Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Alternatif Cara Menghindari dan Mengatasi Masalah Insomnia

    Insomnia adalah masalah gangguan susah tidur ditandai dengan adanya gejala gelisah dan sering terbangun ketika tidur di malam hari, sulit untuk tidur meskipun sudah tidak melakukan aktivitas apapun padahal tubuh merasa sangat Lelah dan juga mengantuk.



    Insomnia merupakan masalah yang harus dihindari oleh siapapun, karena dengan tidur terlarut malam atau tidur dengan waktu yang singkat akibat insomnia membuat tubuh kita akan tetap merasa Lelah dan letih ketika bangun tidur dipagi hari. Padahal fungsi dari tidur itu sendiri adalah untuk mengistirahatkan tubuh sehingga bugar Kembali ketika bangun tidur.


    Sering tidur terlarut malam dan atau tidur dengan waktu yang singkat akibat Insomnia juga dapat menurunkan Kesehatan dan daya tahan tubuh bahkan jika berlarut-larut dapat menyebabkan jatuh sakit. Dimana tubuh kekurangan istirahat sementara di siang hari banyak aktivitas sehari-hari yang melelahkan.



    Waktu istirahat atau tidur sendiri secara umumnya agar tubuh tetap sehat minimal adalah 2 – 3 Jam dengan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas yang dimaksudkan disini adalah kondisi tidur yang benar-benar rilek dan pulas serta tepat pada waktunya. Tidur dengan dengan jangka waktu yang lama tidak menjamin bahwa tidur tersebut merupakan tidur yang berkualitas.

    Dalam Islam dikenal adanya sholat tengah malam (tahajud) dan juga sholat subuh lebih awal serta anjuran untuk tidur setelah shalat subuh. Hal ini menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk tidur sebenarnya tidak perlu terlalu lama dimana banyak yang beranggapan dan mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk istirahat tidur idealnya antara 7 – 8 Jam.

    Berdasarkan penyebab dan waktu terjadinya Insomnia diklasifikasikan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

    • Insomnia primer merupakan gangguan sulit tidur yang tidak dipengaruhi oleh tingkat Kesehatan tubuh. Insomnia ini tidak berbahaya dan semua orang pasti pernah mengalaminya.
    • Insomnia sekunder merupakan Insomnia yang terjadi akibat adanya gangguan Kesehatan misalnya dalam kondisi sakit tertentu sehingg tidak memungkinkan penderita untuk dapat tidur dengan mudah karena menahan rasa sakit yang dideritanya.
    • Insomnia akut merupakan Insomnia yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat dan pada waktu tertentu disebabkan adanya kegelisahan dan atau memikirkan sesuatu yang sedang atau akan dijalani seperti tidak bisa tidur karena memikirkan orang dekat yang sedang dirawat di rumah sakit.
    • Insomnia kronis merupakan Insomnia yang terjadi dalam jangka waktu lama atau panjang berlangsung selama beberapa hari, minggu, bahkan bulan akibat dari adanya trauma atau kondisi psikologis yang tidak stabil.

    Faktor Penyebab timbulnya masalah insomnia yang umumnya dialami orang penderita Isomnia adalah Kegelisahan, Kecemasan, Stres, Kondisi Lingkungan yang tidak memungkinkan untuk bisa tidur dengan nyaman seperti ketika terjadi konflik perang.

    Untuk mengatasi masalah Isomnia pada umumnya ada 2 cara, yang pertama adalah dengan meminum obat tidur atau obat penenang yang sifatnya kimiawi dan yang kedua adalah dengan cara-cara alami seperti meminum ramuan obat herbal tertentu atau melakukan Teknik tertentu untuk mengatasi ganggungan Isomnia.

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya Isomia yang diambil dari beberapa sumber informasi kesehatan online:

    Ciptakan Gaya dan Pola Hidup Sehat

    Gaya dan Pola Hidup sehat dapat mempengaruhi Kesehatan seseorang. Dengan Gaya hidup sewajarnya tidak memaksakan diri dan menyesuaikan diri dengan kemampuan akan membuat hidup lebih mudah, Rilek dan Enjoy karena tidak perlu berfikir ekstra keras setiap hari yang bisa membuat Anda Lelah dengan Gaya Hidup diluar kemampuan. Pola hidup sehat juga dapat mempengaruhi Kesehatan orang, terutama menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolah raga. Tubuh yang sehat cenderung akan merasa lebih nyaman dan segar sehingga tidurpun menjadi mudah dan nyaman.

    Buat Kebiasaan Tidur Tepat Pada Waktunya

    Pola tidur yang teratur dan menyesuikan waktu yang tepat untuk tidur dapat memudahkan seseorang untuk menjalani rutinitas hidup sehari-hari. Secara tidak langsung tubuh akan seperti memiliki jadwal dan menyesuaikan dengan sendirinya. Dimana di jam-jam bisanya Anda tidur, disaat itulah Anda akan merasa sangat ngantuk dan mudah untuk tertidur dan sebaliknya di jam-jam Anda melakukan aktivitas pekerjaan Anda dapat bekerja secara maksimal dan tidak terganggung dengan permasalahan ngantuk ketika bekerja.

