Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Tips Blogger Pemula Cara Menulis Artikel Blog di Google

    Tips Blogger Pemula. Untuk dapat menghasilkan Artikel atau konten postingan Blog yang berkwalitas sehingga SEO Friendly, enak dibaca, rapih, fast loading, dan bisa bersaing dengan artikel atau konten postingan Blog Kompetitor di halaman 10 besar hasil penelusuran pengguna Google sehingga mendatangkan banyak pembaca perlu adanya teknik penulisan yang baik dan benar.

    Sampai dengan saat ini masih banyak terjadi kesalah pahaman Blogger Pemula dalam hal pengelolaan blog yang benar-benar bisa mendatangkan banyak pembaca. Banyak yang beraganggapan bahwa untuk dapat memperoleh traffik blog yang tinggi adalah dengan cara membuat artikel atau konten postingan sebanyak-banyaknya, melakukan optimasi yang berlebihan, share artikel ke media sosial secara brutal sehingga banyak yang pada akhirnya Blog terkenal pinalti dianggap spam dan diblokir tidak bisa lagi membagikan dan mempromosikan artikel yang di publikasikan di Aplikasi Media Sosial misalnya seperti Facebook, Twitter dan Instagram.


    Membuat dan menulis artikel atau konten postingan blog sebenarnya tidak hanya sekedar menulis kemudian mempublikasikannya. Perlu adanya teknik atau metode penulisan tertentu yang baik dan benar agar artikel atau konten postingan yang dibuat lebih disukai oleh Google dan Penggunanya. Konten postingan yang dibuat secara asal tanpa memperhatikan kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar akan berujung menjadi sampah. Rajin update dengan membuat konten postingan blog secara rutin namun Blog tetap saja bertraffik rendah karena sedikit pembacanya. Itu tandanya ada yang salah dalam pengelolaan Blog, Pelajari dan Analisa untuk memperkirakan kesalahan apa saja yang telah diperbuat, metode apa saja yang tidak tepat sehingga mengakibatkan hal tersebut bisa terjadi. Bisa saja kesalahan itu berawal dari kesalahan teknik atau metode penulisan konten postingan.
    Baca Juga: 12 Kesalahan Umum Metode Penulisan Konten Postingan Blog

    Tips Blogger Pemula Cara Menulis Artikel Blog di Google

    Berikut ini beberapa Tips Blogger Pemula dan cara menulis Artikel Postingan di Blog yang baik dan benar bagi Blogger Pemula untuk menghindari kesalahan cara penulisan konten postingan yang sering dilakukan oleh Blogger Pemula.

    1. Tentukan dan Buat Fokus Keyword Postingan

    Langkah pertama dari Tips Blogger Pemula, yang harus dilakukan sebelum memulai membuat dan menulis konten postingan blog adalah menentukan target keyword.


    Misalnya Anda ingin membuat postingan dengan pembahasan Tips seputar cara menulis konten postingan blog bagi blogger pemula. Maka Anda bisa menggunakan Riset Keyword utama "Tips Blog" kemudian akan muncul Keyword Turunan dari Keyword Tips Blog seperti tampak pada screenshot di bawah ini:


    Ada 2 Kombinasi Keyword dengan nilai pencarian dan perkiraan CPC yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan kombinasi keyword lainnya yaitu: Tips Blog dan Tips Blogger Pemula.


    Kemudian karena Anda ingin membahas cara penulisan konten postingan blog maka Anda harus mencoba riset Keyword lain lagi untuk digabungkan dengan ke 2 kobinasi keyword yang sudah di dapat sebelumnya. Misanya Anda menggunakan riset kata kunci "Cara Menulis Blog"




    Nah sekarang anda sudah mendapatkan 3 Fokus keyword Tips Blog, Tips Blogger Pemula, dan cara menulis di blog. Yang nantinya dapat digunakan untuk bahan membuat judul dan deskripsi postingan. Gunakan Keyword Tools Geratis seperti Ubersuggest's, KwFinder, KeywordTool.io, Keyword Finder, dan lain sebagainya untuk mendapatkan keyword yang berkuwaliatas.

    2. Tentukan dan Buat Judul Konten Postingan Berdasarkan Fokus Keyword

    Langkah penting kedua dari Tips Blogger Pemula, setelah Anda mendapatkan dan menargetkan Fokus Keyword dari Konten Postingan yang akan dibuat adalah mementukan judul konten postingan berdasarkan fokus keyword. Jika tadi Anda sudah mendapatkan 3 Fokus keyword yaitu Tips Blog, Tips Blogger Pemula, dan cara menulis di blog. Langkah selanjutya adalah menggabungkan 3 fokus keyword tersebut menjadi sebuah judul postingan yang menarik dengan susunan kata yang tepat. Judul Konten Postingan dari Kombinasi keyword tersebut adalah Tips Blogger Pemula Cara Menulis Artikel Postingan di Blog.




    Dengan cara ini Judul Postingan Anda sudah lebih berkwalitas, hasil dari kombinasi keyword dengan volume pencarian cukup tinggi namun rendah pesaing. Peluang konten postingan muncul di halaman 10 besar hasil penelusuran Google pun sangatlah besar dan mudah untuk ditargetkan.

