Cara Install Windows 11 Komputer & Laptop

Kabar Gembira bagi pengguna Windows wacananya Microsoft akan mengumumkan sistem operasi Windows 11 yang baru pada tanggal 24 Juni 2021, sebagaimana dikonfirmasi dari akun twitter resmi Windows. Sementara Microsoft Event 2021 hanya beberapa hari dari sekarang, dan yang menghebongkan build pengembang Windows 11 pertama telah bocor. 



Windows 11 menampilkan antarmuka pengguna baru, menyegarkan desain Windows 10 yang lebih lama. Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah logo boot Windows 11 baru itu sendiri dan juga logo awal yang baru. Kedua, tema putih telah berubah menjadi warna kebiruan dan juga mendukung banyak tema bawaan termasuk mode gelap, Ikon bilah tugas sekarang disejajarkan ke tengah termasuk opsi menu mulai. OS baru juga menghadirkan ikon, bentuk, dan font baru.

Di sini Anda dapat mengunduh file ISO Windows 11 yang merupakan output file asli yang bocor dari Microsoft sebagai beta tester dan mencobanya di PC atau laptop Anda secara gratis. Tetapi Anda perlu tahu apakah di Windows 11 beta tester ini mungkin masih memiliki bug dan juga fitur yang masih tidak lengkap.

Windows 11 memiliki tampilan yang sangat elegan dan minimalis jika dibandingkan dengan Windows 10. Meskipun kita tahu jika Windows 10 sudah memiliki tampilan yang elegan, tetapi Windows 11 ternyata memiliki tampilan yang lebih elegan dibandingkan dengan Windows 10.

Posisi menu Mulai Windows sekarang di area tengah taskbar yang membuatnya lebih menyenangkan untuk dilihat. Kemudian komposisi warna dan templat yang disajikan juga sangat memanjakan mata kita. Kemudian di Windows 11, Anda juga akan melihat fitur baru di Windows Explorer, yaitu opsi Tampilan Tab pada fitur maksimal. Jadi di sini Anda dapat melihat beberapa tab langsung dari 1 layar penuh. Kemudian untuk beberapa fitur lain juga tidak kalah keren.

Cara Install Windows 11 Build 21996.1 Komputer dan Laptop

Untuk prosedur Install Windows 11 Komputer dan Laptop sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan cara install komputer dan laptop menggunakan Windows 10. Berikut ini langkah-langkah Install Windows 11 bagi Anda yang ingin mecobanya:

Pertama silahkan Download ISO Windows 11 Build 21996.1
Setelah selesai download langsung saja buat Bootable Installer Windows 11 menggunakan Flashdisk minimal 8 GB mengigat size ISO Windows 11 adalah sekitar 4.5GB. Bagi Kalian yang belum tau cara membuat Master Bootable Installer Windows menggunakan Flashdisk silahkan Simak:Cara Membuat Master Bootable Installer Windows 10 FlashDisk

Kemudian setelah selesai membuat Master Bootable Installer Windows 11 Flashdisk, langkah selanjutnya adalah menginstall Komputer atau Laptop kalian menggunakan Bootable Installer Windows 11 yang telah kalian buat. Cara dan step-stepnya hampir sama dengan cara install Windows 10. Bagi kalian yang belum tau cara Install Windows silahkan simak tutorial berikut ini:Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru

Seperti Biasa setelah Komputer atau Laptop Kalian berhasil booting melalui Master Bootable Installer Windows 11 Flashdisk, pilih Bahasa dan Pengaturan Waktu Lalu Klick Next

Checklist Persetujuan Windows 11 Requidmen and Microsoft Software License Terms, Lalu Klick Next

Pilih Country atau Region sesuai dengan negara tempat Anda Tinggal, Lalu Klick Yes

Pilih Keyboard Layout atau Keyboard Input method sesuai dengan Bahasa yang Anda gunakan, lalu Klick Yes

Pilih Set Up For Personal Use, Lalu Klick Next

Lalu Tunggu Proses Install sebagaimana biasanya












Berikut ini beberapa Cuplikan Tampilan Windows 11













Untuk Komputer atau Laptop yang belum Support UEFI agar dapat menginstall Windows 11 caranya:
  1. Buat Bootable Windows 10 di Flashdiks menggunakan Rufus 
  2. Jika Sudah, Copy File "Install.wim/esd" Windows 11 (Directori: E:\sources\install.wim/esd) ke dalam file bootable flashdisk Windows 10 (Direktori: G:\Sources) 
  3. Replace install.wim/esd

Baca Juga: Cara Membuat Master Bootable Installer Windows 11 Flashdisk
Itulah Tutorial Singkat bagaimana cara menginstall Windows 11 pada Komputer dan Laptop yang bisa Anda Coba Praktikkan. Apabila Anda berminat ingin mencicipi Windows 11, segera download File ISO Windows 11 Build 21996.1 sebelum Link Download mati.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.