Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Anda dapat mendapatkan uang dari mana saja, salah satu diantaranya adalah dari blog. Blog bukan hanya sekedar tempat membuat dan mempublikasikan, akan tetapi dapat menjadi salah satu alternatif tempat Anda mendapatkan uang. Anda dapat menghasilkan uang dari Blog dengan beragam langkah, dari endorsement atau yang paling familiar adalah menjadi publisher Google AdSense.

Di artikel ini, disamping belajar langkah menghasilkan uang dari Blog tanpa modal, Anda akan belajar mengenai bagaimana membuat blog. Seperti apakah Blog yang berkualitas? Bagaimanakah cara membuat Blog berkualitas dan mendapatkan uang? Secara lengkap bisa Anda baca dalam artikel ini.

Pertanyaan ini pasti kerap tebersit di kepala Anda. Mendapatkan uang dari Blog merupakan hal yang memungkinkan untuk semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan juga Anda dapat membuat Blog untuk sumber penghasilan tambahan bahkan utama. Berikut cara mendapatkan uang dari Blog geratis untuk pemula.

Sebagaimana telah saya singgung di atas masalah Blog berkualitas. Kenapa Blog berkualitas ini penting dalam menghasilkan uang dari kegiatan Bloging? Karena dengan membuat blog berkualitas Anda dapat mendapatkan uang dari Blog untuk periode waktu lama atau dalam kata lain jangka panjang.

Jadi yang perlu ditegaskan lebih dulu adalah kualitas Blog Anda baru selanjutnya Anda dapat merencakan langkah-langkah menghasilkan uang dari blog. Anda tidak bisa mendapatkan uang dari Blog yang kwalitasnya rendah.

Jadi pastikan kualitas Blog Anda baik terlebih dahulu barulah secara perlahan dimonetisasi untuk mendapatkan uang dari blog. Berikut langkah membuat blog berkualitas dan langkah mendapatkan uang dari Blog untuk pemula:

Blog berkualitas bermula dari platform Blog,  Ada beberapa platform Blog yang dapat Anda jadikan pilihan, mulai dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, sampai WordPress.

Platform Blog yang mana terbaik untuk Anda?

Tiap platform memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Tetapi, bila disuruh untuk memilih, saya anjurkan untuk pemula untuk memilih Blogger alias Blogspot yang 100% Geratis. 

Selesai Anda sukses membuat Blog, sekarang waktunya Anda membuat dan mempublikasikan content yang telah Anda tetapkan topiknya. Buatlah content yang berguna dan menarik dan tentunya banyak memberi manfaat kepada publik pembaca.

Content Anda dapat dikatakan memberi manfaat apabila pembaca memperoleh jalan keluar  atau solusi dari masalah yang mereka hadapi melalui apa yang Anda bagikan. Ingat, saat pembaca mencari sebuah keyword di Google, yang mereka harapkan adalah jawaban yang dapat menyelesaikan permasalahan mereka.

Selain dari pada conten yang memberikan manfaat, Conten Blog Anda juga harus menarik. Banyak Blog yang mengulas satu topik yang serupa. Anda harus dapat menjadi pemenang kompetisi tersebut dengan membuat content yang bermanfaat dan menarik.

Banyak langkah yang dapat dilakukan untuk membuat content Blog menjadi lebih menarik. Pertama, mengambil sudut pandang yang unik. Satu topik dapat diulas dengan beragam sudut pandang. Upayakan mengambil sisi pandang unik yang belum dipakai Blog lain.

Buatlah judul yang inovatif dan menarik atau bahkan memicu emosional pembaca untuk membaca content blog Anda. Judul ialah hal yang pertama kalinya dilihat pembaca. Bila judul tidak menarik, tentu saja calon pemaca tidak akan tertarik untuk membaca Content Blog Anda. Maka pastikan judul artikel Anda inovatif dan menarik.

Tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan menjemukan. Seharusnya tambahkan gambar, photo, contoh, infografik, atau video agar tidak terkesan monoton teks saja.

Pengunjung Blog Anda datang dari beberapa sumber. Salah satunya sumber terbesarnya yaitu penelusuran Google. Maka dari itu, Anda harus punyai kualitas SEO yang bagus untuk menangkap banyak pembaca dari Google.

Beberapa konten yang Anda tulis harus ada minimal di halaman pertama hasil penelusuran Google supaya lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO Content yang baik, Anda memiliki peluang untuk mencapai hal itu, bahkan juga content Anda dapat menempati rangking pertama Google.

Walau bagaimanapun, membuat kualitas SEO tidak bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu yang cukup lama dan proses yang panjang untuk dapat membuat SEO Blog yang berkualitas. Waktu yang lama tidak berarti tidak mungkin jika Anda mengikuti tutorial yang tepat.

Anda dapat pelajari bagaimanakah cara meningkatkan kualitas SEO Blog dengan membaca Tutorial Cara Mengelola Blog dengan mengunjungi Berbagi Tutorial Online, salah satu blog yang membagikan Tutorial Cara Membuat Blog dan Mengelola Blog dari awal sampai dengan bisa dimonetisasi.

Selainnya penelusuran organik, sosial media merupakan media lain yang mempunyai potensi menjadi sumber pengunjung Blog Anda. Anda dapat mencapai semakin banyak calon pembaca Blog dengan memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk mempromosikan content blog Anda.

