Cara Pengisian DRH PPPK Guru Tahap 1 2 3 Lengkap

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Guru Honorer yang telah mengikuti seleksi penerimaan PPK Guru dan dinyatakan lulus seleksi penerimaan Calon PPPK Guru tahap 1, 2 dan 3 selanjutnya adalah melakukan pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) melalui Website SSCASN secara Online.

Baca Juga: Cara Daftar Akun Aplikasi Rojana RSJD Lampung

Berikut ini saya bagikan Panduan Tutorial Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup DRH PPPK Guru Tahap 1, 2, dan 3 lengkap disertai dengan gambar dari awal sampai dengan selesai konfirmasi akhiri proses pengisian DRH.

Baca Juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja PPPK Guru

Langkah Pertama Silahkan Login Akun di Website SSCASN 2021 menggunakan NIK dan Pasword Akun yang telah dibuat sebelumnya. Direkomenasikan untuk menggunakan Browser Mozila Firefox atau Google Chrome.

Setelah berhasil login akan muncul halaman Resume Pendaftaran Calon ASN, gulir ke halaman bawah cari dan temukan Opsi Pengisian Daftar Riwayat Hidup.

Muncul Jendela Biodata dan Alamat Domisili, silahkan dicek data yang sudah terisi otomatis dan juga isikan kolom yang perlu Anda isikan secara manual, pastikan data yang anda inputkan sesuai dengan data pada Dukcapil dan Dapodik.

Setelah selesai mengisi dan melengkapi Form di atas, Klick Selanjutnya untuk melanjutkan Proses pengisian DRH PPPK Guru.

Muncul Jendela Pendikan di dalam dan luar negeri, silahkan Anda lengkapi riwayat pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi sesuai dengan data yang ada di Ijazah masing-masing. Info tambahan: Untuk Tempat Ijazah menggunakan Nama Kabupaten/Kota sesuai di Ijazah

Tambahkan Riwayat Kursus apabila Anda pernah mengikuti Kursus tertentu yang dibuktikan dengan adanya sertifikat kursus. Klick Selanjutnya untuk melanjutkan proses pengisian DRH PPPK Guru

Muncul Jendela Pengisian Riwayat Pekerjaan, Tanda Jasa/Penghargaan, dan Prestasi. Silahkan ditambahkan Riwayat Pekerjaan, Penghargaan dan Prestasi Anda apabila Ada, Klick Selanjutnya untuk melanjutkan proses pengisian DRK PPPK Guru

Info tambahan: Riwayat pekerjaan diisi dengan riwayat mengajar sesuai dengan SK Guru Honorer dari TMT awal sampai dengan saat ini, pastikan TMT awal dan TMT akhir tidak terputus, perbaiki SK apabila tidak sesuai atau terjadi kesalahan tanggal jatuh pada hari minggu

Form Riwayat Pekerjaan terdiri dari isian sebagaimana tampak pada sreenshot di bawah ini:

Form Riwayat Penghargaan terdiri dari isian sebagaimana tampak pada sreenshot di bawah ini:

Form Riwayat Prestasi terdiri dari isian sebagaimana tampak pada sreenshot di bawah ini:

Selanjutnya Anda masuk ke Jendela Informasi Istri/Suami, Anak, Orang Tua Kandung, Saudara Kandung dan Mertua.


Silahkan Klick Selanjutnya apabila Anda telah selesai mengisi/menambahkan data Riwayat Istri/Suami, Anak, Orang Tua Kandung, Saudara Kandung dan Mertua berdasarkan Kartu Keluarga. Info tambahan: Untuk Anggota keluarga saudara kandung, orang tua, mertua yang meninggal khusus NIK dan No KK dikosongkan

Kemudian Masuk ke Jendela Keterangan Orgasasi, Silahkan masukkan data sesuai yang diminta berkaitan dengan SKCK, Surat Keterangan Bebas Napza dan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani.


Info Tambahan:
  • Bila Anda memiliki lebih dari 1 surat kesehatan (Jasmani dan Rohani dll) dengan nomor berbeda maka masukkan semua nomor surat dan dipisah dengan tanda '/'. HANYA NOMOR SURAT, TIDAK PERLU DIJELASKAN YANG MANA NOMOR SUKET JASMANI ATAU NOMOR SUKET ROHANI;
  • Bila Anda memiliki lebih dari 1 surat kesehatan (Jasmani dan Rohani dll) dengan dokter berbeda maka masukkan semua nama dokter penandatangan dan dipisah dengan tanda '/'. HANYA NAMA DOKTER, TANPA GELAR ATAUPUN JABATAN.
  • Bila Anda memiliki lebih dari 1 surat kesehatan (Jasmani dan Rohani dll) dengan tanggal berbeda maka masukkan tanggal pada surat kesehatan jasmani.
  • Pengisian data Keterangan Lainnya harap dilakukan dengan teliti dan hati-hati karena data yang diisikan adalah data yang digunakan untuk pemberkasan CASN dan tidak dapat diubah setelah anda mengirim Daftar Riwayat Hidup
  • Isilah bagian formulir yang wajib diisi pada bagian "Silahkan Lengkapi Data Anda" (ditandai dengan tanda *)
  • Jika sudah, isilah CAPTCHA berikut di bawah ini dan klik tombol "Selanjutnya"
  • Data anda tidak akan tersimpan bila anda klik tombol "Resume"

Setelah selesai mengisi Keterangan Organisasi Klick Selanjutnya kemudian Cetak DRH Perorangan serta Cetak DRH Riwayat. Cek kembali data yang telah diinput dengan menekan tombol Resume serta cek juga DRH Perorangan dan DRH Riwayat yang telah diprint Out.

Langkah Terakhir silahkan Upload File Dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam screenshot di atas sesuai ketentuan ekstensi dan size file dan jangan sampai salah upload. Setelah semua yakin data yang diinput dan diupload benar Klick Akhiri Proses Pengisian DRH.

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Lengkap Pengisian Daftar Riwayat Hidup DRH PPPK Guru Tahap 1 2 3  disertai dengan gambar dari awal sampai dengan selesai yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengisi DRH PPPK Guru secara mandiri.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.