Tips Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Ngelag

Masalah Laptop Lemot dan Suka Ngelag merupakan suatu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Laptop terutama Pengguna Laptop dengan Spek Standar. Laptop Spek standar disini yang saya maksudkan adalah Laptop dengan type Processor yang masih sekelas Intel Pentium 4, dual core atau coretwoduo yang mana biasanya secara standar pabrikan hanya dibelakali RAM dengan Kapasitas 2GB. 

Keyword: cara agar laptop tidak ngelag, cara membuat laptop tidak lag, cara agar laptop tidak ngelag saat main game, cara agar laptop tidak lag windows 10, cara membuat laptop agar tidak ngelag, cara agar laptop tidak ngelag saat bermain game, cara agar laptop tidak lag windows 7, cara mengatasi laptop agar tidak ngelag

Laptop Spek standar (kentang) memang lebih laris manis di kalangan masyarakat, karena harga belinya cukup sedang antara 3 sampai 4 jutaan saja. Namun sesuai dengan harganya tentunya performa yang didapatkan juga akan setara, dimana harga menentukan kwalitas barang.

Bagi kalian pengguna Laptop Spek standar seperti yang saya maksudkan di atas, dan kalian merasa suka kesel, emosi dan galau ketika Laptop kalian pakai untuk bekerja, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah atau main game. 

Bagi kalian pencinta ngegame disini saya akan berbagi beberapa tips sederhana bagaimana cara mengatasi dan membuat laptop agar tidak ngelag demgam optimasi system windows.

1. Install Aplikasi Seperlunya

Salah satu cara untuk mengatasi dan mebuat laptop agar tidak lemot dan mudah ngelaq adalah dengan hanya menginstall aplikasi yang seperlunya sesuai dengan yang dibutuhkan dan jangan berlebihan menginstall Aplikasi yang sebenarnya tidak begitu kalian perlukan atau jarang dipakai tertutama Aplikasi-Aplikasi Editing Gambar dan Video yang dari kapasitas size installernya saja sudah besar seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop yang membutuhkan ruang penyimpanan HDD dan Kapasitas RAM yang cukup besar. 

Semakin banyak Aplikasi yang diinstall tentunya akan semakin besar kapasitas penyimpanan HDD dan RAM yang terpakai. Dimana akan banyak aplikasi yang berjalan di background tanpa kalian sadari. Apalagi Laptop kalian hanya dibekali kapasitas RAM yang hanya 2GB saja, banyak aplikasi maka kapasitas RAM akan terkuras dan kinerja/Performa Laptopmu akan menurun. 

2. Jangan Gunakan Laptop Multi-Tasking

Menjalankan beberapa atau banyak Aplikasi secara bersamaan merupakan salah satu kesalahan yang dapat mempengaruhi kinerja kecepatan laptop. Apabila kalian sedang main game atau editing gambar atau video maka kurangi penggunaan Aplikasi, tutup saja aplikasi yang tidak perlu. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan memory RAM yang tentunya sangat mempengaruhi kinerja System Windows Laptop untuk menghindari yang namanya Laptop Lemot dan ngelag. 

3. Install Antivirus Seperlunya

Memasang Antivirus tambahan Windows memang suatu hal yang penting untuk dilakukan, untuk melindungi system windows laptop dari serangan virus yang bisa saja menginveksi dan merusak system windows beserta file-file dokumen penting kamu. Namun jangan berlebihan dalam menginstall Antivirus tambahan, sebaiknya gunakan 2 Antivirus saja. 

Antivirus Internasional perlu diinstall untuk melindungi system windows laptop dari serangan virus go Internasional seperti Eset Nort, 360 Internet Security, Avast dan Antivirus Internasional lainnya. Anvirus Lokal untuk melindungi system windows laptop dari serangan virus lokal seperti Smadav. 

Semua Antivirus akan berjalan di background system dan mengawasi semua pergerakan aplikasi yang berjalan, apabila ada program atau aplikasi yang terindikasi virus maka secara otomatis akan dicekal. Namun apabila antivirus tambahan yang kalian gunakan berlebihan, tentunya akan memakan banyak kapasitas RAM yang mengakibatkan Laptop Lemot dan bahkan Ngelag karena kinerja Windows Menurun. 

Atau bisa juga jangan menginstall Antivirus Tambahan, namun pilihan ini tentunya ada resikonya. Sebagai konsekuensinya Windows Laptop kalian akan rentan tertular dan terivensi virus apalagi kalin sering colok-colok flashdisk dan atau browsing internet. 

4. Hapus Aplikasi yang Tidak diperlukan

Apabila Laptop kalian sudah terlanjur diinstall banyak Aplikasi sedangkan banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kalian butuhkan segera uninstall saja aplikasi yang tidak pernah dipakai. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban penggunaan Memory Hardisk dan RAM sehingga ketersediaan Memory HDD dan RAM bertambah besar, efeknya System Windows Laptop akan berjalan lebih ringan. 

