Cara Membuat Bootable Installer Windows 11 Flashdisk

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara Install Windows 11 pada Komputer dan Laptop, namun saya belum sempat memberikan tutorial cara membuat master bootble installer Windows 11 Flashdisk menggunakan Rufus.

Maka dari itu disini saya akan membagikan langkah-langkah cara membuat Master Bootable Installer Windows 11 Flashdisk menggunakan Aplikasi Rufus yang paling mudah untuk dipraktikkan.

Cara Membuat Bootable Windows 11 Flashdisk Dengan Rufus

Berikut ini Panduan Tutorial Cara Mudah membuat Master Bootable Installer Windows 11 Flasdisk menggunakan Aplikasi Rufus: 
  1. Siapkan Flashdisk minimal 8GB 
  2. Download Rufus V.2.18 dan Download Windows 11 Original Microsoft
  3. Colokan Flasdisk lalu Jalankan Aplikasi Rufus
  4. Pastikan Flasdisk sudah terdeteksi dan terbaca Aplikasi Rufus bisa dilihat pada opsi Device
  5. Pada Opsi Partition Scheme and target system type Pilih GTP Partition scheme for UEFI
  6. Pada Opsi File System biarkan Default FAT32
  7. Pada Opsi Cluster Size biarkan Default 4096 byptes
  8. Pada New Volume Label bisa diubah sesuka hati
  9. Load file ISO Windows 11 melalui icon Piringan DVD di sebelah ISO Image
  10. Klick Start dan tunggu proses sampai selesai
  11. Done, Test Bootable Windows 11 Flashdisk
Pastikan Setting pada Aplikasi Rufus sesuai dengan Sreenshot di atas, dan jangan sampai salah memilih flashdisk apabila ada lebih dari 1 device flasdisk yang terhubung dengan komputer kalian untuk menghindari hilangnya data. Karena pada proses ini Flasdisk akan diformat ulang secara total.

Informasi Tambahan: Apabila saat Anda mencoba Update Windows 10 ke Windows 11 secara langung menggunakan File ISO Windows 11 atau pada saat mencoba Install Windows 11 muncul error The PC Must Support TPM 2.0 cara mengatasinya adalah dengan mereplace file appraiserres.dll yang ada di folder Sources menggunakan file appraiserres.dll Replacer. Copy  File appraiserres.dll dan .DS_Store dan paste (Replace) ke Folder Sources.

Setelah Anda coba Replace file appraiserres.dll dan mencoba jalankan ulang Installer Windows 11 ternyata muncul error lain maka solusinya adalah kembali mereplace file appraiserres.dll di folder sources dengan appraiserres.dll dari file ISO Windows 11.

Demikianlah Panduan Tutorial bagaimana cara mudah membuat Master Bootable Installer Windows 11 Flasdisk menggunakan Aplikasi Rufus yang bisa kalian coba praktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.