Cara Install Ulang Windows 10 Pakai Flashdisk Tanpa CD

Beberapa netbook dan Laptop terbaru belakangan ini mayoritas memakai sistem operasi Windows 10. Bahkan juga ada banyak netbook dan laptop yang hanya didukung windows 10. Sama seperti yang dirasakan rekan saya, ia ingin menukar sistem operasi Windows 10 di netbooknya dengan Windows 7 atau dibawahnya, tetapi rupanya tidak bisa.

Pada dasarnya saat sebelum kita awali meng-install Windows 10, baik pada netbook, Laptop atau PC, seharusnya perhatikan banyak hal. Tidak hanya memastikan memahami tutorial dan cara langkah installnya, tetapi juga beberapa hal pendukung yang dapat menghalangi teknis penginstallan Windows 10. Janganlah sampai saat sedang proses install ternyata masih ada piranti yang kurang.

Apa beberapa hal yang penting jadi perhatian sebelum meng-install Windows 10 pada notebook ataupun laptop diantaranya:

Pastikan battery netbook atau laptop di atas 50%

Pastikan netbook atau Laptop yang diinstal terbebas dari resiko mati di tengah-tengah proses install. Oleh karenanya pastikan kecukupan battery atau sumber daya listriknya sesaat akan meng-install.

Jika memang dirasakan perlu setop contact, ya siapkan di dekat perangkat netbook atau Laptop yang hendak diinstal. Bila perlu UPS karena kawatir listrik padam secara mendadak, ya persiapkan UPS. Karena proses install Windows 10 ini memerlukan waktu lebih kurang 30 menit. Bahkan juga bisa lebih, bergantung performnce perangkat yang hendak kita install dengan Windows 10.

Master Installer Windows 10

Master Installer Windows 10 dapat berbentuk DVD atau disimpan dalam flashdisk. Bila file berbentuk DVD, karena itu pastikan perangkat netbook atau Laptop yang hendak diinstal mempunyai hardware yang memberikan dukungan untuk membaca file berbentuk DVD. Ada VCD/DVD drive-nya. Bisa gunakan yang portable bila memang terpaksanya harus gunakan drive portable.

Tetapi, sepertinya di jaman saat ini telah jarang-jarang gunakan DVD drive untuk proses install beberapa program computer. Sekarang ini beberapa software program computer dapat secara mudah kita peroleh lewat internet. Tinggal unduh, taruh di drive, lalu pakai. Bahkan juga gratis.

Terhitung software Windows 10 ini yang bisa juga kita peroleh secara mudah di internet. Tinggal unduh saja, gratis. Bagi Anda yang belum mengerti cara mendapatkan File ISO Windows Sepuluh Silahkan Baca Postingan Sebelumnya yang berjudul Cara Download Windows 10 ISO Original 21H1 Gratis 

Mungkin ada banyak kembali beberapa hal yang penting jadi perhatian selain ke-3 point di atas. Semua bergantung keperluan masing-masing. Namun untuk ke-2 hal di atas janganlah sampai terlewati dari penyiapan sebelum melakukan proses Install Windows

Kita mengetahui jika saat ini lebih banyak piranti netbook yang tidak mempunyai hardware DVD drive. Dan semua netbook atau Laptop pasti mempunyai port USB yang dapat kita pakai untuk menghubungkan dengan flashdisk. Nach, bagaimanakah cara instal Windows 10 dengan flashdisk?

Yang perlu dilaksanakan pertama ialah membuat bootable Windows 10 pada flashdisk. Selain flashdisk bisa juga gunakan microSD dengan card reader. Kita hanya perlu perangkat computer seperti netbook atau Laptop, flashdisk, dan file Windows 10 untuk membuatnya. Dengan catatan kapasitas flashdisk atau microSD yang kita gunakan ialah memiliki ukuran minimum 8 GB. Karena besarnya file Windows 10 sekitaran 4 GB lebih.

Untuk file software yang penting dipersiapkan, diantaranya: Rufus versi portable dan Windows 10 dalam format file ISO. Bila belum mempunyai file Windows 10, silahkan unduh memakai Windows ISO Downloader. Untuk cara download File ISO Windows 10 Original Microsoft silahkan baca postingan sebelumnya yang berjudul: Cara Download Master ISO Windows 10 Original Microsoft

Sampai tahapan ini saya kira rekan-rekan telah mempunyai file Rufus dan Windows 10. Hingga saya akan berlanjut ke cara seterusnya, yakni membuat bootable Windows 10 di flashdisk.

  1. Pertama, hidupkan netbook atau Laptop
  2. Pastikan file Rufus dan Windows 10 telah disimpan di netbook atau Laptop
  3. Hubungkan flashdisk atau microSD ke netbook.
  4. Double click pada file rufus.exe. Lakukan aplikasinya. Pada opsi ‘Create a Bootable Disk Using' click pada gambar CD, lalu akan terbuka jendela baru. Tentukan file Windows 10 dengan pola ISO yang telah disimpan di drive netbook awalnya. Selanjutnya click ‘Open' untuk mlanjutkan.
  5. Pada kolom ‘Device' tentukan flasdisk yang kita hubungkan ke netbook barusan. Selanjutnya pada kolom ‘Partition scheme and sasaran sistem tipe' tentukan ‘GPT partition scheme for UEFI' dengan catatan, bootable ini nanti akan kita lakukan pada computer baru atau yang belum terinstal Windows sama sekali. Bila nanti kita akan instal Windows 10 pada computer lama atau instal ulang, maka opsi partition scheme kita ganti ke opsi ‘MBR partition scheme.'
  6. Selanjutnya kolom ‘File system' isikan dengan opsi ‘FAT32', dan kolom ‘Cluster size' isikan dengan opsi standar saja. Untuk kolom ‘new value label' dapat kita tuliskan "Windows 10" sebagai nama file yang nanti disimpan di flashdisk.
  7. Ke enam, click ‘Start' dan sesudah selesai, maka flashdisk kalian siap untuk dipakai untuk menginstal Windows 10 di netbook atau Laptop. Selanjutnya click ‘Close' untuk tutup program Rufus.

Begitupun dengan Rufus, bila belum mempunyai dapat unduh di web resminya rufus.akeo.ie atau searching Google ada banyak blogger yang juga telah membagikannya secara geratis.

Untuk lebih jelasnya cara membuat master bootable installer Windows 10 Flashdisk menggunakan Aplikasi Rufus sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Master Bootable Installer Windows 10 FlashDisk atau Cara Membuat Multi Master Bootable Installer Windows 7 & 10 All in One

Mengganti Boot Priority pada BIOS

Untuk dapat meneruskan proses Instal Windows 10 dengan Flashdisk. Kita harus mengganti lebih dahulu boot priority pada BIOS di netbook atau PC yang hendak kita instal. Turuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Hubungkan flashdisk yang telah kita isikan dengan bootable Windows 10 ke port USB netbook atau Laptop yang hendak kita instal.
  2. Hidupkan netbook atau PC dengan memencet tombol power.
  3. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol ESC pada keyboard atau tombol F2, F4, F8, F9, atau F12, bergantung masing-masing netbook. Umumnya tiap netbook atau PC mempunyai langkah yang lain untuk dapat masuk ke BIOS. Saat sebelum melakukan, yakinkan kalian sudah baca panduannya.
  4. Ganti settingan fokus booting ke flashdisk. Pada opsi pertama, silahkan ganti ke opsi ‘USB' dan settingan yang lain diamkan standar saja. Sesudah usai, silahkan save dan keluar. Karena itu netbook atau PC akan re-start.

Cara Install Ulang Windows  Notebook dan Laptop Pakai Flashdisk Tanpa CD

Sesudah re-start, netbook atau PC mulai akan proses instal Windows 10. Diamkan loading sampai ada sebuah jendela dari Windows yang minta untuk setting bahasa dan waktu untuk computer yang kalian instal. Diamkan saja begitu, lalu click ‘next'.

