Cara Daftar BPJS Kesehatan Via Pandawa Online

Saat ini untuk pendaftaran BPJS Kesehatan sudah tidak lagi dilayani secara offline di Kantor Cabang BPJS, calon peserta BPJS Kesehatan akan diarahkan untuk mendaftar secara online melalui Aplikasi WhatsApp dengan menghubungi Tim Pandawa.

Berbeda dengan metode pendaftaran kepersetaan BPJS kesehatan melalui Aplikasi JKN KIS sebelumnya yang tidak membutuhkan Rekening Tabungan Bank, untuk pendaftaran BPJS melalui Aplikasi Pandawa WhatsApp, calon peserta diwajibkan untuk membuat Rekening Tabungan Bank terlebih dahulu, bisa Bank BRI, BNI, Mandiri atau BCA.

Adapun syarat-syarat yang perlu dipersiapan sebelum memulai proses pendaftaran BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Pandawa WhatsApp yaitu:

  1. Foto Selfie Peserta dengan menunjukkan KTP di samping wajah (Pastikan seluruh wajah terlihat tanpa menggunakan masker / kacamata hitam / topi). Foto selfie dapat dilakukan oleh peserta yang bersangkutan atau keluarga yang ada dalam 1 (satu) Kartu Keluarga.
  2. Foto KTP
  3. Foto Kartu Keluarga
  4. Foto Bagian depan buku tabungan BNI/BCA/Mandiri/BRI
  5. Memilih iuran: Kelas 1 Rp 150.000,-/orang/bulan, Kelas 2 Rp 100.000,-/orang/bulan, kelas 3 Rp 35.000,-/orang/bulan
  6. Nomor Handphone
  7. Menyebutkan nama Faskes yang dipilih
  8. Setelah persyaratan lengkap akan didaftarkan, dan bersedia mendaftar autodebet ke bank yang dipilih
Persyaratan tersebut dikirim melalui Whatsapp paling lambat 30 menit sejak direspon. Apabila pengiriman foto persyaratan melebihi batas waktu tersebut, maka harus mengulang proses layanan melalui Whatsapp ADMIN Pandawa di nomor 081318819104.

Setelah semua persyaratan di atas siap, langsung saja kirim pesan ke nomor Pandawa, contohnya ketik saja DAFTAR BPJS. Maka akan ada balasan secara otomatis yang memberikan link formulir pendaftaran BPJS kesehatan. Silahkan anda klick link tersebut dan isi Formulir Pendaftarannya.

Setelah selesai mengisi dan mengkonfirmasi pengiriman formulir pendaftaran tidak lama akan ada Tim dari Pandawa yang menghubungi melalui pesan whatsApp seperti tampak ada sreenshot di bawah ini:

Silahkan lengkapi persyaratan data yang diminta oleh Tim Pandawa melalui pesan WhatsApp, apabila syarat-syarat telah dipenuhi dan dianggap sudah layak dan memenuhi syarat maka proses pendaftaran akan berhasil dan mendapatkan pesan seperti berikut ini

Anda juga akan mendapatkan Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:

Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan tanggal yang telah diinformasikan melalui transfer Bank atau Gerai Alfa Mart, setelah selesai membayar tagihan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan maka status Kepesertaan BPJS Kesehatan akan Aktif dan bisa digunakan.

Untuk cara cetak kartu BPJS Kesehatan sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Free Template. Akhir kata terima kasih telah mengunjungi Berbagi Tutorial Online.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.