Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Tips Cara Menghindari dan Mengatasi Jerawat Batu Meradang

    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang timbul di area wajah pada umumnya. Masalah Jerawat timbul diakibatkan oleh adanya masalah pori-pori wajah tersumbat sel-sel kulit mati dan terjebaknya bakteri di dalamnya sehingga mengakibatkan adanya infeksi oleh bakteri yang membuat kulit wajah merah dan membengkak bahkan terjadi peradangan kulit wajah.



    Masalah jerawat memang tidak bisa dihindari oleh siapapun, setiap orang semasa hidupnya pasti pernah mengalami masalah ini. Namun untuk jenis jerawat yang dialami setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada 2 jenis jerawat yang umumnya pernah dialami oleh setiap orang, yang pertama jerawat pasir dan yang kedua adalah jerawat batu. Keduanya sangatlah mengganggu penampilan dan sangat-sangat tidak nyaman. Apabila sampai berlarut-larut dapat mengungrai tingkat kepercayaan diri seseorang.

    Ciri-Ciri Jerawat Batu Penyebab Peradangan Kulit Wajah

    Berikut ini beberapa ciri-ciri dari munculnya Jerawat Batu yang dapat menimbulkan masalah Peradangan pada Area Kulit Wajah:
    • Kulit tiba-tiba terasa nyeri dan memar berwarna kemerahan
    • Muncul Benjolan yang cukup besar, kulit terasa tebal keras selang beberapa jam atau hari kemudian
    • Komedo jerawat yang biasanya berwarna putih atau kekuningan muncul dalam jangka waktu yang lama dan tidak begitu terlihat
    • Benjolan Jerawat semakin hari semakin membentkak dan timbul Nanah saat jerawat sudah benar-benar matang dan waktunya pecah.

    Faktor Penyebab Timbulnya Masalah Jerawat Batu Meradang

    Jerawat batu pada umumnya menjadi masalah kulit yang paling banyak dialami pada usia remaja dimana pada masa remaja produksi homon androgen yang merupakan faktor pemicu timbulnya masalah jerawat cukup tinggi, sehinga ketika sel-sel kulit mati yang tidak terangkat ketika membersihkan muka menyumbat pori-pori.

    Belum lagi adanya bakteri dan keringat yang terjebak di dalam pori-pori kulit yang tersumbat menambah intensitas terjadinya infeksi bakteri cukup tinggi penyebab timbulnya masalah jerawat. Selain itu ada faktor lain penyebab jerawat batu diantaranya: penggunaan kosmetik yang tidak tepat, atau tidak cocok dengan jenis kulit, kurang memperhatikan dan menjaga kebersihan, penanganan masalah jerawat yang salah, serta faktor keturunan.

    Tips Menghindari Masalah Jerawat Batu Meradang

    Berikut beberapa tips untuk menghindari timbulnya masalah jerawat terutama jerawat batu yang meradang yang bisa Anda coba di rumah secara mandiri:
    1. Mencuci muka di pagi hari dan sore hari saat mandi atau ketika melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak keluar keringat di wajah menggunakan sabun cuci muka khusus seperti biore, pons, dan lainnya.
    2. Rutin Membersihkan muka menggunakan pembersih muka khusus terutama untuk menghilangkan bekas make-up dan kotoran dan debu yang menempel di wajah.
    3. Hindari memencet-mencet jerawat yang baru saja muncul dan belum menunjukkan tanda-tanda jerawat akan pecah karena dapat mengakibatkan luka dan infeksi dan pembengkakan.
    4. Hindari makanan dengan kadar lemak yang tinggi yang dapat memicu timbulnya masalah jerawat seperti kacang-kacangan serta mengkonsumsi telur ayam ras ketika masalah jerawat mulai menyerang.
    5. Hindari terlalu sering terkena terik matahari bagi Anda dengan jenis kulit wajah yang mudah berminyak yang cenderung memiliki masalah timbul jerawat lebih cepat.
    6. Hindari berganti-ganti atau mencoba-coba produk kosmetik kecantikan yang belum jelas dan teruji khasiatnya. Sebaiknya cari informasi efek dari penggunaannya dengan bertanya kepada orang-orang yang lebih dulu mencobanya.

    Cara Mengatasi Masalah Jerawat Batu Meradang
    Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengobati jerawat batu meradang di wajah. Diantaranya adalah dengan meminum obat-obat jerawat yang bisa dibeli di toko-toko obat dan Apotik atau dapat juga dengan menafaatkan obat herbal alami yang tersedia di sekitar kita.

    Cara Mengobati Jerawat Batu Meradang Dengan Obat Kimiawi

    1. Benzoyl peroxide

    Benzoil peroksida merupakan salah satu obat jerawat batu dengan cara kerja menyerap oksigen dalam pori-pori kulit sehingga bakteri yang ada di dalanya mati kehabisan oksigen dan memudahkan dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

    2. Asam Salisilat

    Asam Salisilat merupakan obat dengan sifat eksfolian yang dapat digunakan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu mempercepat proses pemecahan jerawat serta mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

    3. Sulfur

    Sulfur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kadar minyak di kulit yang berlebih, mencegah pori-pori kulit tersumbat sel kulit mati, dan bersifat antibakteri.

    4. Retinoid Topical

    Retinoid dipercaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah peradangan kulit area wajah akiabt dari adanya jerawat batu. Cara kerjanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit sehingga kotoran dan minyak keringat dapat keluar dan masalah jerawat menjadi berkurang.

