Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Free Template

Saat ini untuk pendaftar keanggotaan baru peserta BPJS Kesehatan tidak lagi dilayani secara offline akan tetapi calon peserta harus mendaftar secara online melalui aplikasi JKN KIS dan WhatsApp Pandawa. Sayangnya untuk pendaftaran melalui Aplikasi JKN KIS sudah tidak lagi diberlakukan, calon peserta BPJS kesehata saat ini harus mendaftar melalui WhatsApp Pandawa.

Disini saya akan membagian tutorial bagaimana cara mencetak Kartu Indonesia Sehat atau kartu Peserta BPJS Kesehatan secara mandiri. Dimana untuk saat ini pendaftar peserta BPJS secara online tidak mendapatkan Kartu Peserta secara fisik dan hanya mendapatkan Kartu tanda Kepesertaan BPJS Kesehatan secara digital seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:

Untuk dapat mencetak Kartu Peserta BPJS Kesehatan yang kita butuhkan adalah desain atau template Kartu BPJS Kesehatan yang bisa Anda download DISINI dan data kartu Peserta BPJS Kesehatan yang bisa anda lihat pada Aplikasi JKN KIS. Apabila belum memiliki akun Aplikasi JKN KIS silahkan register terlebih dahulu.

Setelah Anda download silahkan ekstrak dan buka file Template menggunakan Aplikasi CorelDraw. Ubah dan susuaikan data mengikuti data yang ada pada Kartu Peserta pada Aplikasi JKN KIS.

Setelah selesai mengubah dan menyesukan data Kartu BPJS Kesehatan sesuai dengan data dari Aplikasi JKN KIS langkah selanjutnya Ekstrak atau Ekspor file hasil kerja. Jangan lupa untuk mengubah persentase Quality ke 100% agar hasilnya tidak buram atau blur alias pecah.

Kita dapat mencetak Kartu BPJS Kesehatan hasil editing menggunakan Aplikasi CorelDraw melalui Aplikasi Adobe Photoshop. Sesuaikan (crop) ukuran Kartu menjadi 5.5 mm x 8.5 mm dan cetak menggunakan media kertas foto atau kertas PVC agar hasilnya mirip dengan kartu BPJS Kesehatan pada umumnya.


Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Via Pandawa Online

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Cetak Kartu Peserta BPJS Kesehatan secara mandiri bagi peserta pendaftar BPJS kesehatan secara online baik itu melalui aplikasi JKN KIS atau WhatsApp Pandawa.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.