC Boot, Mini Windows Loader, atau UEFI Rescue untuk membackup data user. Jika anda belum memilikinya anda dapat membuatnya terlebih dahulu silahkan praktikkan tutorial berikut ini: Membuat Master Bootable Flashdisk Repair Windows Tools UEFI Rescue 2019 Hybrid Tech Edition



Ubah dan arahkan Boot Priority pada Boot Option Priorities system BIOS ke Master Bootable Repair Windows agar Laptop tidak lagi Boot menggunakan System Windows yang Error.



Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan pengubahan Boot Priority, atau bisa melalu menu Exit pilih Save Changes and Reset.



Pilih Yes pada dialog Save Configuration and Reset



Pilih Opsi Mini Windows 10



Untuk tampilan Mini Windows 10 Master Bootable Repair Windows Tool UEFI Resque kurang lebih seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Laptop Booting menggunakan Mini Windows Loader Flasdisk, anda dapat melihat seluruh Hardisk Aktif berikut data di dalamnya dengan mini windows 10 Loader.



Backup data User yang biasanya tersimpan di Directory My Dokumen, My Music, My Vidios dan Folder Download. Pindahkan data user ke hardisk khusus Data Laptop atau salin ke Flasdisk atau Hardisk External apbila ternyata kapasitas data user yang akan dibackup cukup besar.



Dengan mini windows 10 loader, Anda dapat menyalin  data user menggunakan explorer layaknya windows yang terinstal di hardisk system windows laptop.



Setelah Data User Laptop diamankan dengan cara dibackup, barulah mulai untuk instal ulang windows. Hati-hati dalam proses instal, jangan sampai Anda salah pilih Drive, akibatnya bisa fatal seluruh data dalam Drive terpilih akan hangus karena terformat.

Untuk cara instal ulang laptop menggunakan windows 10 Original Microsoft silahkan simak tutorial sebelumnya yang berjudul: Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru



Laptop Acer Z476-31TB yang sebelumnya mengalami masalah error windows masuk mode Automatic Repair  ketika di hidupkan sudah normal kembali dengan cara Instal Ulang Windows.

Demikianlah Panduan Cara Mengatasi Laptop yang tiba-tiba masuk mode Automatic Repair Windows ketika dinyalakan. Semoga bisa menjadi solusi bagi Anda yang dihadpakan pada masalah yang sama, terima kasih telah berkunjung. Bantu suport Blog Berbagi Tutorial Online dengan like Fanspage, Subcribe dan share.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.