Tutorial Cara Optimasi Penghasilan AdSense Blog

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk optimasi meningkatkan penghasilan AdSense Blog, diantaranya Memasang Iklan AdSense dengan ukuran khusus, menempatkan banner iklan pada area yang berpotensi mendapatkan banyak klick, memasang iklan di dalam artikel, mengaktifkan iklan otomatis, dan melakukan filter iklan adsense.

Pada kesempatan ini saya akan membahas cara optimasi meningkatkan penghasilan AdSense Blog dengan cara memfilter iklan advertiser adsense dengan tayangan terbanyak serta dipriotaskan untuk di tinjau berdasarkan nilai BPK dan CPC dari iklan yang dizinkan tayang. Akan ada banyak sekali iklan yang tayang di blog secara acak dari mulai iklan Jenis Gambar, Teks dan dan link serta vidio. Masing-masing iklan tersebut miliki nilai CPC yang berbeda. Ada yang CPC tinggi dan banyak juga Iklan dengan CPC rendah, maka dari itu kita perlu menyaring/memfilter iklan-iklan dengan nilai CPC rendah dengan memblockir iklan tersebut untuk ditayangan di blog, sehingga iklan yang ditayangkan dapat diprioritaskan iklan dengan CPC tinggi.

Saya yakin semua blogger terutama blogger pemula pasti pernah mengalami, dimana klick iklan yang di dapat jumlahnya banyak, bisa puluhan bahkan ratusan akan tetapi penghasilan yang diperoleh tidak sesuai hanya beberapa rupiah atau ribu saja. Seharusnya dengan banyaknya klick iklan yang di dapat, penghasilan yang diperoleh juga lumayan banyak puluhan ribu tidak sebatas ratusan rupiah. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh iklan yang tayang dan mendapatkan banyak klick didominasi iklan dengan nilai BPK dan CPC yang rendah.



Google AdSense sendiri memberikan kebebasan kepada publisher untuk mengelola perizinan penayangan iklan pada blog. Sehingga publisher sendiri bisa menentukan iklan mana saja yang boleh dan tidak boleh tayang, anda sebagai publisher adsense bisa melakukan optimasi dengan hanya mengizinkan iklan dengan CPC dan BPK tinggi yang ditayangankan di blog anda agar penghasilan AdSense meningkat meskipun dengan jumlah klick yang sedikit. Apa gunanya mendapat banyak klick iklan jika ternyata iklan yang tayang dan mendapatkan banyak klick adalah iklan dengan CPC rendah, lebih baik sedikit klick namun tepat sesuai harapan.

Sekarang mari kita praktikkan, pertama-tama buka Dasboard AdSense Anda kemudian cari menu Kontrol Pemblokiran Iklan dan pilih sub menu Pusat Peninjauan.



Akan ditampilkan banyak sekali jenis iklan dari Advertiser AdSense, yang dibagi menjadi 4 bagian:

  • Tayangan Terbanyak adalah iklan dari Advertiser AdSense yang sering ditayangkan di blog anda secara acak setiap kali ada visitor yang berkunjung, mengikuti isi dari postingan atau hystori pencarian browser pengguna.
  • Diprioritaskan Untuk Ditinjau adalah Iklan dari Advertiser AdSense yang dizikan ditampilkan di blog anda namun dengan volume tayangan yang rendah. Google menyarakankan untuk meninjaunya sebelum masuk ke kategori Tayangan Terbanyak
  • Telah Ditinjau adalah iklan yang lulus dari pemblokiran dan diizinkan untuk tayang di blog anda. Jika anda belum pernah sama sekali melakukan filter terhadap iklan AdSense yang ditayangkan di blog anda maka pada tab ini akan kosong karena tidak adanya peninjauan.
  • Diblokir adalah iklan Advertiser AdSense yang dilarang untuk ditampilkan atau lebih tepatnya diblockir yang merupakan hasil dari proses filter/penyaringan iklan.




Untuk memblockir iklan yang menurut Anda memiliki CPC rendah, cukup dengan klick icon Stop di sudut kanan pojok bawah masing-masing banner iklan.



Hasilnya akan tampak seperti screnshot berikut ini, tidak ada gambar atau teks yang merupakan bagian dari banner iklan dan muncul notifikasi Ikan yang diblockir



Dibawah ini adalah jenis iklan mungkin tidak sesuai dengan niche blog anda dan lebih mengarah ke hal yang negatif, jika anda seorang yang religius sebaiknya iklan seperti ini diblockir saja meskipun memiliki peluang mendapatkan banyak click.



Iklan dengan CPC Rendah biasanya di dominasi oleh jenis iklan teks, seperti tampak pada screenshot di atas dan di bawah ini, serta iklan-iklan yang lebih mengarah ke spam.







Iklan yang berisi promosi produk kecantikan, diet, atau obat-obatan kesehatan namun dari segi kata-katanya tidak sesuai dan sulit dipercaya bahkan mustahil merupakan ciri iklan dengan CPC Rendah.









Iklan-iklan yang mirip dengan jenis iklan AdNow dan MGID yang tidak rasional juga merupakan jenis iklan dengan nilai CPC Rendah hanya ratusan rupiah saja.







Iklan-iklan teks yang berasal dari Advertiser individual bukan perusahaan biasanya merupakan iklan dengan CPC Rendah. Alasannya iklan teks bisa dengan mudah dilakukan oleh individu atau perseorangan berbeda dengan iklan Jenis gambar atau GIF yang lebih menarik dan tentunya tidak sembarang orang bisa membuatnya bahkan bujuh jasa pembuat banner iklan khusus dengan bayaran yang fantastik.






Sebaiknya segera blockir iklan-iklan dengan nilai CPC yang rendah seperti yang saya sebutkan dan jelaskan serta saya berikan contohnya di atas agar penghasilan adsense anda meningkat.

Pada Postingan selanjutnya saya akan memberikan Daftar Iklan AdVertiser AdSense CPC Rendah Tahun 2020 dan Tutorial Cara Cepat Blokir Iklan Advertiser AdSense CPC Rendah. Cara di atas merupakan cara manual tentunya anda akan lelah dibuatnya karena jumlah iklan dari AdVertiser AdSense yang ditampilkan halaman kontrol pemblokiran mungkin ratusan dan bahkan ribuan yang harus anda filter dan seleksi satu-persatu.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.