    5. Isotretinoin

    Isotetrionin merupakan salah satu obat jerawat rekomendasi dokter yang sangat efektif mengatasi jerawat batu meradang yang cukup parah dengan menekan produksi kelenjar minya pada kulit yang berlebihan serta mengobati peradangan kulit akibat jerawat batu. Penggunana obat ini terkadang dapat menimbulkan efek samping bagi penggunanya seperti mual-mual dan muntah.

    6. Antibiotik

    Antibiotik merupakan obat jerawat khusus untuk mengatasi masalah jerawat yang disertai dengan infeksi kulit. Berfungsi membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat dan infeksi kulit bernanah.

    7. Spironolactone

    Spironolactone bekerja dengan cara menghambat produksi hormon androgen pada kelenjar minyak di kulit Anda. Obat ini biasanya diberikan pada remaja perempuan jika antibiotik oral tidak mendatangkan hasil.


    Cara Mengobati Jerawat Batu dengan Cara Herbal Alami

    1. Lidah Buaya

    Kandungan Polifenol pada Lidah Buaya dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat Batu apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara memanfaatkan Gel Lidah Buaya sebagai masker wajah selama beberapa puluh menit.

    2. Putih Telur

    Kandungan enzim lysonzim pada putih telur dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat batu apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara memanfaatkan putih telur diberi tambahan air perasan lemon secukupnya kemudian mengoleskannya ke wajah sebagai masker selama beberapa puluh menit.

    3. Bawang Putih

    Kandungan Zat sulfur pada Bawang Putih dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara menumbul bawang putih hingga halus kemudian jadikan sebagai masker wajah selama beberapa puluh menit.

    4. Madu

    Madu yang sejak dulu dikenal sebagai obat herbal alami yang bermanfaat untuk mengatasi aneka macam penyakit juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat batu. Caranya adalah dengan mengoleskan madu di area kulit wajah yang bermasalah dengan jerawat selama beberapa puluh menit secara rutin dan berkala.

    5. Buah Mentimun

    Kandungan Anti Oksidan, Asam Amin dan Juga Vitamin pada Mentimun dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara memotong timun tipis-tipis kemudian tempelkan pada area kulit wajah yang bermasalah dengan jerawat batu.

    6. Buah Lemon

    Kandungan Zat Asam Askorbat pada Mentimun dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu dan juga menghilangkan flek hitam bekas jerawat apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara mengambil sari lemon untuk dioleskan di area wajah yang berjerawat selama beberapa puluh menit.


    7. Buah Tomat

    Kandungan Vitamin A dan C pada Tomat dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara memotong tomat tipis-tipis kemudian menempelkan irisan tomat pada area kulit wajah yang bermasalah dengan jerawat batu selama beberapa puluh menit.

    8. Buah Pepaya

    Kandungan Papain pada Pepaya dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu dan mengangkat sel-sel kulut mati yang menutupi pori-pori kulit wajah dengan cara mengiris papaya tipis-tipis atau ditumbuk halus kemudian dioleskan di area wajah yang berjerawat selama beberapa puluh menit. Pastikan papaya dicuci bersih dan bebas dari getah yang bisa menyebabkan rasa gatal di kulit.

    9. Alpukat

    Kandungan Vitamin E pada buah Alpukat dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu khususnya mengurangi rasa nyeri dan peradangan kulit akibat adanya Jerawat batu dengan cara menumbuk halus buah alpukat kemudian diolehkan di area wajah yang berjerawat sebagai masker wajah selama beberapa puluh menit.

    10. Pasta Gigi

    Kandungan zat hydrogen, fluorin dan triclosan pada pasta gigi dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah iritasi kulit yang ditimbulkan oleh Jerawat batu dan meredakan peradangan kulit akibat adanya Jerawat batu dengan cara mengoleskan pasta gigi di area kulit yang lebam dan meradang karena jerawat batu selama beberapa puluh menit.

    11. Kulit Jeruk

    Kandungan Vitamin A dan C serta Flavonoid pada Kulit Jeruk dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu dengan cara menumbuk halus Kulit Jeruk yang telah dikeringkan dengan cara dijemur kemudian diberi sedikit air agar lumat. Jadikan sebagai masker wajah selama beberapa puluh menit.

    12. Daun Sirih

    Kandungan Zat Antibaktrial pada Dauh Sirih dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu agar kulit lebih steril dan bebas dari kuman serta Bakteri penyebab jerawat batu dengan cara menumbuk menggosok-gosok daun sirih sampai lemas dengan kedua belah tangan kemudian jadikan sebagai masker wajah selama beberapa puluh menit.

    13. Cuka Apel

    Kandungan Zat Antiseptik pada Cuka Apel dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah Jerawat batu dan membunuh bakteri penyebab jerawat apabila digunakan secara rutin dan berkala dengan cara mengoleskan cuka apel secukupnya ke area wajah yang berjerawat selama beberapa puluh menit.

    14. Es Batu

    Es Batu bermanfaat untuk mengurang irasa nyeri dan memar yang ditimbulkan oleh pembengkakan jerawat batu. Caranya adalah dengan mengompres area kulit yang meradang akibat timbulnya jerawat menggunakan es batu hasilnya area kulit yang memar akan seperti mati rasa dan jerawat batu akan berangusur-angsur mengempes.

    Demikianlan Uraian pengertian, ciri-ciri dan faktor penyebab timbulnya masalah jerwat batu serta tips bagaimana menghindari dan mengatasi masalah jerawat batu menggunakan obat kimiawi dan obat herbal alami yang dapat anda coba sendiri secara mandiri di rumah. Apabila masalah jerawat batu tidak kunjung hilang atau bahkan sebaliknya semakin parah segeralah memeriksakan diri ke Dokter Kulit untuk mengetahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: