Cara Install Ulang Laptop Windows 10 Dengan Flashdisk

Dalam penggunaan Laptop sehari-hari untuk bekerja atau untuk keperluan lain terkadang ada kendala yang berkaitan dan system operasi Windows seperti Laptop ketika dinyalakan timbul masalah Laptop error masuk mode recovery, Laptop Stuck di Logo Booting, Laptop Masuk BIOS terus menerus, Laptop masuk mode Install Update, dan kendala system windows lainnya. 

Untuk mengatasi Laptop yang mengalami masalah error system windows cara yang paling mudah dan sudah dapat dipastikan berhasil adalah dengan cara Install Ulang. Berikut ini panduan tutorial cara install ulang Windows 10 pada Komputer dan Laptop.

Cara Install Ulang Laptop dengan Flashdisk

Bagi Kalian yang memiliki laptop yang tanpa dibekali CD ROM biasanya pada Laptop-laptop type Slim, Kalian dapat menginstall ulang laptop kalian menggunakan Flashdisk.

Kita dapat membuat Bootable Installer Windows menggunakan Flashdisk sebagai pengganti Bootable Installer Windows dalam media DVD. Untuk Cara Membuat Bootable Installer Windows 10 Flasdisk dapat kalian temukan pada artikel saya sebelumnya Cara Membuat Master Bootable Installer Windows 10 FlashDisk | Cara Membuat Multi Master Bootable Installer Windows 7 & 10 All in One | Cara Membuat Bootable Installer Windows 11 Flashdisk

Artikel menarik sebelumnya: Cara Install Ulang Windows 10 Pakai Flashdisk Tanpa CD

Setelah kalian mempersiapkan Bootable Installer Windows 10 di Flashdisk, kalian bisa langsung memulai memperatikkan Install Ulang Windows 10 di Laptop ataupun Notebook dengan mengikuti panduran berikut ini:

  1. Colokkan Flashdisk Bootable Installer Windows ke USB Laptop
  2. Hidupkan Laptop, saat muncul Logo Brand Merk Laptop silahkan tekan Tombol F1, F2, F9, F10 atau esc untuk dapat masuk ke BIOS. Beda merk laptop beda tombol untuk masuk BIOS tp pada umumnya adalah Tombol F2
  3. Setelah kalian berhasil masuk BIOS Silahkan cari pengaturan Boot Priority dan ubah Boot Priority Laptop yang semula dari Hardisk menggunakan Bootable Installer Flashdisk
  4. Selesai mengatur Boot Priority di BIOS, Tekan Tombol F10 atau Cari Menu Save & Axit. 
  5. Laptop akan Restart dan Booting menggunakan Flashdisk Installer Windows 10 
  6. Lakukan Setting Bahasa, Waktu, dan Mode Bahasa Keyboard lalu Klick Next
  7. Tekan tombol Install Now untuk melanjutkan Proses Install Windows 10
  8. Masukkan Windows 10 Key jika Kalian sudah memilikinya atau Skip Now atau I don’t have a product key
  9. Pilih Type Install Windows Custom: Install Windows Only (advanced)
  10. Pilih Partisi Drive Target Install, jangan sampai salah pilih perhatikan Sizenya, umumnya Drive System lebih kecil dari pada Drive Data
  11. Setelah memilih Drive Target Install, Klick Format
  12. Setelah selesai Format Klick Next untuk melanjutkan Proses Install Windows 10
  13. Tunggu proses Install Windows yang bisanya memerlukan waktu 15 - 30 Menit 
  14. Laptop akan Restart, disini kita perlu mengubah Boot Priority ke Hardisk apabila nantinya ternyata laptop kembali booting menggunakan Flashdisk Installer Windows 10. 
  15. Selanjutnya, Kalian tinggal melakukan setting mengikuti intruksi yang ada pada jendela Installasi sampai dengan selesai.

Artikel Menarik sebelumnya: Cara Install Ulang Laptop Baru Tanpa Masuk BIOS

Bagus sekali, Kalian sudah berhasil melakukan Install Ulang Windows 10 di Komputer Kalian mengikuti panduan di atas. Langkah selanjutnya adalah silahkan Install Driver Laptop menggunakan DriverPack dan Install aplikasi-aplikasi yang Kalian butuhkan.

Cara Install Ulang Laptop CD flashdisk

Selain menggunakan Master Bootable Installer Windows Flashdsik untuk install ulang Windows pada Laptop atau Komputer, kalian juga dapat menggunakan Master Installer Windows 10 dalam bentuk DVD bagi kalian yang tidak mau ribet atau tidak bisa membuat Bootabel Installer Windows 10 dengan Flashdisk.

Yang Perlua kalian siapkan adalah File ISO windows 10 dan Aplikasi Burner Bootable yang saya rekomendasikan yaitu ImgBurn. Setelah Master Installer Windows 10 DVD siap, waktunya untuk memulai Install Ulang Windows 10 mengikuti panduan berikut ini:

  1. Hidupkan Laptop lalu Masukkan DVD Master Installer Windows 10 ke dalam CD ROM
  2. Matikan perangkat laptop dengan menekan Tombol Power dan nyalakan ulang atau kalian bisa juga restart Laptop dengan cara Menekan Tombol ALT + CTRL + DEL secara bersamaan.
  3. saat muncul Logo Brand Merk Laptop silahkan tekan Tombol F1, F2, F9, F10 atau esc untuk dapat masuk ke BIOS. Beda merk laptop beda tombol untuk masuk BIOS tp pada umumnya adalah Tombol F2
  4. Setelah kalian berhasil masuk BIOS Silahkan cari pengaturan Boot Priority dan ubah Boot Priority Laptop yang semula dari Hardisk menggunakan CD/DVD ROOM.
  5. Selesai mengatur Boot Priority di BIOS, Tekan Tombol F10 atau Cari Menu Save & Axit. 
  6. Laptop akan Restart dan Booting menggunakan Flashdisk Installer Windows 10 
  7. Lakukan Setting Bahasa, Waktu, dan Mode Bahasa Keyboard lalu Klick Next
  8. Tekan tombol Install Now untuk melanjutkan Proses Install Windows 10
  9. Masukkan Windows 10 Key jika Kalian sudah memilikinya atau Skip Now atau I don’t have a product key
  10. Pilih Type Install Windows Custom: Install Windows Only (advanced)
  11. Pilih Partisi Drive Target Install, jangan sampai salah pilih perhatikan Sizenya, umumnya Drive System lebih kecil dari pada Drive Data
  12. Setelah memilih Drive Target Install, Klick Format
  13. Setelah selesai Format Klick Next untuk melanjutkan Proses Install Windows 10
  14. Tunggu proses Install Windows yang bisanya memerlukan waktu 15 - 30 Menit 
  15. Laptop akan Restart, disini kita perlu mengubah Boot Priority ke Hardisk apabila nantinya ternyata laptop kembali booting menggunakan Flashdisk Installer Windows 10. 
  16. Selanjutnya, Kalian tinggal melakukan setting mengikuti intruksi yang ada pada jendela Installasi sampai dengan selesai

Artikel Menarik Sebelumnya: 3 Alternatif Driver Pack Installer Offline Terbaru dan Terpopuler

Itulah 2 Cara Mudah Install Ulang Windows 10 Komputer Laptop yaitu Install Ulang Windows 10 Laptop dengan Flasdisk dan Install Ulang Windows 10 Laptop dengan DVD yang bisa kalian coba praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.