5. Hindari menyimpan data File di Drive System C

Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan Drive Penyimpanan HDD yang juga berpengaruh terhadap kinerja laptop adalah dengan meminimalisir penggunaan Ruang Penyimpanan Hardisk System C. Apabila Kapasitas Hardisk System C sudah mendekati maksimum pemakaian (penuh) maka kinerja System Windows Laptop akan menurun karena memerlukan proses yang cukup lama untuk meload semua data yang tersimpan di dalamnya. 

Maka dari itu hindari kebiasaan menyimpan data-data di dalam hardisk system C seperti di My Dokumen, My Musik, My Video dan Dekstop. Sebaiknya data disimpan di Drive Penyimpanan Khusus misanya di Drive D yang dikhususkan untuk menyimpan data. Manfaat lainnya adalah apabila system windows menggalami kendala error atau blank Anda tidak perlu melakukan backup data yang tersimpan di Drive System C sebelum Install Ulang, 

6. Upgrade RAM

Salah satu komponen komputer atau laptop yang mempengaruhi peforma kecepatan kinerja System Windows dan Aplikasi tambahan adalah RAM. Dimana fugnsi RAM adalah menyimpan hystory setting Aplikasi yang sedang berjalan. Semakin Banyak Aplikasi yang diinstall dan di jalankan secara bersamaan dalam rentan waktu yang sama maka diperlukan banyak ruang RAM. 

Dengan menambah kapasitas RAM yang misalnya dari 2GB menjadi 4GB atau 16GB secara tidak langsung dan signifikan akan menambah performa kecepatan kinerja system windows sehingga kemungkinan Laptop lemot atau  ngelag akan terminimalisir. 

7. Ubah memori HDD ke SSD

Saat ini penggunaan HDD sudah mulai berkurang, banyak pengguna Laptop dan komputer mulai beralih menggunakan Drive Penyimpanan berupa SSD. Dimana kecepatan load data dan system SSD diklaim 5x lebih cepat daripada Hardisk Biasa. Selain dari segi bentuknya yang lebih minimalis dan ringan, berdasarkan informasi untuk usia SSD lebih baik dari pada HDD karena SDD sudah tidak lagi menggunakan piringan cakram yang sangat cocok digunakan di daerah dengan jaringan listrik yang sering pemadaman mendadak. 

Salah satu faktor yang mempercepat kerusakan hardisk itu sendiri terutama type HDD adalah Komputer atau Laptop sering mati mendadak bisa karena pemadaman Listrik, Batrai Drop atau sering dimatikan paksa melalui tombol power. Namun untuk harga SSD sendiri 2x lebih mahal dibandingkan hardisk biasa (HDD). 

8. Gunakan Windows Sesuai Spek Laptop

Penggunaan Jenis Windows pada Laptop sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan kenyamanan Laptop saat digunakan. Saya rekomendasikan untuk menggunakan Windows menyesuaikan spek komputer kalian, apabila Laptop Kalian masih menggunakan RAM 2GB dam type Processor sekelas dualcore maka lebih cocok menggunakan Windows 7. 

Namun untuk keluaran Laptop terbaru saat ini hampir semua sudah menggunakan Windows 10 dari pabrikan yang terkesan terlalu dipaksanakan. Apabila Laptop kalian masih bisa diinstal Windows 7 maka gunakan windows 7. Namun apabila tidak memungkinkan karena tidak support Windows 7 maka kalian bisa melakukan Optimasi Windows 10 dengan cara berikut: Cara Membuat Windows 10 Ringan di Komputer & Laptop Spek Kentang

9. Install Ulang Windows

Apabila ke-8 Tips di atas sudah kalian lakukan dan terapkan namun Laptop tetap lemot dan suka ngelag itu berarti kemungkinan besar dipengaruhi oleh system windows itu sendiri yang mungkin karena pemakaiannya yang sudah cukup lama perlu dilakukan penyegaran system. 

Mungkin saja system windows mengalami error ringan, namun tidak secara langsung menimbulkan efek windows fatal error. Biasanya dengan melakukan Install Ulang, Laptop yang sebelumnya lemot dan suka ngelag bisa kembali normal dan enak dipakai. 

Demikianlah Beberapa  Tips Cara Membuat dan Mengatasi Laptop Lemot agar Laptop Tidak Mudah Ngelag ketika dipakai untuk kerja atau main game. Semoga bisa menjadi bahan reverensi bagi kalian yang sedang mencari tips seputar meningkatkan kinerja laptop yang lemot dengan spek kentang. 


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.