    3. Tentukan dan Buat Deksripsi Konten Postingan Berdasarkan Fokus Keyword

    Langkah ketiga dari Tips Blogger Pemula, setelah Anda menentukan Fokus keyword sebagai target, kemudian membuat judul postingan dari kobinasi beberapa keyword dengan volume pencarian tinggi namun tingkat persaingan rendah. Langkah selanjutnya adalah menentukan dan membuat deksripsi postingan. Hal ini penting untuk dilakukan, dengan adanya cuplikan deskripsi dari judul konten postingan dapat menarik minat membaca terhadap konten postingan Anda.


    Teknik pembuatan Deskripsi konten postingan pun tidak jauh berbeda dengan cara membuat judul postingan dengan tetap mempertahankan dan menggunakan kombinasi keyword agar antara judul dan deksripsi saling berkaitan.


    Deskripsi sendiri merupakan penjelasan singkat dari judul konten postingan yang mewakili isi dari pembahasan konten postingan yang panjang lebar. Sehingga pengguna sebelum membaca secara keseluruhan sudah mengerti dan memahami topik pembahasan yang dibahas dalam sebuah konten postingan blog.

    4. Menulis Konten Postingan minimal 300 kata dengan menyelipkan/menebar fokus keyword di setiap paragraf

    Langkah ke Empat dari Tips Blogger Pemula, setelah Judul dan Deksripsi Konten Postingan dibuat langkah selanjutnya adalah memulai menulis konten postingan yang berisi penjelasan dan penjabaran judul beserta deskripsi yang telah dibuat sebelumnya.


    Sertakan gambar pendukung bila diperlukan untuk memperjelas pembahasan dan juga untuk membuat konten postingan lebih menarik dan tidak terlalu terkesan monoton berupa teks saja. Konten postingan yang hanya berupa teks panjang cenderung membuat pembaca merasa letih membaca, cepat bosan dan pada akhirnya lebih cepat menutup halaman. Usahakan gunakan fokus keyword dalam setiap paragraf pembahasan agar konten postingan lebih terarah dan padat kata kunci atau keyword.

    5. Menentukan dan Membuat Label Postingan sebelum dipublikasikan

    Langkah Kelima dari Tips Blogger Pemula, Memberikan label pada konten postingan blog adalah hal yang perlu dilakukan. Dengan adanya Label postingan maka Google akan lebih mudah memahami niche atau kategori postingan.


    Label juga berfungsi untuk memisahkan dengan mengklasifikasn konten berdasarkan kategori antara postingan satu dengan yang lainnya, sehingga pembaca atau pengjung blog akan lebih mudah mencari konten postingan yang dibutuhkan berdasarkan label.

    6. Menentukan dan memperhatikan URL Postingan sebelum dipublikasikan

    Langkah Keenam dari Tips Blogger Pemula. Memperhatikan susunan atau kombinasi kata pada URL postingan yang akan dipublikasikan sangatlah penting agar URL postingan lebih SEO Friendly. Pada kenyataannya banyak website penyedia site audit menyatakan bahwa URL yang tidak SEO Friendly akan cenderung sulit untuk dipahami oleh mesin perayap seperti Google. URL postingan dinyatakan tidak SEO Frindly apabila mengandung unsur tanda baca seperti !,@,(), &, *, #, dkk.


    Meskipun URL postingan akan terbentuk dengan sendirinya alangkah baiknya apabila susunan kata pada URL disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan tidak mengandung kata-kata yang terpotong sehingga bisa lebih SEO Friendly.

    7. Mengisi kolom Deksripsi Postingan sebelum dipublikasikan

    Langkah Ketujuh dari Tips Blogger Pemula, Deskripsi yang ditulis pada kolom deksripsi Setelan Entri Postingan baru akan ditampilkan di hasil penelusuran sebagai cuplikan isi dari sebuah konten postingan blog.



    Meskipun Google akan mengambil cuplikan atau deskripsi secara otomatis ketika kolom Deskripsi pada Setelan Entri dikosongkan. Alangkah baiknya apabila kolom deskripsi pada Entri Postingan diisi terlebih dahulu dan tidak membiarkannya kosong. Dengan memberikan cuplikan deskripsi pada kolom deskripsi setelan Entri Postingan secara manual maka Deskripsi Konten Postingan yang ditampilkan di hasil penelusuran pengguna Google akan lebih tepat dan SEO Friendly.

    8. Menggunakan Alat Bantu SEO Content Analysis

    Langkah Kedelapan dari Tips Blogger Pemula, Dengan menggunakan Alat Bantu SEO Content Analysis akan mempermudah Anda yang masih berstatus Blogger Pemula belum banyak pengalaman dan mengetahui teknik penulis konten postinganblog dalam membuat konten postingan blog yang SEO Friendly. Meskipun dengan menggunakan SEO Content Analysis tidak menjamin konten benar-benar SEO Friendly, paling tidak kwalitas konten postingan blog akan lebih baik bila dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Salah satu Website penyedia SEO Content Analysis geratis yang dapat dijadikan pedoman penulisan bagi Blogger Pemula Adalah SEO Review Tools.



    Anda bisa membaca postingan saya sebelumnya yang membahas bagaimana cara menggunakan Conten Analysis-SEO Review Tools  dengan Judul: Cara Menulis Konten SEO dengan SEO Review Tools

    Demikianlah Tips Blogger Pemula dan Cara Menulis Artikel Blog di Google yang baik dan benar sehingga Anda bisa terhindar dari kesalahan-kelasahan dalam penulisan konten postingan yang banyak dilakukan oleh Blogger Pemula tanpa meraka sadari. Terima kasih telah berkunjung, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi Anda.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: