Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown dan Restart Windows 10

Beberapa hari yang lalu untuk pertama kalinya saya mendapatkan Job service Laptop merk HP dengan kendala atau masalah tidak bisa di dimatikan alias Shutdown dan juga tidak bisa direstart melalui tombol akses start dan juga menggunakan kombinasi tombol keyboard Alt+F4 dan Ctrl+Alt+Del. Sehingga untuk mematikan laptop tersebut harus secara paksa manual melalui tombol power ON-OFF.

Tentunya ini merupakan masalah yang harus segera di atasi, dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena apabila Laptop terlalu sering dimatikan paksa menggunakan tombol power sangatlah beresiko rusaknya hardware laptop terutama Hardisk, dan juga resiko System Windows Error karena mati mendadak. Sebelum melakukan tindakan perbaikan, tentunya saya mencoba membuktikan apa yang menjadi keluhan pelanggan saya, dan ternyata benar Laptop tersebut tidak bisa dimatikan melalui Start - Power - Shutdown ataupun di restart melalui menu Start - Power - Restart. Berikut ini dokumentasinya:



Setelah saya coba bertanya ke sana sini melalui Grup WhatsApp khusus perkumpulan Teknisi Komputer dan Laptop serta mencari informasi melalui searching Google, hal ini disebabkan karena hilangnya atau rusaknya file Regysteri yang berkaitan dengan system mematikan dan atau menghidupkan ulang laptop di windows itu sendiri. Bisa karena inveksi Virus atau kesalahan pengguna yang menyebabkan hilang atau rusaknya file system regysteri Laptop tersebut.

Awalnya saya ingin mencoba memperbaiki Laptop tersebut tanpa harus menginstall ulang, banyak informasi beredar dengan memperbaiki file Regysteri masalah komputer atau laptop tidak bisa dimatikan bisa teratasi, misalnya menggunakan software CCleaner. Namun ketika saya hendak menginstal Aplikasi Cleaner Pro di laptop tersebut, akses windows explorer sangat sulit, laptop blank not responding ketika saya mencoba menjalankan Installer CCleaner. Sudah berkali-kali dicoba dan ditunggu tidak membuahkan hasil.

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jalan pintas yaitu dengan cara Install Ulang Windows menggunakan master Installer Windows 10 Update Terbaru yang dapat diperoleh secara gratis secara resmi dan langsung dari Microsoft. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan Windows 10 Original Microsoft secara Gratis dapat membaca Artikel saya sebelumnya yang berjudul: Cara Download Master ISO Windows 10 Original Microsoft


Hasilnya setelah saya lakukn install ulang, Alhamdulillah Laptop kembali normal bisa di Shutdown dan Restart melalui Menu Start - Power.


Berikut ini dokumentasi vidio hasil test Laptop kembali normal setelah dilakukan Install Ulang Windows 10



Baca Juga: Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengatasi Laptop dan Komputer Tidak Bisa Shutdown dan atau Restart Windows 10 dengan cara Install Ulang. Namun langkah pertama sebelum melakukan Install Ulang Windows yang bisa Anda coba terlebih dahulu adalah memperbaiki File Regysteri yang mungkin bisa menjadi alternatif tercepat untuk mengatasi masalah tersebut dibandingkan dengan harus menginstal Ulang Windows beserta aplikasi tambahannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.