Ada beragam jenis sosial media yang dapat Anda gunakan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih ada banyak lainnya. 

Mengawali Blog yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu untuk proses belajar yang cukup lama, jadi tidak bisa serta merta bisa langsung menjadi blogger yang profesional. Selain dari itu ada hal yang lebih sulit di kedepannya, yaitu menjaga blog tetap berkualitas baik dari segi tampilan dan contentnya. Meskupun demikian walaupun susah tidak berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Anda harus menjaga stabilitas kualitas Blog untuk selalu memperoleh kepercayaan dari pembaca. Selalu meminta masukan, kritikan, dan saran dari pembaca supaya Anda dapat memahami apa yang penting untuk diperbarui dan dipertahankan dari Blog Anda.

Dengan demikian pembaca akan semakin setia dengan Blog Anda. Dan bukan mustahil mereka akan suka-rela membagikan Blog Anda ke beberapa temannya atau share blog anda di media sosial.

Selesai membuat Blog yang berkualitas, Anda saat ini mulai dapat memikirkan bagaimanakah cara mendapatkan uang dari Blog. Ingat, tanpa Blog berkualitas, Anda tidak dapat menghasilkan uang dari Blog! Jadi pastikan untuk ikuti beberapa langkah di atas terlebih dahulu.

Sekarang waktunya Anda mempelajari bagaimana cara mendapatkan uang dari Blog untuk pemula. Ada beberapa langkah menghasilkan uang dari Blog. Anda dapat pilih satu diantaranya berikut ini:

Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang terpopuler sekarang ini, milik perusahaan besar yakni Google. Layanan ini ditujukan untuk beberapa penerbit/publisher atau pemilik blog menayangkan iklan.

 Adwords dan Adsense pada dasarnya merupakan layanan yang serupa. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menyediakan layanan untuk beberapa advertiser untuk membeli iklan.

Dan untuk penerbit/publisher mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan di Blog mereka dari layanan Adsense. 

Google Adsense memakai algoritme komplek untuk melakukan analisis pada content blog Anda. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai blog Anda. Sebagai contoh, bila Anda mempunyai blog mengenai hewan peliharaan, Andsense akan menampilkan iklan berbentuk promo yang terkait dengan hewan peliharaan.

Bayaran tiap kliknya beragam mulai $0.1 sampai $5 bergantung negara, pesaing antara pengiklan dan artikel yang diulas, untuk indonesia sendiri sekitar $0.01 sampai $5.

Bila Anda ingin mengambil keuntungan dan mengawali menghasilkan uang dari blog dengan menampilkan iklan Adsense, silahkan daftarkan Blog Anda dengan membuat account Adsense. Ini umumnya memakan waktu beberapa saat untuk melakukan proses registrasi.

Kemudian Anda tinggal menunggu e-mail pernyataan dalam sekian hari apakah diterima atau ditolak. Apabila sudah diterima, waktunya Anda memasangkan iklan adsense di Blog.

Kemungkinan Anda sering melihat beberapa blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di content situsnya. Baik itu berbentuk ulasan, unboxing, atau sekedar deskripsi produk.

Apa yang Anda saksikan di beberapa blog itu ialah endorsement. Blogger dapat bekerja bersama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Keuntungannya dapat bermacam, dari uang cash sampai produk gratis. Bergantung persetujuan di antara blogger dan perusahaan.

Anda bisa juga mengaplikasikan langkah ini untuk mendapatkan uang dari Blog. Umumnya perusahaan yang hendak menghubungi Anda lebih dulu untuk mengajak kerja sama. Maka dari itu, pastikan Anda telah membuat blog yang berkualitas supaya makin bertambah perusahaan yang ingin bekerja bersama dengan Anda.

Langkah menghasilkan uang dari Blog yang cukup terkenal yang lain dengan program affiliate. Melalui program ini Anda akan memperoleh komisi setiap ada pengunjung Blog yang lakukan pembelian atau lengkapi data melalui link atau banner affiliate. Jumlah komisi yang didapat berbeda setiap perusahaan. Ada yang memberi komisi 25 %, 50 %, sampai 70 %.

Anda bisa mendapatkan uang dari Blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui Blog, dapat berbentuk produk digital atau produk fisik. Bila Anda mempunyai ketrampilan menulis pembelajaran, Anda dapat membuat e-book untuk dipasarkan. Selainnya jual e-book, untuk Anda yang mempunyai ketrampilan pemrograman, dapat mengawalinya dengan menawarkan program yang Anda buat untuk dipasarkan.

Sedangkan untuk produk fisik, Anda bisa menjual beragam jenis barang. Misalkan Anda mempunyai ketrampilan mengolah, Anda dapat membuat produk camilan dan dipasarkan melalui Blog Anda.

Anda bisa juga mendapatkan uang dari Blog melalui seminar-online. Umumnya langkah ini diaplikasikan oleh blogger-blogger yang telah professional dan paling dipercaya di bidangnya.

Itulah penjelasan yang sedikit panjang lebar mengenai bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula yang bisa anda coba praktikkan untuk memulai profesi bari sebagai blogger. Semoga Artikel ini bisa menginspirasi Anda yang sedang berencana mencari dan memperoleh penghasilan tambahan melalui kegiatan blogging. Salam Blogger Indonesia.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.