  1. Pertama, Click ‘Instal Now' untuk mengawali proses seterusnya.
  2. Pada jendela Activate Windows, tentukan saja ‘I don't have active key'
  3. Tentukan sistem Windows yang hendak diinstall. Tentukan saja ‘Windows 10 pro' lalu click ‘Next'
  4. Cheklist ‘I accept the licence term' lalu click ‘Next'
  5. Pada jendela akan ada dua opsi, ‘Upgrade' dan ‘Custom', tentukan ‘Custom'. Tujuan dari ‘Upgrade' di sini yaitu bila kita akan mengupdate sistem lama sama yang baru tanpa hapus program dan tanpa mengganti file yang berada di netbook atau PC. Dan opsi ‘Custom' ini kita pilih saat akan memasang Windows yang baru pada netbook atau Laptop.
  6. Seterusnya kalian harus membuat partisi penyimpanan file untuk netbook atau PC. Langkahnya: click ‘Drive 0' selanjutnya click ‘New' selanjutnya kalian buat drive C. Isilah kolom size sesuai ukuran drive yang diharapkan. Upayakan untuk Drive C minimum 40.000 MB. Kemudian click ‘Apply' click ‘Ok'.
  7. Sesudah partisi Drive C usai dibuat, click ‘Drive 0 unallocated space' lalu click ‘New' lalu click ‘Apply.' Drive ini yang nanti bisa menjadi Drive D pada netbook atau PC. Jika kalaian ingin membagikan kembali jadi dua partisi, silahkan dibikin secara sama seperti pada atas. Hingga kelak di netbook atau PC bakal ada Drive C, D, E dan sebagainya sesuai jumlah partisi yang kalian buat.
  8. Ttentukan partisi Drive C tadi kalian buat, lalu click ‘Next' karena itu proses instal windows 10 mulai akan jalan. Proses ini umumnya akan memerlukan waktu beberapa saat. Kalian nantikan saja. Bila proses usai, karena itu netbook atau Laptop akan re-start sendiri.
  9. Tahapan seterusnya di proses instal Windows 10 ialah pengaturan dasar Windows pada netbook atau Laptop. Di sini ada dua opsi yang ditawarkan oleh Windows. Ada opsi ‘Use Express Settings' dan ‘Customize' yang tercantum pada jendela. Opsi ‘Use Express Settings' ini bila kalian ingin memakai pengaturan automatis dari Windows.
  10. Umumnya settingan akan dibikin standar. Bila kalian ingin atur settingan dasar sendiri, silahkan tentukan ‘Customize' untuk atur sesuai kemauan.
  11. Tetapi, ada pula jendela Windows langsung menyuguhkan opsi dasar pengaturan. Umumnya akan ada opsi "region" untuk seting awalnya. Silahkan tentukan Negara tempat kalian tinggal sat ini. Selanjutnya click ‘Yes' untuk meneruskan. Lantas click ‘US' untuk opsi keyboard lay-out, lalu click ‘Yes' untuk meneruskan. Selanjutnya click ‘Skip' untuk opsi second lay-out, opsi connect internet.
  12. Setelah itu seting identitas pemilik PC. Tuliskan nama kalian atau pemiliki PC, click ‘Next'. Tuliskan sandi yang kalian harapkan, atau diamkan kosong saja bila tidak mau membuat perlindungan PC anda dengan sandi, lalu click ‘Next.'
  13. Pada penataan Privasi Seting dapat terus memakai standar saja, lalu click ‘Accept.' Nantikan beberapa saat, karena itu windows 10 telah usai terinstal di netbook atau PC kalian. Seterusnya tinggal instal driver simpatisan yang diperlukan. Seperti driver wifi, VGA, dan lain-lain.

Bingung dengan penjelasan di atas? Untuk cara Install Ulang Laptop atau Komputer menggunakan Bootable Windows 10 Flashdisk sudah pernah saya jelaskan secara lengkap pada postingan sebelumnya yang berjudul: 

  1. Panduan Cara Install Windows 10 NoteBook Tanpa CD ROM
  2. Cara Install Windows 10 Laptop Tanpa Masuk Bios
  3. Cara Install Ulang Windows 10 Original Bawaan Laptop
  4. Panduan Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Update Terbaru

Di panduan ini kami tidak membahas bagaimana triknya memasang driver pendukungnya, Anda dapat membaca pada postingan sebelumnya yang berjudul: Panduan Cara Instal Driver Laptop dengan WanDrv Itiankong 2020 atau Cara Menggunakan Snappy Driver Installer

Keyword: cara install ulang windows 10 pakai flashdisk, cara install ulang windows 10 tanpa cd, cara instal ulang windows 10, cara install ulang windows 10 dari bios, cara install windows 10 tanpa flashdisk, cara install ulang windows 10 dengan cd, cara install ulang windows 10 rufus, cara install windows 10 dari windows 7

Ada saatnya netbook atau Laptop yang telah terinstal Windows 10 mengalami masalah atau berasa performanya kurang terasa lemot. Nach, dalam masalah ini terkadang jalan keluarnya adalah instal ulang Windows menjadi jalan terbaik.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.