Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Panduan Cara Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja Skill Academy

    Melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu bagaimana cara Daftar Program Kartu Prakerja dan Cara Menghubungkan Rekening Kartu Prakerja, untuk selanjutnya saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengikuti pelatihan kelas Kartu Prakerja di Skill Academy.

    Saya sendiri mendaftarkan diri di Program Kartu Prakerja pada tanggal 21 April 2020. Pada waktu itu sudah masuk Gelombang 2. Hasilnya setelah dievaluasi pada tanggal 27 April 2020 saya dinyatakan gagal dan diintruksikan untuk mengikuti pendaftaran Gelombang berikutnya yaitu gelombang 3.


    Pendaftaran gelombang 3 baru dibuka pada tanggal tanggal 3 Mei 2020, saya mencoba kembali untuk mendaftar dan Alhamdulillah saya dinyatakan lulus dan diterima menjadi salah satu peserta Program Kartu Prakerja pada tanggal 6 Mei 2020.


    Pada saat ini Nomor Kartu Prakerja dan Saldo Kartu Prakerja masih dalam proses, sehingga saya harus menggu sampai diterbitkannya Nomor Kartu Prakerja dan juga Saldo Pelatihan Kartu Prakerja, barulah saya bisa mengikuti pelatihan di Partner Kartu Prakerja yang membuka pelatihan.


    Barulah pada tanggal 11 Mei 2020 yang berarti 5 hari terhitung dari tanggal dinyatakan lulus barulah Nomor Kartu Prakerja diterbitkan dan saya menerima saldo pelatihan Akun Kartu Prakerja sebesar Rp. 1.000.000,- yang dapat saya gunakan untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan minat masing-masing peserta.

    Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana saya untuk pertama kali mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Sesuai saran teman-teman saya yang banyak menyarankan untuk mencoba mengikuti Pelatihan Kelas Kartu Prakerja di Skill Academy yaitu pelatihan SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google.



    Caranya cukup mudah, Klick saja daftar Partner Pelatihan Kartu Prakerja yang ada di Dasboard Akun Prakerja. Disini contohnya saya memilih Skill Academy. Maka kita akan diarahkan ke halaman Webiste Skill Academy.

    Di halaman Home Page Website Skill Academy akan ditampilkan banyak sekali pilihan pelatihan. Disini saya memilih pelatihan dengan Judul SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google seharga Rp. 250.000,-.


    Setelah kita memilih salah satu Pelatihan dan Klick BELI SEKARANG maka akan muncul halaman baru untuk Login Akun. Karena saya belum pernah membuat Akun di Skill Academy maka saya harus membuat Akun terlebih dahulu melalui menu Daftar.

    Masukkan alamat email dan pasword, kemudian klick Masuk. Untuk pasword tidak harus sama dengan pasword email, bisa disesuaikan sesuai selera masing-masing yang merupakan pasword akun Skill Academy kalian.


    Isi Form Pendaftaran Akun Skill Academy mulai dari nama lengkap, email, pasword dan Nomor Handphone. Saya sarankan untuk menggunakan nama, email dan nomor handphone yang sama dengan yang digunakan di Akun Prakerja agar ketika ada kendala lebih mudah untuk di proses.


    Setelah berhasil membuat Akun di Skill Academi langkah selanjutnya adalah memilih minimal 3 kategori favorit.


    Silahkan pilih 3 kategori yang kalian suka untuk mempelajarinya, kemudian Klick LANJUTKAN.


    Masuk ke Informasi Detal Pembelian dan metode pembayaran, silahkan scrool ke bawah dan temukan metode pembayaran menggunakan Kartu Prakerja.


    Pilih Metode Pembayaran menggunakan Kartu Prakerja, kemudian masukkan Nomor Kartu Prakerja kemudian Verifikasi Akun.


    Konfirmasi Syarat dan Ketentuan menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran dengan klick menu LANJUTKAN


    Masukkan kode OTP yang dikirim ke Nomor Handphone yang digunakan untuk pendaftaran Kartu Prakerja kemudian Klick CHECKOUT


    Pembayaran Kelas Pelatihan terpilih di Skill Academy berhasil. Klick LIHAT KELAS


    Saatnya memulai pelatihan kelas, Klick Mulai Pre-Exam. Pertama kali kita akan dihadapkan pada 15 pertanyaan pembuka. Jawab pertanyaan sebaik mungkin dan jangan asal jawab.


    Hasilnya dari 15 soal Exam saya hanya mampu menjawab 8 soal benar dan 7 soal sisanya salah. Wajar saja pertanyaan yang disuguhkan mengenai SEO Marketing, sementara saya sendiri buta SEO, menurut saya sudah cukup baik bisa menjawab setelah dari pertanyaan dengan jawaban yang benar. Klick OK untuk menutup informasi Pre-Exam.


    Langkah selanjutnya adalah mengikuti materi pelatihan, dengan Klick menu Selanjutnya. Silahkan diikuti dari awal sampai dengan akhir dan jangan ada yang Anda Skip baik itu Vidio penjelasan ataupun pertanyaan. Semua Konten Kelas harus terselesaikan, apabila ada salah satu yang diskip maka tidak akan pernah bisa lanjut dan menyelesaikan pelatihan.


    Selama mengikuti pelatihan terkadang terdapat kendala yaitu Gagal Mengambil Data Detail Kelas. sehingga tampilan akan  error blank putih dan atau video pelatihan macet.


    Untuk mengatasi masalah halaman kelas Error Blank solusinya adalah dengan mereload halaman beberapa kali sampai dengan normal.


    Apabila sudah berkali-kali direload halaman namun tetap saja halaman gagal blank gagal mengambil data detail kelas, silahkan keluar dari halaman pelatihan dan kembali ke halaman home page. Kemudian Klick Menu Kelas Saya.


    Maka akan ditampilkan persentase status perolehan pelatihan kelas yang berasil diselesaikan, Klick Lanjut untuk melanjutkan pelatihan kelas.


    Selesaikan tahapan pelatihan kelas secara berurutan sampai dengan Progres Kelas terus bertampah mencapai nilai 100% .


    Diakhir Pelatihan akan ada beberapa soal test akhir yang diambil dari pembahasan sebelumnya, jadi simak dengan baik-baik vidio penjelasannya agar Anda dapat menjawab pertanyaan dengan mudah dan mendapatkan nilai yang baik. Setelah selesai mengikuti pelatihan jangan lupa untuk memberikan rating penilaian pelatihan sesuai dengan tingkat kepuasan yang dirasakan.



    Hasil dari mengikuti salah satu pelatihan kelas di Skill Academy, kita akan mendapatkan sertifikat sementara seperti tampak pada screenshot di bawah ini:


    Terkait sertifikat, Skill Academy akan mengirimkan data penyelesaian kepada tim Prakerja. Selanjutnya tim prakerja akan melakukan proses verifikasi sebelum akhirnya sertifikat muncul di Dashboard Akun Kartu Prakerja. Proses ini membutuhkan waktu 9x24 jam (Hari Kerja, tidak termasuk akhir pekan dan tanggal merah). Harap cek secara berkala di Dashboard Kartu Prakerja. Kita bisa membeli kelas/pelatihan baru setelah sertifikat  terverifikasi oleh tim Prakerja dan akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp. 600.000,-/

    Demikianlah pengalaman saya mengikuti Pelatihan Program Kartu Prakerja di Skill Acadmy untuk pertama kalinya. Semoga panduan dan informasi ini bermanfaat bagi Anda yang kedepannya berencana mengikuti pelatihan Kartu Perakerja khususnya Pelatihan dari Skill Academy.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait:
    • Unknown - Pengunjung - 13 Agustus 2020 00.04

      waktu saya mau login ke akun prakerja gelombang 4 malah muncul keterangan (Maaf, layanan kami sedang mengalami gangguan. Cobalah beberapa saat lagi),itu maksud nya apa ya

    • Berbagi Tutorial Online - Admin - 13 Agustus 2020 07.26

      Kemungkinan sedang ada error/maintenance system, karena setelah saya coba login menggunakan beberapa akun ada perbedaan notifikasi, mungkin agan bisa menghubungi CS Kartu Prakerja untuk menanyakan prihal keluhan agan, atau bisa menunggu dan mencobanya di lain waktu