    Buat Suasana Kamar Tidur yang Aman dan Nyaman

    Suasana kamar yang aman dan nyaman dapat membantu seseorang untuk mudah istrihat dan tidur sehingga terhindar dari masalah Isomnia. Kamar yang bersih dan nyaman serta aman dari gangguan orang lain yang mungkin saja bisa mengganggu Anda ketika hendak terlelap tidur. Pastikan tidak ada yang akan mengganggu waktu tidur Anda, sering mengalami gangguan tidur terkadang justru membuat kepala pusing dan juga susah untuk tidur Kembali.

    Hindari Tidur Siang atau Sore Hari untuk Anda yang Insomnia

    Menghindari istirahat tidur di siang atau di sore hari bagi anda yang sering mengalami masalah Insomnia adalah hal yang penting dan perlu dilakukan. Umumnya orang yang tidur di siang atau di sore hari di malam harinya akan lebih kuat dan tahan dari rasa ngantuk sehingga susah untuk tidur diawal jam istirahat tidur malam, kebanyakan justru keblabasan dengan kegiatan bergadang karena tidak bisa tidur akhirnya melakukan aktivitas yang tidak begitu penting yang pada akhirnya tidur larut malam dan pagiharinya bangun kesiangan, masih merasa ngantuk dan badan terasa Lelah.

    Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Susah Tidur

    Menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan susah tidur bagi penderita Insomnia adalah penting. Karena tidak semua orang merasa kebal dengan makanan terntentu seperti minum kopi dan makan-makan yang mengandung kafein. Banyak orang mengatakan dan merasa susah tidur ketika meminum kopi pada waktu yang mendekati jam istirahat tidur malam.

    Rutin Berolahraga Pagi dan Sore Hari

    Dengan rutin berolahraga tubuh akan menjadi sehat dan diyakini dapat meminimalisir terjadinya Isomnia. Dimana banyak orang mengatakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Jiwa Sehat disini maksudnya adalah jiwa yang kuat menghadapi masalah-masalah penyebab strees yang merupakan faktor pemicu terjadidnya Isomnia.

    Mengakhirkan Makan Malam

    Pada umumnya ketika seseorang dalam kondisi kenyang akan mudah sekali merasa ngantuk. Seperti ketika di Bulan Suci Ramadhan dimana ketika berbuka setelah sehari menahan haus dan lapar semangat untuk makan sangatlah menggebu-gebu aneka makan dan minuman yang rasanya ingin semuanya dimakan akibatnya perut akan merasa sangat kenyang.

    Dalam kondisi perut Kenyang seperti ini banyak orang yang tiba-tiba saja merasa ngantuk dan untuk menunggu waktu shalat wajib apalagi sholat sunnah saja sangatlah berat. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa agar mudah tidur akhirkan makan malam, makanlah diwaktu mendekati jam tidur 15 menit atau 30 menit sebelum tidur agar anda lebih cepat merasa ngantuk dan tidur pada waktunya.

    Memfokuskan Diri untuk Tidur dan Menghindari Aktivitas yang Tidak Terlalu Penting

    Ketika sudah memasuki waktu istrihat atau jam tidur dimana hari semakin larut malam. Berhentilah untuk melakukan aktivitas yang tidak penting seperti online di media social atau mengakhiri pekerjaan yang bisa ditunda dan dikerjakan di esok hari serta memfokuskan diri untuk istrihat. Dengan cara ini Anda akan mudah untuk tertidur dan terhindar dari Isomnia. Jauhkan Handphone Android Anda dengan meletakkannya di luar kamar atau menonaktifkan Handphone, matikan lampu kamar dan apabila anda tidak terbiasa tidur diruang gelap gunakan lampu redup atau tutup lampu agar tidak terlalu terang.

    Berwudhu dan Berdo'a Sebelum Tidur

    Melakukan Wudhu dan Berdo'a sebelum tidur merupakan tata cara tidur yang diajarkan khusus bagi pemeluk agama islam. Sebelum tidur alangkah baiknya membaca surat-surat pendek dan membaca do'a khusus tidur sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW agar terhindar dari gangguan Jin dan Syaiton yang bisa saja menjadi penyebab gangguan susah tidur. Dari sekian banyak tips cara mengatasi Insomnia yang terdengar paling mudah namun sangat sulit dan berat untuk dipraktikan adalah poin satu ini.

    Demikianlah Tips Cara Menghindari dan Mengatasi Masalah Insomnia atau lebih dikenal dengan Gangguan Susah Tidur pada Anak-Anak, Remaja, dan Lansia. Silahkan dipraktikkan dan semoga anda terhindar dari Insomnia, ingat tidur tidak perlu lama yang terpenting yang dan yang anda butuhkan adalah tidur yang berkwalitas. Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: